Perbedaan Model Problem Based Learning dengan Discovery learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fiksi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.64916Keywords:
Keterampilan Menulis Teks Cerita Fiksi, Problem Based Learning, Discovery LearningAbstract
Keterampilan menulis merupakan keterampilan komunikasi secara tidak langsung dengan cara menuangkan kreativitas ide, gagasan, pikiran dalam karya tulis dengan melihat kaidah bahasa yang tepat sebagai informasi yang dapat dipahami oleh pembaca. Oleh sebab itu, proses pelaksanaan pembelajaran harus dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik. Penelitian ini di fokuskan pada keterampilan menulis teks cerita fiksi. Cerita fiksi merupakan suatu tulisan atau karangan yang berisi cerita rekaan berdasarkan ide khayalan dari penulis dan bukan kejadian nyata di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan antara model Problem Based Learning dan model Discovery learning terhadap keterampilan menulis teks cerita fiksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan model One Group Pretest-Postest Design. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV sekolah dasar Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik instrumen penilaian keterampilan menulis teks cerita fiksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (kurang dari 0,05), artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Rata-rata Problem Based Learning dan Discovery learning terhadap keterampilan menulis teks cerita fiksi dari hasil uji T sebesar 63.14 dan 72.78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model Problem Based Learning dan Discovery learning terhadap keterampilan menulis teks cerita fiksi peserta didik kelas IV SD.
References
Ade, & Wahyudi. (2022). Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif Siswa. Mimbar PGSD, 10(3), 439–446. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.51984.
Alfianto, D. Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantu Media Audio Visual Berbasis Animasi Flash untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Cerita. Jear: Journal of Educational Action Research, 5(1), 33–39. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.30338.
Arifin, Z., Tegeh, I. M., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2021). Independent Learning through Interactive Multimedia Based on Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 244. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292.
Asriningsih, N. W. N., Sujana, I. W., & Darmawati, I. G. A. P. S. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 251–259. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36202.
Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56.
Azizah, N. F., Ratna, E., & Hafrison, M. (2018). Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3). https://doi.org/10.24036/100733-019883.
Fadlina, Artika, W., Khairil, K., Nurmaliah, C., & Abdullah, A. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis STEM pada Materi Sistem Gerak Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 99–107. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18591.
Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1060.
Harmelia, D., & Djuwita, P. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Membangun Sikap Mandiri dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 75 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(2). https://doi.org/10.33369/jp3d.v5i2.14749.
Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532.
Juniati, Kartini, & Maimunah. (2021). Perangkat Pembelajaran Materi Segiempat dan Segitiga Berbasis Model PBL untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik SMP / MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1359–1373. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.545.
Khatrin, K., & Abdurrahman, A. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. JPBSI; Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.24036/108271-019883.
Kusuma, T. S. W., & M Mustari. (2023). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.319.
Mardhotillah, S., Surya, Y. F., & Zulfah, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Story Telling untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis karangan Narasi Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 262–269. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1229.
Marinan, M. (2019). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 178. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5293.
Nilayuniarti, N. P., & Putra, D. K. N. S. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana. Mimbar PGSD, 8(3), 445–456. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26043.
Nurhadi, & Alfitry, S. (2020). Pengaruh PenerapAn MoDel Pembelajaran Discovery Learning Dan Pemberian Motivasi Oleh Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecematan Rumbai Pesisir. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 29–41. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.696.
Nurhafika, N., & Hafrison, M. (2019). Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Cerita Fantasi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas Vii Smp Pembangunan Laboratorium Unp. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 153. https://doi.org/10.24036/103930-019883.
Pebriyanti, Y., Fauzan, A., & Firman. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pendekatan Kontruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 947–954. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.446.
Purwanto, A., Putri, D. H., & Hamdani, D. (2021). Penerapan Project Based Learning Model Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa Dalam Rangka Menghadapi Era Merdeka Belajar. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.25-34.
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.
Ritno, Rahim, A. R., & Syamsuri, A. S. (2021). Pengaruh Kemampuan Membaca dan Menulis Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 115–129. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.67.
Rizqi, M. R. (2018). Peran Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 137. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v7i2.3363.
Sari, P. P., Murtono, Utomo, S., & Ardianti, D. (2021). Implementation of Problem Based Learning ( PBL ) on Interactive Learning Media. Journal of Technology and Humanities, 2(2), 24–30. https://doi.org/10.53797/jthkkss.v2i2.4.2021.
Sudewa, K. A., Sugihartini, N., & Divayana, D. G. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Dengan Discovery Learning Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII Di SMP Lab Undiksha Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(1), 25. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.29407.
Sukma, H. H., & Amalia, N. R. (2021). Pengembangan Media Fun Thinkers Dalam Melatih Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Fundadiknas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 112–122. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4189.
Sukmawati, N. . I., Dantes, N., & Dibia, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19390.
Suratno, Kamid, & Sinabang, Y. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JMPIS), 1(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.249.
Variani, N. L. D., & Agung, A. A. G. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 290–302. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26631.
Wulandari, A., Parenrengi, S., & Tune, I. L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 2(2), 225. https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30424.
Wulandari, E., & Asri, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 60. https://doi.org/10.24036/108264-019883.
Yenti, N., Ramadhanti, D., & Laila, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 93–102. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.16.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yulianingsih, Henny Dewi Koeswanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.