Media Pembelajaran Booklet Berbasis Flipbook pada Materi Aircraft Instrument System

Authors

  • Hardinata Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia
  • Yayat Ruhiat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63195

Keywords:

Media Pembelajaran, Booklet, Flipbook, Aircraft Instrument System, Basic Aircraft Maintenance

Abstract

Kebutuhan akan sumber e-learning bagi siswa berupa media pembelajaran digital atau elektronik menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran booklet digital berbasis flipbook pada materi Sistem Instrumentasi Pesawat Terbang untuk siswa yang mempelajari Dasar Perawatan Pesawat Terbang di Lion Group Training Center (LGTC). Penelitian ini merupakan jenis Penelitian dan Pengembangan (R&D). Pengembangan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 fase. Fase tersebut meliputi pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei dan wawancara. Metode kuantitatif dan kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang telah diperoleh. Hasil penelitian berupa hasil validasi dan angket reaksi siswa. Dari hasil verifikasi media, booklet berbasis flipbook dinyatakan valid dan skor rata-rata keseluruhan dari kedua penguji adalah 3,50. Hasil verifikasi materi sudah diverifikasi, namun nilai rata-rata keseluruhan untuk kedua verifikator tersebut adalah 3,65. Hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan pada 20 siswa berada dalam kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 3,40. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa booklet berbasis flipbook mudah digunakan, mudah dioperasikan, menarik, dan mudah dipahami serta layak digunakan oleh siswa sebagai media pembelajaran.

References

Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Journal of Education Technology, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091.

Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani, V. (2019). Refleksi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Digital. Metaedukasi, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v1i1.977.

Andayani, F., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Pengembangan Media Komik Berbasis Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Metamorfosis di Kelas Tinggi. ,. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 308–318. Retrieved from http://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/dikdas.

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224.

Asriningsih, N. W. N., Sujana, I. W., & Sri Darmawati, I. G. A. P. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 251. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36202.

Avindo, R., & Safitri, D. (2021). Analisis Website STIMATA Menggunakan System Usability Scale (SUS). Jurnal Ilmiah Komputasi, 20(3), 217–221. https://doi.org/10.32409/jikstik.20.3.2776.

Azizul, A., Riski, W. Y., Fitriyani, D. I., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital Pada Mater Gerak. Vox Edokasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829.

Hendrianti, S. D., Hidayat, S., & Suherman. (2021). Pengembangan Media E-Booklet Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Materi Identifikasi Karir Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.4089.

Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Doubleclick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.

Mahadewi, L. P. P., Tegeh, I. M., & Sari, G. A. P. P. (2019). Pengembangan Konten E-Learning Prakarya Pada Era Revolusi Industri 4.0. Mimbar Ilmu, 24(2), 194. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21258.

Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361.

Nirwana, E. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1811–1818. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684.

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.6.1.

Nurmalita, N., Munzil, & Pratiwi, N. (2020). Pengembangan game edukasi IPA kuartet sebagai media pembelajaran IPA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannyan, 1(53), 290–296. https://doi.org/10.17977/um067v1i4p290-296.

Nuzalifa, Y. U., Hastuti, U. S., & Sueb, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Penyuluhan tentang Pembuatan Nata de Melon bagi Masyarakat Petani. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12082

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588–596. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404.

Pradani, Y. F., & Aziza, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran dalam Bentuk Buku Digital Interaktif Berbasis Flipbook Bagi Mahasiswa Teknik Mesin. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 4(2), 1–10. https://doi.org/10.25273/jupiter.v4i2.5161.

Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425.

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Rahmawati, S., & Dewi, N. K. (2020). Dampak media pembelajaran kisah keteladanan terhadap karakter peduli sosial dan prestasi belajar anak sekolah dasar. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 153–163. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.30574.

Romanti, S., & Rohita, R. (2021). Peran Guru Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Memecahkan Masalah Di Sentra Bahan Alam. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.587.

Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU (Research & Learning in Elementary Education), 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715.

Susanti, A. I., & Lestari, N. A. (2021). Flipbook Based Booklets as One of Agricultural Ecology Learning Media. ISSN 2541-5107 (Online) Register Login JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 5(1). https://doi.org/10.21070/jicte.v5i1.1293.

Tambunan, L. R., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2020). Implementasi E-book Berbasis Smartphone pada Materi Polinomial di Kelas XI SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2521.

Ulandari, T., & Syamsurizal, S. (2021). Booklet Suplemen Bahan Ajar pada Materi Protista untuk Kelas X SMA/MA. Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37688.

Widhiasih, A. P., & Yunita, S. (2021). Pengembangan Permainan Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4831.

Yulaika, N. F., Harti, & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis flipbook untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpe ka.v4n1.p67-76.

Yunus, Raharjo, S., Handayani, M., Arifah, N., Rafli, Sitepu, N., … Saleha, I. (2021). Peran Media Sosial Di Era Transformasi Digital Sebagai Sarana Komunikasi Karang Taruna Masyarakat Kampung Parung Serab Ciledug. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(2), 40–46. https://doi.org/10.53769/jai.v1i2.71.

Yusuf, M., Saraswati, U., & Ahmad, T. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Perang Lasem dalam Bentuk Booklet Untuk Pembelajaran Sejarah Lokal di SMA Negeri 1 Lasem. Indonesian Journal of History Education, 7(1), 50–58. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i1.32287.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Hardinata, & Ruhiat, Y. . (2023). Media Pembelajaran Booklet Berbasis Flipbook pada Materi Aircraft Instrument System. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 399–409. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63195

Issue

Section

Articles