E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Hasil Belajar IPS

Authors

  • Indah Ayu Hapsari Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Fitria Dwi Prasetyaningtyas Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.66104

Keywords:

E-LKPD, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Guru belum mampu untuk mengembangkan bahan ajar yang variatif dan inovatif untuk menunjang proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada hasil belajar IPS siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah menciptakan bahan ajar berupa E-LKPD berbasis Problem based learning materi kegiatan ekonomi pada muatan pelajaran IPS siswa kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Metode yang digunakan yaitu dengan data kualitatif berupa angket dan kuantitatif berupa hasil tanggapan angket yang diubah menjadi nilai atau skor. Subjek penelitian yaitu kelas V SD. Teknik analisis data menggunakan kelayakan produk, analisis data awal dan uji akhir. Hasil penelitian menunjukkan uji kelayakan produk penelitian ini dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dengan mendapatkan hasil uji kelayakan produk oleh ahli materi  memperoleh presentase 84,4% ( Sangat Baik) dan oleh ahli media pembelajaran memperoleh presentase 100% (Sangat baik)  dan uji keefektifan oleh kelompok besar siswa kelas V SD dengan hasil uji t diperoleh nilai Sighitung 0,000. Hal ini berarti Sighitung kurang 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dan hasil N-gain 0,67 dengan kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis problem based learning materi kegiatan ekonomi pada muatan pelajaran IPS kelas V SD layak dan efektif untuk digunakan. Implikasi penelitian inu dapat membantu guru membuat bahan ajar yang inovatif dan interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Adisel, IE.Saputri, A. Ulfah, AH. Sudomo, S. ALamsah, U. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 1–23. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3409.

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Agustin Adhaningrum, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPS Kontekstual Tema Wirausaha di Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(1), 44–54. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4746.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Arifin, S., & Sukmawidjaya, M. (2020). Technology Transformation and Its Impact on Lecturer’s Performance. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 153–162. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.24372.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230.

Asrar, A., Arnawa, M., & Permana, D. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Panti. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11(1), 182–190. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14361.

Augustha, A., Susilawati, S., & Haryati, S. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended Pada Materi Kesetimbangan Ion Dan Ph Larutan Garam Untuk Kelas XI SMA/MA Sederajat. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 28. https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6485.

Dasmasela, F. X., Winingsih, P. H., & Saputro, H. (2021). Development of Electronic Student Worksheets (E-LKPD) Based on Problem Based Learning in Basic Discussion of Temperature and Health Class XI. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 8(3), 28–33. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.4144.

Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.

Fadila, A., Dasari, R., Septiana, R., Sari, R. M., & Rosyid, A. (2019). The Development Of Electronic Flash Worksheet Based On Adobe Flash Cs6 On Fraction Numbers In The Seventh Grade Of Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1), 012019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012019.

Faraniza, Z. (2021). Blended learning best practice to answers 21 st century demands . Journal of Physics: Conference Series, 1940(1), 012122. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012122.

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277.

Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(2), 218–229. https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.41224.

Fuada, S., & Fajriati, N. F. (2021). Pelatihan Pembuatan Modul Interaktif Menggunakan Aplikasi Liveworksheet Bagi Guru di SDN Wiwitan Bandung. Community Empowerment, 6(11), 2010–2021. https://doi.org/10.31603/ce.5499.

Gao, X., Wang, L., Deng, J., Wan, C., & Mu, D. (2022). The effect of the problem based learning teaching model combined with mind mapping on nursing teaching: A meta-analysis. Nurse Education Today, 111, 105306. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2022.105306.

Herwin, H., Hastomo, A., Saptono, B., Ardiansyah, A. R., & Wibowo, S. E. (2021). How Elementary School Teachers Organized Online Learning During The Covid-19 Pandemic? World Journal on Educational Technology: Current Issues, 13(3), 437–449. https://doi.org/10.18844/wjet.v13i3.5952.

Hidayah, A. N., Winingsih, P. H., & Amalia, A. F. (2020). Development Of Physics E-LKPD ( Electronic Worksheets ) Using 3D Pageflip Based on Problem Based Learning on Balancing And Rotation Dynamics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 7(2), 36–43. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/9091.

Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373.

Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Using untuk Siswa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 113–124. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064 – 1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124.

Komalasari, N., I.G. Margunayasa, & D.G.H. Divayana. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Matematika Kelas V Sd. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 75–83. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i1.673.

Mairani, U., Enawaty, E., & Sartika, R. P. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Education and Development, 10(3), 117–121. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.3848.

Marshel, J., & Ratnawulan. (2020). Analysis of Students Worksheet (LKPD) integrated science with the theme of the motion in life using integrated connected type 21st century learning. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185.

Narmaditya, B. S., Wulandari, D., & Sakarji, S. R. B. (2018). Does Problem-based Learning Improve Critical Thinking Skills? Cakrawala Pendidikan, 37(3), 378–388. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.21548.

Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah model Problem Based Learning dalam Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3869–3888. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4342.

Octariani, D., & Rambe, I. H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Berbantuan Software Geogebra. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.864.

Pinatih, A. S. C., & Putra, D. B. K. N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279.

Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614. https://mail.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3817.

Prastikawati, E. F., Wiyaka, W., & Adi, A. P. K. (2020). Online backchannel as a formative assessment in improving writing skills. Journal on English as a Foreign Language, 10(2), 359–384. https://doi.org/10.23971/jefl.v10i2.2044.

Pratiwi, N. P. S., & Margunayasa, I. G. (2022). E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Muatan IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46542.

Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777.

Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-Lkpd Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas Iv Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264–279. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116.

Purwasih, R., Rahimullaily, R., & Suryani, A. I. (2021). Blended Learning Model in Improving 4C Abilities of Information System Students. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), 742–753. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30939.

Purwitaningrum, R., & Prahmana, R. C. I. (2021). Developing instructional materials on mathematics logical thinking through the Indonesian realistic mathematics education approach. International Journal of Education and Learning, 3(1), 13–19. https://doi.org/10.31763/ijele.v3i1.178.

Putra, G., & Agustiana, I. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran Daring. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220–228. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Rahayu, S., Ladamay, I., Wiyono, B. B., Susanti, R. H., & Purwito, N. R. (2021). Electronics Student Worksheet Based on Higher Order Thinking Skills for Grade IV Elementary School. International Journal of Elementary Education, 5(3), 453–460. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.36518.

Rapanta, C. (2021). Can teachers implement a student-centered dialogical argumentation method across the curriculum? Teaching and Teacher Education, 105. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103404.

Rezeki, S., Halim, A., Nasrullah, N., Yusrizal, Y., & Ilyas, S. (2021). Implementasi Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 14–19. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.887.

Rositayani, N. P. E., Putra, D. B. K. N. S., & Abadi, I. B. G. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Children’s Learning in Science berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 338. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16150.

Safithri, R., Huda, N., Studi Pendidikan Matematika, P., Pascasarjana, F., Jambi Jl Raden Mattaher No, U., & Jambi, K. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539.

Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6079–6085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715.

Sinaga, P., Setiawan, W., & Liana, M. (2022). The Impact of Electronic Interactive Teaching Materials (EITMs) in E-Learning on Junior High School Students’ Critical Thinking Skills. Thinking Skills and Creativity, 101066. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101066.

Siska, A. J. (2018). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMAN 1 Canduang Kabupaten Agam. Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi, 3(2), 98–103. https://doi.org/10.36665/jusie.v1i02.139.

Suardana, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru. Journal of Education Action Research, 3(3), 270–277. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17974.

Suarni, G. L., Rizka, M. A., & Zinnurain, Z. (2021). Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(1), 31–38. https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3226.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukadana, I. K., & Japa, I. G. N. (2021). Improving Students ’ Understanding of Animals ’ Movement Organs Through VideoScribe-based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 269–278. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Sya’idah, F. A. N., Wijayati, N., Nuswowati, M., & Haryani, S. (2020). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan E-Lkpd Materi Hidrolisis Garam Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry in Education, 9(1), 1–8.

Tanti, & Muljani, S. (2022). Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 Pada Materi Bumi Dan Antariksa Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Di Smk Negeri 1 Adiwerna. Cakrawala Jurnal Pendidikan, X(x), 174–181.

Wero, L., Laksana, D. N., & Lawe, Y. U. (2021). Integrasi Konten dan Konteks Budaya Lokal Etnis Ngada dalam Bahan Ajar Multilingual untuk Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 515. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40867.

Winangun, I. M. A., Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2021). Pengembangan Model Guided Discovery Learning Berorientasi Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Mimbar Ilmu, 26(3). https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39893.

Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021.

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348.

Wong, F. M., & Kan, C. W. (2022). Online problem-based learning intervention on self-directed learning and problem-solving through group work: A waitlist controlled trial. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(2), 720. https://doi.org/10.3390/ijerph19020720.

Zhang, X. (2020). Assessment for learning in constrained contexts: How does the teacher’s self-directed development play out? Studies in Educational Evaluation, 66(November 2019), 100909. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100909.

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Hapsari, I. A. ., & Prasetyaningtyas, F. D. . (2023). E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 481–493. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.66104

Issue

Section

Articles