Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Strategi Tatap Muka Terbatas di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Ni Putu Cindy Ayu Lestari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Rasna Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.60879

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Indonesia, Strategi Tatap Muka Terbatas, Hasil Belajar

Abstract

Pengaruh pandemi covid-19 yang belum berakhir tentunya mempengaruhi sistem pembelajaran. Sistem pembelajaran yang dilaksanakan dengan pembelajaran daring dianggap kurang efektif untuk kegiatan belajar-mengajar. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran. Pandemi covid-19 yang sudah mulai melandai membuat kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka terbatas agar kegiatan belajar-mengajar bisa dilakukan secara tatap muka walaupun dengan terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan strategi tatap muka terbatas di sekolah menengah pertama. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa sekolah menengah pertama dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia, hasil belajar bahasa Indonesia, dan respons siswa terhadap pembelajaran dengan strategi tatap muka terbatas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi tatap muka terbatas efektif digunakan dalam keadaan pandemi covid-19 agar kegiatan pembelajaran bisa dilaksanakan secara tatap muka terbatas, selain itu mecegah terjadinya learning loss yang terjadi akibat pembelajaran daring. Penelitian ini memberikan gambaran kegiatan pembelajaran dengan strategi tatap muka terbatas pada masa pandemi covid-19, hasil belajar siswa, dan respons siswa terhadap pembelajaran dengan strategi tatap muka terbatas.

References

Aeni, K., & Arifin, Z. (2022). Problematika Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik di Kelurahan Mangallekana Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Dan Pengembangan, 9(1), 31–38. https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.32439.

Ali, M. (2013). Implementasi Kurikulum Pendidikan Nasional 2013. Jurnal Pedagogi, 2(2), 49–60. http://dosen.unimma.ac.id/public/document.

Aprinawati, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Sekolah Dasar Negeri 55 Pekanbaru. Jurnal Basicedu, 1(1), 31–44. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.159.

Asih, J. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tounament (TGT) Siswa Kelas VI SD Negeri 002 Teluk Nilap Kubu Babussalam. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2), 174–180. https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/download/4585/4369.

Astuti, E. D., Muhroji, M., & Ratnawati, W. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning bagi Siswa Sekolah Dasar. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 267–271. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.236.

Desi, Y. P. (2020). Gerakan Literasi Digital Berbasis Sekolah: Implementasi dan Strategi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 51. https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.3510.

Dishon, G., & Gilead, T. (2020). Adaptability And Its Discontents : 21st- Century Skills And The Preparation For An Unpredictable Future. British Journal of Educational Studies, 00(00), 1–21. https://doi.org/10.1080/00071005.2020.1829545.

Fadillah, I. N., Dini, K., Sayyid, N., & Tulungagung, A. R. (2021). Digital Storytelling Sebagai Strategi Baru Meningkatkan Minat Literasi Generasi Muda. Journal of Education Science, 7(2), 81–98. https://doi.org/http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/1566.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.

Fikri, M., Ananda, M. Z., & Faizah, N. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.

Gunawan, Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Mimbar Ilmu, 26(2), 193. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688.

Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAUD. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24235/awlady.v2i1.

Hava, K. (2019). Exploring the role of digital storytelling in student motivation and satisfaction in EFL education. Computer Assisted Language Learning, 34(7), 958–978. https://doi.org/10.1080/09588221.2019.1650071.

Jamal, S. (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi Covid-19 Di Smk Negeri 1 Tambelangan. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 16. https://doi.org/10.26858/jnp.v8i1.13561.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30518.

Jamila, Ahdar, & Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Jurnal Ma’ Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101–110. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i2.2346.

Kim, E.-J., Kim, J. J., & Han, S.-H. (2021). Understanding Student Acceptance of Online Learning Systems in Higher Education: Application of Social Psychology Theories with Consideration of User Innovativeness. In Sustainability (Vol. 13, Issue 2). https://doi.org/10.3390/su13020896.

Kusumawati, L. D., Sugito, Nf., & Mustadi, A. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 31. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p31--51.

Lai, K., & Hong, K. (2015). Technology use and learning characteristics of students in higher education: Do generational differences exist? British Journal of Educational Technology, 46(4), 725–738. https://doi.org/10.1111/bjet.12161.

Mustika, Z. (2015). Urgenitas Media Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Yang Kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.311.

Nopiyanto. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-An Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(September), 139–148. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.140.

Nuraini, N., & Abidin, Z. (2020). Kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terintegratif di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 49. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5987.

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 66–71. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/669/509.

Saraswati, S., Safitri, A., & Kabiba, K. (2022). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 1(3). https://doi.org/10.51454/jpp.v1i3.56.

Setyawan, D. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155–163. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473.

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & S., M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah. Prosiding, 1(1), 1–5. https://doi.org/http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/204.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Afabeta.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar PKN peserta didik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/326/154.

Umam, K., & Maulidah, L. (2021). Problematika dan Efek Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 5(2), 202–217. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v5i2.488.

Widayanti, Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1). https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25648.

Widodo, S. A., Kustantini, K., Kuncoro, K. S., & Alghadari, F. (2021). Single Subject Research: Alternatif Penelitian Pendidikan Matematika di Masa New Normal. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 78–89. https://doi.org/10.37640/jim.v2i2.1040.

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2). https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Lestari, N. P. C. A. ., & Rasna, I. W. (2023). Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Strategi Tatap Muka Terbatas di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 365–376. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.60879

Issue

Section

Articles