Aplikasi Volcano Berbasis Android Pada Materi Vulkanisme Sebagai Media Microlearning Geografi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59506

Keywords:

Android, Aplikasi Vulkano, Media Microlearning Geografi

Abstract

Keterbatasan media pembelajaran berbasis teknologi dalam menyajikan materi vulkanisme yang abstrak dan kompleks membuat siswa kesulitan dalam memahami materi tersebut. Oleh karena itu, dikembangkan sebuah media berupa aplikasi Volcano yang memiliki keterbaruan dari segi penyajian materi dengan berbasis microlearning yang mengkombinasikan beragam komponen di dalamnya, seperti objek 3D augmented reality, video youtube, dan gambar dengan menyesuaikan karakter siswa generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media aplikasi Volcano berbasis android, mengetahui kelayakan, serta efektivitas media aplikasi Volcano dalam pembelajaran Geografi SMA/MA materi vulkanisme. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 2 dosen sebagai ahli materi dan ahli media, 34 siswa dan guru geografi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Teknik analisis data pada penelitian pengembangan ini, yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil uji validasi dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 83,93%, sedangkan ahli media sebesar 98,33%. Uji coba produk kepada guru dan siswa diperoleh persentase sebesar 88,15% dan 86,60% dengan kriteria sangat layak, sedangkan hasil uji efektivitas produk yang diperoleh dari nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 83,47 menunjukkan bahwa media ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini yaitu dengan adanya aplikasi Volcano diharapkan dapat membantu siswa dalam mempelajari materi vulkanisme.

References

Abidinsyah, A., Ramdiah, S., & Royani, M. (2019). The implementation of local wisdom-based learning and HOTS-based assessment: Teacher survey in Banjarmasin. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 407–414. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.9910. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.9910

Adhipertama, I. M. C., Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). The Development of Learning Video Based on Micro-Learning Principle Towards Science Subject in Junior High School. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(3), 132–143. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i1.30761.

Alshehri̇, A. (2021). The Effectiveness of a Micro-Learning Strategy in Developing the Skills of Using Augmented Reality Applications among Science Teachers in Jeddah. International Journal of Educational Research Review, 6(2), 176–183. https://doi.org/10.24331/ijere.869642. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.869642

Arias, F., Enríquez, C., Jurado, J. M., Ortega, L., Romero-Manchado, A., & Cubillas, J. J. (2022). Use of 3D models as a didactic resource in archaeology. A case study analysis. Heritage Science, 10(1), 112. https://doi.org/10.1186/s40494-022-00738-x. DOI: https://doi.org/10.1186/s40494-022-00738-x

Arliza, R., Yani, A., & Setiawan, I. (2019). Development of Interactive Learning Media based on Android Education Geography. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 012023. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012023. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012023

Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 671–680. http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/177.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118. https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/3015.

Blyznyuk, T. (2018). Formation of Teachers’ Digital Competence: Domestic Challenges and Foreign Experience. Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, 5(1). https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46. DOI: https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Damanik, E. M., & Suharyanto, C. E. (2020). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Geografi Berbasis Android. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 3(2). https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/comasiejournal/article/view/2008.

Faraniza, Z. (2021). Blended learning best practice to answers 21 st century demands . Journal of Physics: Conference Series, 1940(1), 012122. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012122. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012122

Fatma, Y., Salim, A., & Hayami, R. (2021). Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 2(1), 53–59. https://doi.org/10.37859/coscitech.v2i1.2178. DOI: https://doi.org/10.37859/coscitech.v2i1.2178

Harianto, A., Suryati, S., & Khery, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Penumbuhan Literasi Sains Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Dan Elektrokimia. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 5(2), 35. https://doi.org/10.33394/hjkk.v5i2.1588. DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v5i2.1588

Hartiyani, S. D., & Ghufron, A. (2020). Pengembangan Dan Kelayakan Multimedia Berbasis Android Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Di Islamic Boarding School Bina Umat. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 332457. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p275--289. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p275--289

Hashim, H. (2018). Application of Technology in the Digital Era Education. International Journal of Research in Counseling and Education, 1(2), 1. https://doi.org/10.24036/002za0002. DOI: https://doi.org/10.24036/002za0002

Imronah, I., Parmin, P., & Widiatningrum, T. (2022). The Effectiveness of the Planetarium Android Learning Application Virtual Observatory on Solar System Material. Journal of Innovative Science Education, 11(1), 94–107. https://doi.org/10.15294/JISE.V10I1.49258.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574

Kairu, C. (2021). Augmented Reality and Its Influence on Cognitive Thinking in Learning. American Journal of Educational Research, 9(8), 504–512. https://doi.org/10.12691/education-9-8-6. DOI: https://doi.org/10.12691/education-9-8-6

Kuhlthau, C. C. (2010). Call for 21 st Century Skills Information Technology – The Easy Part and the Hard Part. School Libraries Worldwide, 16(1), 17–28.

Kurniawati, D., Sari, Y. I., & Efendi, A. (2019). Pengembangan Lks Berbasis Learning Cycle 5e Pada Materi Litosfer. Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 4(2), 70. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i2.3135. DOI: https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i2.3135

Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika, 10(2), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402

Lacković, N., & Olteanu, A. (2021). Rethinking educational theory and practice in times of visual media: Learning as image-concept integration. Educational Philosophy and Theory, 53(6), 597–612. https://doi.org/10.1080/00131857.2020.1799783. DOI: https://doi.org/10.1080/00131857.2020.1799783

Leong, K., Sung, A., Au, D., & Blanchard, C. (2020). A review of the trend of microlearning. Journal of Work-Applied Management, 13(1), 88–102. https://doi.org/10.1108/JWAM-10-2020-0044. DOI: https://doi.org/10.1108/JWAM-10-2020-0044

Mohammed, G. S., Wakil, K., & Nawroly, S. S. (2018). The Effectiveness of Microlearning to Improve Students’ Learning Ability. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 32–38. https://doi.org/10.30659/e.1.1.68-75. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.415824

Nafisah, D., & Ghofur. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scan Barcode Berbasis Android Dalam Pembelajaran Ips. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 144–152. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1985. DOI: https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1985

Nugraha, H., Rusmana, A., Khadijah, U., & Gemiharto, I. (2021). Microlearning Sebagai Upaya dalam Menghadapi Dampak Pandemi pada Proses Pembelajaran. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(3), 225–236. https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p225. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p225

Nurdiana, D. (2020). Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media Edukasi Pengetahuan Bencana Alam Gunung Berapi. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(2), 122–132. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i2.2639. DOI: https://doi.org/10.34010/jamika.v10i2.2639

Nuriyanto, N. (2020). Urgensi Reforma Agraria; Menuju Penataan Penggunaan Tanah Yang Berkeadilan Sosial. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 29–45. https://doi.org/10.29100/jr.v6i1.1551.

Prasetyo, F. H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Kegunungapian Berbasis Android Di Museum Gunung Api Merapi. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 5(7).

Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486. DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433–440. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924

Setiyawan, S., & Nugraha, A. (2021). The Effect of Disaster Education on The Ability of Adolescents to Recognize COVID-19 Prevention. Jurnal Pendidikan Perawatan Indonesia, 7(2), 129 – 135. https://doi.org/10.17509/jpki.v7i2.35705.

Sholeh, M., & Sutanta, E. (2019). Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar dengan Videoscribe pada Guru Smk Tembarak Temanggung. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–9.

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036

Sudarma, I., Tegeh, & Prabawa. (2015). Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Graha Ilmu.

Troussas, C., Krouska, A., & Sgouropoulou, C. (2020). Collaboration and fuzzy-modeled personalization for mobile game-based learning in higher education. Computers and Education, 144. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103698. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103698

Widiyono, A, & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching, 2(1). https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63. DOI: https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63

Widiyono, Aan, & Irfana, S. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107. https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125.

Widyagdo, B. A., Suprayogi, A., & Subiyanto, S. (2019). Sistem Informasi Geografis Sebaran Fasilitas Penunjang Pertanian dan Peternakan Berbasis WEB. Jurnal Geodesi Undip, 8(3), 42–52. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/geodesi/article/view/24392.

Wijaya, kadek ari, Budaya Astra, I. K., & Spyanawati, N. L. P. (2022). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 74–81. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48712. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48712

Yanti, H., Wahyuni, S., Maryani, & Putra, P. D. A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Disertai Drills Pada Pokok Bahasan Tekanan di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 348–355. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/download/6224/4620.

Zahro, N. M., & Lutfi, A. (2021). Students’ Well-Being and Game Implementation in Learning Chemistry in Merdeka Belajar Era. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 34–43. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30127. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30127

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Seviana, R. ., Suharto, Y. ., Rosyida, F. ., & Masitoh, F. . (2023). Aplikasi Volcano Berbasis Android Pada Materi Vulkanisme Sebagai Media Microlearning Geografi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 196–208. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59506

Issue

Section

Articles