Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Komik Digital terhadap Keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD

Authors

  • Ni Gusti Agung Dewi Wahyuniari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Ardana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Gunamantha Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.66101

Keywords:

model pembelajaran TTW, keterampilan membaca, hasil belajar , Bahasa Indonesia

Abstract

Penerapan model-model serta metode pembelajaran inovatif masih jarang dilakukan, media pembelajaran kurang bervariatif, sehingga memicu timbulnya rasa bosan serta siswa menjadi kurang tertarik pada pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan komik digital terhadap keterampilan membaca dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan The Posttest Only Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah sampel total.  Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes. Tes yang digunakan adalah tes keterampilan membaca dan tes hasil belajar Bahasa Indonesia. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis MANOVA. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa terdapat perbedaan secara simultan keterampilan membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW berbantuan komik digital dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan kooperatif. Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan membaca Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW berbantuan komik digital dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan kooperatif, dan Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW berbantuan komik digital dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan kooperatif.

References

Aditya Dharma, I. M. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321.

Afandi, M., Nisa, D. A., & Kusumadewi, R. F. (2021). The Importance of Think Talk Write Learning Model on the Mathematical Connection Ability and Self-Confidence. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 25–32. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.32965.

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920.

Ayu Cahya Pinatih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA Kelas V di SD N 2 Gianyar Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279.

Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343.

Iftitah, N., Widiana, I. W., & Simamora, A. H. (2020). Think Talk Write Assisted Monopoly Media in Students’ Simple Essay Writing Skills. Journal of Education Technology, 4(2), 195–203. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25144.

Juniawati, Y., Syaban, M., & Retnaningrum, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Jurnal Penelitian Ilmu Penididikan, 2(1), 136–148.

Kurnia, H. S., & Dwikurnaningsih, Y. (2019). Penerapan Model TTW Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kebersamaan Pada Siswa Kelas II SDN Kutowinangun 11. Jurnal Basicedu, 3(1), 250 – 256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.113.

Kurniaman, O., Yuliani, T., & Mansur, M. (2018). Investigating Think Talk Write (TTW) Learning Model to Enhance Primary Students’ Writing Skill. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (JTLEE), 1(1), 52–59. https://doi.org/10.33578/jtlee.v1i1.5394.

Kusuma, A. P., Rahmawati, N. K., Putra, F. G., & Widyawati, S. (2020). The Implementation of Think Pair Share (TPS), Think Talk Write (TTW), and Problem Based Instruction (PBI) Learning Model on StudentS’Mathematics Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012065. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012065.

Megantari, K. A., Margunayasa, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 139–149. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251.

Narsa, I. K. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research, 5(2), 165–170. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33269.

Nasrullah, Y., Akbar, Z., & Supena, A. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Pemahaman Kesiapsiagaan Bencana Banjir pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 832–843. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1540.

Ningrat, S. P., & Sumantri, M. (2019). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd. Journal of Education Technology, 2(4), 145. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16426.

Pinatih, S. A. C., & Putra, D. K. N. S. (2021). Pengembangan media komik digital berbasis pendekatan saintifik pada muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279.

Pramita Dewi, N. M. D., Surya Abadi, I. G., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv. Mimbar Ilmu, 23(1), 129–138. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16405.

Rahmawati, I. Y. (2018). Komik Sebagai Inovasi Dalam Pengenalan Keterampilan Menulis Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Audi, 2(2). https://doi.org//10.33061/ad.v2i2.1970.

Rahmawati, Y., Dwinita, S., & Pebriani, Y. (2022). Perbandingan Model Problem Based Learning dengan Model Think Talk Write terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(6), 701–710. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.200.

Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV SD M 020 Kuok. , 2(1), . Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.37.

Rizal, Muhammad Syahrul. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Keaktifan Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN 020 Kuok. Jurnal Basicedu, 2(1), 111 – 119. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.129.

Salahuddin, Erifa Syahnaz, Vanie Wijaya, & Sri Wahyuni. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran IPS Siswa SDN 02 Kelas III Kab. Sambas. Journal of Scientech Research and Development, 2(2), 061–070. https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15.

Siregar, N. dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). https://doi.org/10.32665/james.v2i1.47.

Solihah, F. P., Santoso, A., & Mudiono, A. (2018). Studi Penerapan Program Pembiasaan Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian : Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(3), 382—397. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i3.10681.

Sukmanasa, Windiyani, & Novita. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138.

Sulhan, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS “Keragaman Sosial, Budaya, Ekonomi, Etnis dan Agama.” Journal of Education Action Research, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23661.

Supartayasa, I. K. R., & Wibawa, I. M. C. (2022). Belajar Siklus Air dengan Media Komik Digital Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 127–137. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46279.

Utomo, A. P., Amalia, T. R., Iqbal, M., & Narulita, E. (2020). Android-based comic of biotechnology for senior high school students. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 4143–4150.

Yanti, Y., Raharjo, T. J., & Sumarni, W. (2022). The Improvement of Students’ Learning Outcomes and Report Writing Skills at The Sixth Grade Elementary School Use the Learning Model Think-Talk-Write and Wordwall Media. Journal of Primary Education, 11(1), 53–63. https://doi.org/10.15294/JPE.V11I1.59670.

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Wahyuniari, N. G. A. D. ., Ardana, I. M. ., & Gunamantha, I. M. . (2023). Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Komik Digital terhadap Keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 457–466. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.66101

Issue

Section

Articles