Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS

Authors

  • Ni Putu Ayu Diah Lestari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Sukadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Tuty Maryati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Putu Sriartha Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.61235

Keywords:

IPS, Minat Belajar, Powtoon

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua kali siklus tindakan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang masih rendah di kelas VII menggunakan media pembelajaran Powtoon. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui beberapa metode yakni metode tes, observasi, dan metode wawancara. Berdasarkan penelitian ini maka ditemukan hasil. Pertama, penggunaan media pembelajaran Powtoon pada pembelajaran IPS di kelas VII dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa. Kedua, kesulitan utama guru dalam penggunaan media pembelajaran Powtoon pada pembelajaran IPS di kelas VII, yaitu masalah tingkat perkembangan anak yang belum terbiasa diajak untuk memanfaatkan aplikasi pada laptop/gadged dalam pembelajaran. Ketiga, usaha-usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menyederhanakan materi pembelajaran agar waktu belajar siswa bisa lebih banyak dan siswa lebih fokus dengan materi diskusi. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah guru IPS perlu menguatkan penggunaan media Powtoon dalam pembelajaran.

References

Aghni, R. (2018). Functions and types of learning media in accounting learning. Accounting Education of Indonesia Journal, 16(1), 98–100. https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Alverina, C., Hakim, Z. R., & Taufik, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPS. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 9(3), 266–272. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i3.15785.

Ananda, R. (2019). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1

Ardaningsih, L. A. N., & Adnyayanti, N. L. P. E. (2022). The Use of Powtoon as the Learning Media in Teaching English in Elementary School. Journal of Educational Study, 2(1), 105–110. https://doi.org/10.36663/joes.v2i1.267. DOI: https://doi.org/10.36663/joes.v2i1.267

Arif, S., & Muthoharoh, A. (2021). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Powtoon Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi IPA Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 79–91. https://doi.org/10.24269/dpp.v9i2.3607. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v9i2.3607

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475. DOI: https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496. DOI: https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496

Barbara, N. K. R., & Bayu, G. W. (2022). Powtoon-based animated videos as learning media for science content for grade IV elementary school. International Journal of Elementary Education, 6(1), 29–37. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.39821.

Dianto, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Madarasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 34–44. https://doi.org/10.30596/intiqad.v12i1.4012. DOI: https://doi.org/10.30596/intiqad.v12i1.4012

Eka, H. F., Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i1.136. DOI: https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i1.136

Haluti, A., Uno, H. B., Abbas, N., Djakaria, I., Badu, S. Q., Arwildayanto, A., & Djapri, N. (2022). Survey Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 70–74. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1610. DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1610

Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–18. https://doi.org/10.31764/geography.v8i1.2253.

Ifrianti, S. (2018). Membangun Kompetensi Pedagogik dan Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Mahasiswa Melalui Lesson Study. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2748. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2748

Irmayanti, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 66 Batu Rape Kabupaten Enrekang. Jurnal Literasi Digital, 2(2), 102–109. https://doi.org/10.54065/jld.2.2.2022.221.

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Dan Mengajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144. https://doi.org/10.34125/kp.v3i2.264. DOI: https://doi.org/10.34125/kp.v3i2.264

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349. DOI: https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh kualitas sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113–126. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Meesuk, P., Sramoon, B., & Wongrugsa, A. (2020). Classroom action research-based instruction: The sustainable teacher professional development strategy. Journal of Teacher Education for Sustainability, 22(1), 98–110. https://doi.org/10.2478/jtes-2020-0008. DOI: https://doi.org/10.2478/jtes-2020-0008

Mulyana, E., Dahlena, A., Tetep, T., Rohman, S. N., Widyanti, T., Suherman, A., Dianah, L., Uno, I. C., & Rostiani, A. (2023). Efektifitas media pembelajaran powtoon untuk meningkatkan hasil belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1). https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.52706.

Ningsih, S. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124

Nurdiansyah, E., El Faisal, E., & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875. DOI: https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pasaribu, R. H., Refnita, R., & Efriyanti, L. (2022). Pemanfatan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Informatika Di Smpn 2 Bukittinggi. Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Informatika, 1(4), 104–115. https://doi.org/10.55606/jtmei.v1i4.971. DOI: https://doi.org/10.55606/jtmei.v1i4.971

Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137–152. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702

Ramadhana, N. H., & Prastowo, A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Web Powtoon Untuk Merangsang Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas 3 MI. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 879–894. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1162. DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1162

Sabilla, A. F., Irianto, S., & Badarudin, B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Animasi Powtoon di Kelas IV SD Universitas Muhammadiyah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 354–364. https://doi.org/10.5281/zenodo.3951014.

Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis minat belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan pendekatan STEM pada materi vektor di kelas X MIPA 3 SMAN 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64–70. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17969. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17969

Sholihah, I. N. M., & Handayani, T. (2020). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Bimbingan Klasikal Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 50–58. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v1i2.84.

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878

Syahdiani, S., Kardi, S., & Sanjaya, I. G. M. (2015). Pengembangan multimedia interaktif berbasis inkuiri pada materi sistem reproduksi manusia untuk meningkatkan hasil belajar dan melatihkan keterampilan Berpikir kritis siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 727–741. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p727-741. DOI: https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p727-741

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1). https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Varamita, N. K. A. P., & Suarjana, I. M. (2022). Media Video Pembelajaran Berbasis Powtoon Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IV. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46541.

Yanto, A. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(1), 11–16. https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i1.9. DOI: https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i1.9

Downloads

Published

2023-05-11

How to Cite

Lestari, N. P. A. D. ., Sukadi, Maryati, T. ., & Sriartha, I. P. . (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 165–175. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.61235

Issue

Section

Articles