Potret Literasi Baca Tulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Febri Rosmawati PPKn ULB
  • Rohana PPKN, Universitas Labuhanbatu, Rantauprapat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.55854

Keywords:

Writing and Reading Literacy, Reading Interest, Creative Reading, Self-Development

Abstract

Kegiatan membaca dan menulis masih menjadi masalah di sekolah dasar seperti tidak bisa membaca. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan literasi baca tulis di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus responden dan informan kunci guru kelas 5. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dan wawancara. Analisis data melalui reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan literasi baca tulis gemar membaca dengan persentase 24,1% menunjukkan bahwa penerapan literasi baca tulis yang dilaksanakan sekolah secara konsisten dalam 1 minggu sekali belum berjalan dengan maksimal, didukung dengan hasil wawancara dengan guru bahwa benar masih banyak siswa yang masih bermain-main saat melaksanakan kegiatan literasi di luar kelas. Selanjutnya dalam penerapan membaca kreatif literasi baca tulis dengan persentase 43,14% menunjukkan bahwa siswa cenderung lebih menyukai membaca kreatif karena siswa bebas berekspresi dan kreatif dalam membaca. Penerapan pengembangan diri literasi baca tulis dengan persentase 84,16% bahwasannya pengembangan diri diberikan kepada siswa bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai bakat dan minat siswa sesuai ekstrakulikuler yang disediakan sekolah.

References

Adhimah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618

Agathi Dian, I. A. A., Kristiantari, R. M. G., & Ganing, N. (2015). Guru Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bahasa Indonesia ( Keterampilan Membaca ) Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas IV SD Desa Peguyangan. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5172.

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Peogram 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093.g2690. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093

Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916

Andini, A. D., Juniarso, T., & Sulistyawati, I. (2020). Penerapan Membaca Kreatif Dalam Keterampilan Bercerita Peserta Didik. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(30), 1–6. DOI: https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2750

Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522–527. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796

Cahyono, A. H., & Ardhyantama, V. (2020). Pengembangan Literasi Baca Tulis Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Rahmah Pacitan. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 8–16. https://doi.org/10.24929/alpen.v4i1.36. DOI: https://doi.org/10.24929/alpen.v4i1.36

Chasanah, F. U., Ibrahim, M., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Media Buku Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3644–3650. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1397. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1397

Deffi, L. S. R., Cahyono, D., & Aspirand, R. M. (2020). Pengaruh Enterprise Risk Management Disclosure, Intellectual Capital Disclosure dan Debt to Asset Ratio terhadap Nilai Perusahaan. BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting, 1(2), 147–162. https://doi.org/10.31539/budgeting.v1i2.806. DOI: https://doi.org/10.31539/budgeting.v1i2.806

Dewi, K. S., Uswatun, D. A., Sutisnawati, A., & Sudarjat, A. (2022). Analisis Pembentukan Karakter Gemar Membaca Siswa Menggunakan Buku Cerita Bergambar Wayang Sukuraga di Kelas Rendah. 6(5), 7664–7673. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3556

Dwi dan Putri. (2020). Faktor-Faktor Minat Baca Buku Pengembangan Diri. Literasi:Jurnal Kajian Keislaman MultiPerspektif, 5(3), 65–102. https://doi.org/10.22515/literasi.v2i1.4411.

Febryati, S., & Rohana, R. (2022). Analisis Pendidikan Karakter, Kerja Keras, Mandiri, Dan Toleransi Siswa Sd Dikecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 7(1), 54–64. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JurnalPIPSI/article/view/3009.

Habibati, H., Nazar, M., & Septiani, P. D. (2019). Pengembangan Handout Berbasis Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 3(1), 36–41. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.13824. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.13824

Irawan, D., Wiarsih, C., & Ernwati, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Membaca Pada Buku Teks Pelajaran Tematik Kelas III SD/MI di Kecamatan Purbalingga. Khazanah Pendidikan, 15(2), 173 – 180. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.11697. DOI: https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.11697

Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.18112. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.18112

Lamada, M., Suhardi Rahman, E., & Herawati. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Smk Negeri Di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 6(1), 35–42. http://eprints.unm.ac.id/16147/.

Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk Literasi Membaca Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631–647. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2436. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2436

Maier, J., Kandelbauer, A., Erlacher, A., Cavaco-Paulo, A., & Gübitz, G. M. (2004). A New Alkali-Thermostable Azoreductase from Bacillus sp. Strain SF. Applied and Environmental Microbiology, 70(2), 837–844. https://doi.org/10.1128/AEM.70.2.837-844.2004. DOI: https://doi.org/10.1128/AEM.70.2.837-844.2004

Martin, S. E., & Emidar, E. (2019). Korelasi Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi Dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 21 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 86. https://doi.org/10.24036/104519-019883. DOI: https://doi.org/10.24036/104519-019883

Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707

Maulidha, M., & Larasati, D. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun di Desa Cangkringsari Kecamatan Sukodono Kabupeten Sidoarjo. Journal Of Issues In Midwifery, 1(1), 51–70. https://doi.org/10.21776/ub.joim.2017.001.01.6. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.JOIM.2017.001.01.6

Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133 DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.347. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.347

Pranata, E. A., Christiana, E., & Chun – I, K. (2018). Keterampilan Membaca Dan Menulis Karakter Hanzi Runner Divisi China Wedding Di Perusahaan Varawedding. Century: Journal of Chinese Language, Literature and Culture, 6(2), 18–29. https://doi.org/10.9744/century.6.2.18-29. DOI: https://doi.org/10.9744/century.6.2.18-29

Pratiwiningtyas, B. N., Susilaningsih, E., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif untuk Mengukur Literasi Membaca Bahasa Indonesia Berbasis Model Pirls pada Siswa Kelas IV SD. , 6(1), 01-09. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16199.

Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211

Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.2118.

Salma, & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17555.

Samsu, N., Mustika, D., Nafaida, R., & Manurung, N. (2020). Analisis Kelayakan dan Kepraktisan Modul Praktikum Berbasis Literasi Sains untuk Pembelajaran IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 29 – 40. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.15546. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.15546

Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.35

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69–78. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544. DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544

Syofyan, H., Susanto, R., Wijaya, Y. D., Vebryanti, V., Tesaniloka, P., & Melinda. (2019). Pemberdayaan Guru Dalam Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 127–132. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192

Wahyuningsih, R. (2021). Prestasi Belajar Siswa: Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 117–124. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3472. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3472

Wirawan, N. H., Trianto, A., & Gumono, G. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Smp Kebon Dalem Kota Semarang. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 300–309. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6785. DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6785

Yunita Anindya, E. F., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

Rosmawati, F., & Rohana. (2022). Potret Literasi Baca Tulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 525–532. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.55854

Issue

Section

Articles