Media Pembelajaran Sederhana Monopoli pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.53493Keywords:
Pengembangan, Validitas, Media Monopoli, Model ADDIEAbstract
Banyak sekolah kekurangan media. Selain itu, media paling efektif dicetak pada kertas duplex tidak bertahan lama setelah digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menciptakan media pembelajaran sederhana monopoli pada muatan IPA kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang ahli dan seluruk kelas V Sekolah Dasar. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang dikumpulkan dengan melakukan penyebaran kuisioner. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner, studi dokumen, dan rating scale atau skala lima. Hasil penelitian ini yaitu rancang bangun media monopoli dicetak menggunakan kertas banner dengan ukuran 4 meter x 4 meter dan semua komponen media monopoli dimasukkan kedalam Styrofoam box berukuran 50 cm x 35 cm x 34 cm. Hasil analisis uji validitas dari ahli kain, ahli media, dan ahli tata letak diperoleh nilai tertinggi 1 dalam kategori sangat sah dan skor terendah 0,77 dalam kelas valid. Reaksi praktisi (guru), media monopoli mendapat persentase 92% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil respon siswa, media monopoli diperoleh persentase 96% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil keseluruhan menunjukkan media pembelajaran monopoli sederhana subtema organ gerak hewan untuk kecanggihan V SD adalah valid dan memiliki kualifikasi sangat baik.
References
Adi Prayogo, Budi , Sukarjo, T. (2017). Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Joyful Learning Journal, 6(4), 228–234. https://doi.org/10.15294/JLJ.V6I4.18864. DOI: https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.18864
Alifia, V., & Hendriana, B. (2021). Video Animasi yang Dapat Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masa Pandemi Covid 19 untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 243. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446
Bagus, T., & Khuzaini, N. (2019). Pengembangan Program Microsoft Office Power Point Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1–14. https://doi.org/http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/7099/.
Budiyono, A., Hair, M. A., Wildani, A., & Firdausiyah, F. (2020). Pengaruh Learning Cycle 5E Berbantuan Permainan Monopoli Fisika Berpoin (Mokain) Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik SMA. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 22–31. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1481. DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1481
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529. DOI: https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.87. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.87
Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338
Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646
Jannah, M., & Darwis, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah 43 Firdaus. EduGlobal: Jurnal Penelitian, 01(01), 1–16. https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGloba.
Khasanah, I. N., Parmiti, D. P., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan media monopoli dengan model Hannafin dan Peck mata pelajaran IPS di SD Mutiara Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 202–211. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20292.
Lailiyah. (2020). Pengembangan Media Komik Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 1–11. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/ pgsd/article/view/33521/29990.
Mahesti, G., & Koeswanti, H. (2021a). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 30. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586.
Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021b). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586.
Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021c). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586
Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508
Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564. DOI: https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564
Nugroho, A. S., & Mawardi. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggungjawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 808–817. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825
Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.
Peranti, P., Purwanto, A., & Risdianto, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Mofin (Monopoli Fisika Sains) Pada Siswa Sma Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 41–48. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.41-48. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.41-48
Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.
Qondias, D., Winarta, & Siswanto. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 145–148. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17393. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17393
Rahardjo, M. M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p148-159. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p148-159
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rahmayani, A., Siswanto, J., & Arief Budiman, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055
Rakhmayanti, E., & Subagio, M. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Monopoli Tematik Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri Sumput Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 2975–2984.
Ramadania, F., & Aswadi, D. (2020). Blended Learning Dalam Merdeka Belajar Teks Eksposisi. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 10–21. https://doi.org/10.33654/sti.v5i1.1014. DOI: https://doi.org/10.33654/sti.v5i1.1014
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.
Sandjaja, S. S., Syahputra, Y., & Erwinda, L. (2020). Validasi Skala Penilaian Instrumen Perencanaan Karier Menggunakan Andrich Threshold. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(1), 105–17. https://doi.org/10.30996/persona.v9i1.3310. DOI: https://doi.org/10.30996/persona.v9i1.3310
Sasmito, D. R. P., & Trimulyono, G. (2019). Development of Funginopoly (Fungi Monopoly) Game Media In Fungi Material For 10th Grade Senior High School to Increase Student’s Level of Concept Understanding. BioEdu, 8(3), 51–60.
Serevina, V., & Meyputri, C. U. (2021). Development of Blended Learning Based on Website on Fluid Mechanic Material to Improve Student’s Creative Thinking Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1876(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1876/1/012070. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1876/1/012070
Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik dan Penilaian Auntentik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2). https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683. DOI: https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683
Tong, Y., Danovitch, J., Wang, F., Williams, A., & Li, H. (2021). Unsafe to eat? How familiar cartoon characters affect children’s learning about potentially harmful foods. Appetite, 167. https://doi.org/10.1016/j.appet.2021.105649. DOI: https://doi.org/10.1016/j.appet.2021.105649
Udayani, N. K. Ar. T. K., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2021). Development Of E-Comic Learning Media On The Topic Of The Human Digestive System. Journal of Education Technology, 5(3), 472–481. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.34732. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.34732
Ulfa, K., & Rozalina, L. (2019a). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Sistem Pencernaan Di Smp. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 10–22. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v5i1.3753.
Ulfa, K., & Rozalina, L. (2019b). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Sistem Pencernaan Di SMP. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 10–22. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v5i1.3753. DOI: https://doi.org/10.19109/bioilmi.v5i1.3753
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.