Sertifikasi Dosen, Motivasi Kerja dan Korelasinya dengan Kinerja Dosen

Authors

  • P. Anggreni Universitas Mahendradatta, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.58635

Keywords:

Kinerja Dosen, Motivasi Kerja, Sertifikasi Dosen

Abstract

Dosen yang bersertifikasi dan tunjangan profesi yang diterima belum banyak memberikan dampak terhadap peningkatan kinerja. Selain itu kompetensi dosen juga terlihat masih rendah, sehingga kinerja mereka belum mencapai hasil yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak sertifikasi dan motivasi dosen terhadap kinerja dosen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitiannya adalah pimpinan (5 orang), dosen (25 orang), dan mahasiswa (40 orang). Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner dibagi menjadi 3 bagian yaitu kuesioner untuk pimpinan, dosen, dan mahasiswa. Teknik analisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara sertifikasi dosen dengan kinerja dosen r = 0,441. Terdapat korelasi positif antara motivasi kerja dengan kinerja dosen r = 0,52. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan sertifikasi dosen, dosen dapat membuat silabus, SAP, dan bahan ajar yang lebih baik; adanya waktu luang untuk mengoreksi hasil ujian maupun kuis mahasiswa; membuat evaluasi saat semester berakhir; menghadiri seminar atau pelatihan guna meningkatkan khasanah ilmu pengetahuan. Dengan sertifikasi, dosen juga bisa menyisihkan dana untuk pembelian buku-buku sebagai referensi mengajar, melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat menunjang profesionalismenya sebagai dosen. Implikasi penelitian ini diharapkan dosen tersertifikasi menyadari pentingnya meningkatkan kualitas diri sebagai tenaga pendidik yang profesional.

References

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79. DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79

Cintya Prabandari, L. P., & Adhi Jaya, A. A. N. (2019). Sistem Informasi Kompilasi Data Tugas Akhir Politeknik Ganesha Guru. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 8(2). https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v8i2.21862. DOI: https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v8i2.21862

Garaika, G. (2020). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 28–41. https://doi.org/10.30596/jimb.v21i1.4181. DOI: https://doi.org/10.30596/jimb.v21i1.4181

Harison, & Faisal, R. (2017). Aplikasi Penilaian Kinerja Dosen pada Proses Belajar Mengajar Berbasis Web: Studi Kasus di Badan Penjamin Mutu Internal Institut Teknologi Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 5(2), 89–93. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.5.2.2017.90-94. DOI: https://doi.org/10.14710/jtsiskom.5.2.2017.90-94

Haslina, M., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh sertifikasi dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1802–1811. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/651. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.628

Indriani, W. (2015). Kontribusi Etos Kerja Islami Terhadap Kinerja Dosen. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.19109/elidare.v1i2.675.

Krisna, F. N., Purnama, J., Martoo, S. fajar, Martak, Y. F., & Restuaji, T. A. (2022). Pengaruh Sertifikasi Pendidik terhadap Peningkatan Publikasi Ilmiah Dosen di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 78–92. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2464. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2464

Moè, A., Katz, I., & Alesi, M. (2018). Scaffolding for motivation by parents, and child homework motivations and emotions: Effects of a training programme. British Journal of Educational Psychology, 88(2), 323–344. https://doi.org/10.1111/bjep.12216. DOI: https://doi.org/10.1111/bjep.12216

Nurjamaludin, M. (2020). Hubungan Disiplin dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru dalam Mengajarkan IPS di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Garut. Jurnal Pedagogi Pendidikan Dasar, 7(1), 49–64. https://ejournal.upi.edu/index.php/jppd/article/view/30059.

Piscayanti, K. S. (2015). Pengaruh Sertifikasi Dosen terhadap Kinerja Pengajaran Dosen Undiksha. Jurnal Ilmu Sosial Dan Hmaniora, 4(1), 534–544. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v4i1.4922. DOI: https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v4i1.4922

Purwanto, A. (2020). Studi eksplorasi Dampak WFH Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92–100. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

Rachmawati, R. W. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Bank Bjb Kantor Cabang Suci Bandung. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9(1), 1. https://doi.org/10.25105/jmpj.v9i1.802. DOI: https://doi.org/10.25105/jmpj.v9i1.802

Ristianey, F., Harapan, E., & Destiniar, D. (2020). Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 1310–1317. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3950. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3950

Sari, H. P. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja Dan Insentif Terhadap Kinerja Guru Sma. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 69–78. https://doi.org/10.21009/pip.331.8. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.331.8

Sessy, D. H., Rivilla, R., Pd, M. M., Muhniansyah, H., Pd, S., Pd, M., Rianie, D. H. N., Diajukan, M. A., Persyaratan, M., Yang, P., Dipa, D., Antasari, I., & Tahun, B. (2015). Pengaruh Sertifikasi terhadap Kinerja dan Kompetensi Dosen IAIN Antasari Banjarmasin.

Siska, A. J. (2018). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMAN 1 Canduang Kabupaten Agam. Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi, 3(2), 98–103. https://doi.org/10.36665/jusie.v1i02.139. DOI: https://doi.org/10.36665/jusie.v1i02.139

Siswanto, V. A., & Wahjuuningsih, T. P. (2015). Dampak Sertifikasi Dosen dan Motivasi terhadap Kinerja Dosen dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening di Perguruan Tinggi Kota Pekalongan. Prosiding Seminar Nasional Kebangkitan Teknologi Tahun 2015, 123–134.

Sonata, F., Hutagalung, J., Wiguna, D. P., Kusnasari, S., & Kustini, R. (2023). Peran serta Perguruan Tinggi dan Asosiasi Peneliti dalam Membangun Pendidikan Kependudukan pada Usia Remaja sebagai Upaya Membangun Karakter Bangsa. JCES (Journal of Character Education Society), 6(1), 86–94. https://doi.org/10.31764/jces.v6i1.12089.

Stellmacher, A., Ohlemann, S., Pfetsch, J., & Ittel, A. (2020). Pre-service teacher career choice motivation: A comparison of vocational education and training teachers and comprehensive school teachers in Germany. International Journal for Research in Vocational Education and Training, 7(2), 214–236. https://doi.org/10.13152/IJRVET.7.2.5. DOI: https://doi.org/10.13152/IJRVET.7.2.5

Sugiyo. (2020). Pengaruh Sertifikasi Dosen dan Motivasi terhadap Kinerja Dosen pada Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Produksi Siaran, 6(1), 16–27. http://ojs.mmtc.ac.id/index.php/jips/article/view/72. DOI: https://doi.org/10.56873/jimk.v6i2.135

Sugiyono. (2017a). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidiakan). Alfabeta.

Sugiyono, D. (2017b). Metode penelitian kuatintatif , kualitatif dan R & D / Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010), 1–332.

Suranto, Nur, B., & Setyorini, Y. (2013). Pengaruh Sertifikasi terhadap Kinerja Dosen Politeknik Kesehatan Surakarta. Interest: Jurnal Ilmuu Kesehatan, 12(2), 100–104. http://jurnal.poltekkes-solo.ac.id/index.php/Int/article/view/70.

Syahrir, S., Supriyati, Y., & Fauzi, A. (2021). Evaluasi Dampak Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) melalui model CIPP pada Kinerja Dosen aspek Pembelajaran pada Masa Pendemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1716. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v7i1.1716

Wahyudi, A. (2017). Sertifikasi Dosen dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tulungagung. Publiciana, 10(1), 1–28. https://doi.org/10.36563/publiciana.v10i1.101.

Wijania, I. W. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Disiplin KerjaTerhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 1(4), 176–184. https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11983. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i2.12934

Downloads

Published

2023-02-22

How to Cite

Anggreni, P. . (2023). Sertifikasi Dosen, Motivasi Kerja dan Korelasinya dengan Kinerja Dosen. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 176–185. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.58635

Issue

Section

Articles