Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Sikap Kepedulian Lingkungan Sekolah Dasar

Authors

  • Desti Rhomadiyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Zulfadewina Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.64243

Keywords:

Character Education, Environmental Concern, Attitude

Abstract

Rendahnya pemahaman dan kesadaran manusia terhadap pentingnya menjaga lingkungan berdampak terhadap sulitnya tercipta kebersihan lingkungan, hal ini terlihat dari masih banyak ditemukan siswa yang membuang sampah sembarang sehingga perlu adanya inovasi agar siswa memiliki dan paham terhadap pentingnya menjaga lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami implementasi pendidikan karakter terhadap sikap kepedulian lingkungan sekolah kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sampel dalam penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SD. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuisioner, dokumentasi. Lalu dianalisa menggunakan teknik reduksi, penyajian data dan verifikasi. Untuk pemeriksaan keabsahan menggunakan triangulasi, ketekunan pengamatan dan review informan. Berdasarkan hasil bahwa implementasi pendidikan karakter berpengaruh terhadap kepedulian lingkungan sekolah dan pelaksanaannya sudah cukup baik. Hanya beberapa saja yang belum mengimplementasikan pendidikan karakter dan kepedulian lingkungan.  Implementasi pendidikan karakter di kelas IV SD meliputi tanggung jawab, sehat dan bersih, kreatif, saling peduli antar sesama, disiplin, jujur. Dari pendidikan karakter ini menumbuhkan sikap kepedulian meliputi memilah sampah, menjaga kebersihan kelas, membuang sampah pada tempatnya, mendaur ulang sampah, menjaga dan memelihara tanaman di halaman sekolah, tidak memetik bunga sembarangan, memperindah sekolah dan kelas.

References

Afrina, R., & Yulsyofriend. (2020). Pengaruh Permainan Boy-Boyan Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3294–3304. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.842.

Amalia, K. R., Jamaludin, U., & Andriana, E. (2021). Internalisasi Program Mari Buang Sampah Pada Tempatnya (Marbungsamtem) Terhadap Karakter Peduli Lingkungan Di Sdn Taman Ciruas Permai. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8277.

Ariyunita, N. (2019). Implementasi dan Pembiasaan Karakter Kepedulian Lingkungan dalam Pembelajaran PAI di MAN Yogyakarta II. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 16(1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v16i1.1003.

Dermawati, N., Suprapta, & Muzakkir. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 74–78. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.3143.

Dita Agustian. (2018). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Sikap Kepedulian Lingkungan Siswa (Studi Kasus pada Permasalahan Lingkungan Global). Biosfer: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(1), 43 – 48. https://doi.org/10.23969/biosfer.v2i1.372.

Efendi, N., Baskara, R. S., & Fitria, Y. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan Di Sdn 13 Lolong Belanti Padang. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 155–165. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9747.

Fathurahman, M. (2021). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pengajaran Fikih Ekologi Pada Anak Usia Dini. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3367.

Gusmadi, S., & Samsuri, S. (2019). Gerakan Kewarganegaraan Ekologis sebagai upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 381–391. https://doi.org/10.17977/um019v4i2p381-391.

Handayani, A., Soenarno, S. M., & A’ini, Z. F. (2022). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMPN 20 Depok. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 2(1), 80. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v2i1.11827.

Hidayat, W., Suryana, Y., & Fauziah, F. (2020). Manajemen Bimbingan dan Konseling Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 346–354. https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1004.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67.

Mellyani, S., Irmawati, Gunawan, R., Sari, M., & Nurhadijah. (2021). Menanamkan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Terhadap Lingkungan Sekolah di Masa Covid 19. Jurnal Lepa-Lepa Open, 1(2), 351–360. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/17841.

Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565.

Mulyatno, C. B. (2022). Pendidikan Lingkungan Sejak Usia Dini dalam Perspektif Teologi Pemerdekaan Y.B Mangunwijaya. Jurnal Obsesi, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2570.

Nasozaro, H. O. (2019). Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Warta, 62, 24–33. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i62.504.

Naziyah, S., Akhwani, A., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3482–3489.

Nugroho, A., Fatonah, A., Wijaya, D. P. E., Putri, R. P., Fikri, M. N., Setiawan, O., … Budiarti, S. A. C. (2020). Menumbuhkembangkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan Melalui Kegiatan Penghijauan di MIM Pakang Andong, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 69–74. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11196.

Nuryani, N., & Sari, S. N. (2018). Internalisasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Forum Ilmu Sosial, 45(2). https://doi.org/10.15294/fis.v45i2.17558.

Oktamarina, L. (2021). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 37–44. https://doi.org/10.33369/jip.6.1.37-44.

Pahru, S., Akbar, S., & Hitipeuw, I. (2021). Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14405.

Pratiwi, A. N., & Rohman, I. (2022). Integrasi Nilai Akhlak pada Materi Usaha Pelestarian Lingkungan dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8635–8640. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3859.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Rahmad. (2021). Nilai Karakter Cinta Tanah Air dan Gotong Royong Pada Kearifan Lokal Manugal Sebagai Sumber Belajar IPS di Sekolah Dasar. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 220–227. https://doi.org/10.30653/003.202172.193.

Santika, I. W. E., & Sudarmawan, I. P. Y. (2022). Penguatan Karakter Bangsa Melalui Integrasi Nilai kearifan Lokal Bali Pada Pembelajaran daring. JPDK: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 434–446. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3747.

Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151.

Soraya, M., Rahmayanti, H., & Murtinugraha, R. E. (2019). Model Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Penerima Adiwiyata S1 Pendidikan Vokasi Konstruksi Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 8(1), 7-15. https://doi.org/10.21009/jpensil.v8i1.8502.

Suhaida, D., & Fadillah, S. (2019). Media Kajian Kewarganegaraan membentuk karakter siswa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(2), 111–121. https://doi.org/10.21831/jc.v16i2.21757.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Jurnal Pendidikan, 4(1), 220–234. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2119.

Tamjidillah Hm Amin. (2020). Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Peduli Lingkungan Di Madrasah. FASHLUNA, 1(2), 29–50. https://doi.org/10.47625/fashluna.v1i2.277.

Wati, I., Mellyani, S., Gunawan, R., Sari, M., & Nurhadijah, N. (2021). Menanamkan Pendidikan Karakter Peduli terhadap Lingkungan Sekolah di Masa Covid-19. Journal Lepa-Lepa Open, 1(2). Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/17841.

Yunus, I. A., Yunginger, R., Mursalin, Paramata, D. D., Setiawan, D. G. E., & Odja, A. H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Crosword PuzzleDengan ModelDiscovery LearningTerhadap Hasil Belajar Siswa PadaKonsep Gelombang Bunyi DiSMAN 1 Boliyohuto. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 7(2), 210–217. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3263.

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Rhomadiyah, D., & Zulfadewina. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Sikap Kepedulian Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 558–570. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.64243

Issue

Section

Articles