Kompetensi Kepribadian Guru PAK dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.56730Keywords:
Kompetensi Kepribadian, Guru PAK, Motivasi BelajarAbstract
Motivasi belajar siswa akan semakin meningkat ketika guru menghidupi kompetensi kepribadian yang unggul dengan menjadi pribadi yang mampu mengelola kelas dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis kompetensi kepribadian guru PAK dalam memberikan motivasi belajar peserta didik kelas V di SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data dari 5 orang subjek. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian bahwa kompetensi kepribadian guru PAK berdampak pada meningkatnya motivasi belajar siswa kelas V SD dengan cukup baik dan signifikan, yang diperkuat dengan hampir semua indikator dari kompetensi kepribadian guru PAK telah diterapkan, seperti menjadi pribadi disiplin, pribadi jujur, pribadi adil, pribadi berakhlak mulia, pribadi dengan keteladanan hidup positif, pribadi bijaksana, dan pribadi yang percaya diri. Implikasinya terjadi peningkatan motivasi belajar yang dapat diamati berdasarkan indikatornya yaitu adanya hasrat untuk berhasil, adanya kesadaran belajar sebagai kebutuhan, adanya harapan meraih cita-cita, adanya penghargaan dalam belajar, adanya pandangan bahwa belajar sebagai kegiatan menarik. Implikasi penelitian ini diharapkan dengan adanya motivasi belajar yang tinggi akan berpengaruh pada hasil belajar dan peningkatan prestasi di sekolah dari peserta didik itu sendiri.
References
Aldrian, A. I. A., Hidayah, N., Kurniati, S. B., Amanda, M., & Hidayatullah, S. (2020). POCITA: Mengenalkan Cita-Cita dan Lingkungan Sejak Dini. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(2), 181–186. DOI: https://doi.org/10.29407/ja.v3i2.13049
Alhusaini, A., Kritiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166–2172. https://doi.org/10.36709/jopspe.v5i1.13326. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.628
Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19393.
Anom, G. A. (2020). Supervisi Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 221–228. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25443. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25443
Arfandi, K. (2021). Guru Sebagai Model dan Teladan dalam Meningkatkan Moralitas Siswa. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6(1), 1–8. DOI: https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i1.1258
Ari Pertiwi, N. L. S. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 331–339. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14262. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14262
Arisman, Getteng, A. R., & Nuryamin. (2018). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mtsn 2 Bone Kabupaten Bone. Jurnal Diskursus Islam, 6(3), 418–443. DOI: https://doi.org/10.24252/jdi.v6i3.6544
Asrial, A., Syahrial, S., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Putri, E. (2021). Fostering Students’ Environmental Care Characters Through Local Wisdom-Based Teaching Materials. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 152. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.27744. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.27744
Astuti, B. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD melalui Model Group Investigation. Mimbar Sekolah Dasar, 4(3), 264. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v4i3.7843. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v4i3.7843
Ayu, G. F. L., Koryati, D., & Jaenudin, R. (2019). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 16 Palembang. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 69–79. DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7876
Catio, M., & Sunarsi, D. (2020). Analisa Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Guru. Equilibrium : Jurnl Pelatihan Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 16–26. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.ABSTRACT. DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.2708
Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1097.
Elisa, Prasetyo, S. A., & Hadi, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 114–121. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17553.
Firdausi, A. (2018). Pengaruh Supervisi dan Kepercayaan Diri Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMK Negeri di Jakarta Timur. Jurnal SAP: Susunan Artikel Pendidikan, 2(3), 270–278. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v2i3.2453
Gaol, N. T. L., & Nababan, A. (2019). Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 89–96. DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p89-96
Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062
Hanina, P., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi. Jurnal Bahana: Manajemen Pendidikan, 5(5), 3791–3798. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1402
Haudi. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan. CV. Insana Cendekia Mandiri.
Heriyanto. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. ANUVA: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan Dan Informasi, 2(3), 317–324. DOI: https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.352.10
Hidalga, Z. M. de la, & Gallego, L. V. (2017). Using metaphors to know the conceptions about the teaching profession in initial teacher education. IJEP: Nternational Journal of Educational Psychology, 6(2), 183–208. DOI: https://doi.org/10.17583/ijep.2017.2602
Islamiah, R., & Ichsan. (2022). Peran Guru dalam Menanamkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age: Pendidikan Guru PAUD, 6(2), 569–575.
Karmelia, R., Nasirun, M., & Indrawati. (2019). Pelaksanaan Kedisiplinan Guru PAUD di Gugus Asoka. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 161–170. DOI: https://doi.org/10.33369/jip.4.2.161-170
Kholis, N. (2019). Teacher Professionalism in Indonesia, Malaysia, and New Zealand. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 6(2), 179–196. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i2.11487. DOI: https://doi.org/10.15408/tjems.v6i2.11487
Lakang, P. P., Luji, D. S., & Koroh, L. (2022). Peran Guru PAK dalam Penggunaan Media Google Meet pada Pembelajaran Online di SD Negeri Osiloa Tarus Kabupaten Kupang. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 165–175. DOI: https://doi.org/10.55967/manthano.v1i2.17
Lestari, Y. A., & Purwanti, M. (2018). Hubungan Kompetensi Pedagogik, Profesional, Sosial, dan Kepribadian pada Guru Sekolah Non Formal X. JURNAL KEPENDIDIKAN, 2(1), 197–208.
Majir, A. (2020). Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Abad 21. CV Budi Utama.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 163–179. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409
Nur Arrifa, S., & Maria Zulfiati, H. (2021). Analisis Nilai Karakter pada Buku Siswa Tematik Sekolah Dasar Berorientasi Pendidikan Karakter. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11138. DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11138
Nur, H. M., & Fatonah, N. (2022). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIDA, 1(1), 12–16.
Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i1.9286. DOI: https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i1.9286
Prasetyo, D., Marzuki, & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. HARMONY: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 4(1), 19–32.
Purnama, E. (2020). Implikasi Kebijaksanaan Yesus bagi Guru Pendidikan Agama Kristen. Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, 2(1), 33–50. DOI: https://doi.org/10.36270/pengarah.v2i1.19
Putra, R. G. (2021). Impelementasi Kompetensi Pedagogik dan Kepribadian Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin pada Peserta Didik. Genta Mulia, XII(1), 119–129.
Rochmawati, N. (2018). Peran Guru Dan Orang Tum Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1–12. DOI: https://doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3203
Sagala, T., & Siregar, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Belajar Menggunakan Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Parbuluan. MUDIMA: Jurnal Multidisiplin Madani, 1(1), 9–18. DOI: https://doi.org/10.54259/mudima.v1i1.61
Saingo, Y. A. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Kristiani Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Shanan, 6(1), 89–110. DOI: https://doi.org/10.33541/shanan.v6i1.3652
Samidi, R., & Suharno. (2018). Implementasi Nilai Keadilan Sosial Melalui Pendidikan Persepktif TGKH Zainuddin Abdul Majid. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 3(2), 375–384. DOI: https://doi.org/10.25217/jf.v3i2.314
Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.
Sari, W. N., Murtono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2255–2262. DOI: https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i1.339
Stellmacher, A., Ohlemann, S., Pfetsch, J., & Ittel, A. (2020). Pre-service teacher career choice motivation: A comparison of vocational education and training teachers and comprehensive school teachers in Germany. International Journal for Research in Vocational Education and Training, 7(2), 214–236. https://doi.org/10.13152/IJRVET.7.2.5. DOI: https://doi.org/10.13152/IJRVET.7.2.5
Sudirman, S., Kistiono, K., Akhsan, H., & Ariska, M. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Ipa Berbasis Berpikir Kritis Pada Konsep Listrik Siswa SMP. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika. https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.10903. DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.10903
Sulaki, M. J. E., Hamdani, A., & Noor, R. A. M. (2018). Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 200–209. DOI: https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15190
Susilawati, E. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Melalui Supervisi Akademik Pengawas Pada Sekolah Binaan SD di Kabupaten Pacitan Tahun 2019. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.1503/jpp.v2i1.36. DOI: https://doi.org/10.58258/jupe.v2i2.203
Syafe’i, I., & Maryani, L. S. (2020). Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Bahasa Arab Dengan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Arabic Learning and Teaching, 9(2), 147–155.
Tegeh, I. M. (2018). Pengembangan Media Strip Comic Dengan Model Addie Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 1 Sari Mekar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 245–255.
Telaumbanua, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membentuk Karakter Siswa. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 219–231. DOI: https://doi.org/10.34081/270038
Triposa, R., Arifianto, Y. A., & Hendrilia, Y. (2021). Peran Guru Pak Sebagai Teladan dalam Meningkatkan Kerohanian dan Karakter Peserta Didik. JUPAK: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 109–126. DOI: https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.24
Wahyono, P. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.
Wang, S., Wang, J., Li, J., & Yang, F. (2020). Do motivations contribute to local residents’ engagement in pro-environmental behaviors? Resident-destination relationship and pro-environmental climate perspective. Journal of Sustainable Tourism, 28(6), 834–852. https://doi.org/10.1080/09669582.2019.1707215. DOI: https://doi.org/10.1080/09669582.2019.1707215
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Deviana Sibulo, Ferofianes L. Tanjung, Eka Mirma Selan, Yakobus Adi Saingo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.