Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEAM pada Tema Upaya Pelestarian Lingkungan untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Linda Novitasari Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • M. Ramli Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Henry Praherdhiono Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.66203

Keywords:

STEAM, LKPD, Upaya Pelestarian Lingkungan

Abstract

Saat ini kemampuan siswa sekolah dasar mulai menurun, guru perlu melakukan inovasi-inovasi pada pembelajaran. Salah satu solusi dengan memasukkan pendekatan STEAM yang diterapkan melalui pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD). Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) pada tema Upaya Pelestarian Lingkungan peserta didik kelas V sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan LKPD berbasis STEAM ini menggunakan model Dick & Carey yang disederhanakan menjadi 9 tahapan yaitu: 1) analisis kebutuhan dan tujuan, 2) analisis pembelajaran, 3) analisis peserta didik dan konteks pembelajaran, 4) merumuskan tujuan khusus, 5) mengembangkan instrumen penilaian, 6) mengembangkan strategi pembelajaran, 7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, 8) merancang dan melakukan evaluasi formatif, dan 9) revisi produk. Berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan memenuhi kriteria kevalidan sebesar 90,00%, kepraktisan sebesar 90,71%, dan keefektifan dari hasil pretest dan posttes menggunakan rumus N-Gain sebesar 0,76 yang mana skor tersebut termasuk kedalam kategori tinggi sehingga terjadi peningkatan.

References

Adifta, E. D., Murni, A., & Roza, Y. (2022). Desain Perangkat Pembelajaran Daring Menggunakna Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEAM pada Materi Barisan dan Deret. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 98–105. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54346.

Adilla, T. N., Silitonga, F. S., & Ramdhani, E. P. (2019). Pengembangan Electronic Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Guined Inquiry Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal FMIPA Universitas Maritim Raja Ali Haji. http://repositori.umrah.ac.id/1953/.

Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 608–617. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20202.

Ahyanuardi, A., Hambali, H., & Krismadinata, K. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan Pasca Sertfikasi Terhadap Komitmen Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 67–74. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.169.

Ajizah, I., & Huda, M. N. (2020). Tpack Sebagai Bekal Guru Pai Di Era Revolusi Industri 4.0. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 333–352. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.333-352.

Andika, I. G. A. A., Dantes, N., & Parmiti, D. P. (2017). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Kovariabel Kemampuan Numerik Pada Siswa Kelas Iv. Mimbar PGSD Undikhsa, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10897.

Andini, N. P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839.

Anisa, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607.

Ansyah, E., Pranata, Y., & Latipah, N. (2021). Pengembangan LKPD IPA Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa SMP Kelas VII. Pendidikan Tematik, 2(3), 283–288. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/317.

Arsy, I., & Syamsulrizal, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) Terhadap Kreatifitas Peserta Dididk. Biolearning Journal, 8(1), 24–26. https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1019.

Bhurekeni, J. (2020). Decolonial reflections on the Zimbabwean primary and secondary school curricu-lum reform journey. Educational Research for Social Change, 9(2), 101–115. https://doi.org/10.17159/2221-4070/2020/v9i2a7.

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1750/574.

Gupta, T., Burke, K. A., & Greenbowe, T. J. (2022). Shifting the ownership of learning from instructor to students through student-led instructor-facilitated guided-inquiry learning. In Teaching Innovation in University Education: Case Studies and Main Practices, 69–98. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-4441.

Hamdani, M. S., . M., & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 440. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21778.

Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD Di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430–2439. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1243.

Irmeilyana, I., Ngudiantoro, N., Maiyanti, S. I., & Setiawan, A. (2022). Pemanfaatan Gawai Pada Adaptasi Teknologi Untuk Media Pembelajaran Bagi Guru Sdn 9 Tanjung Batu Di Desa Limbang Jaya Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Vokasi, 6(1), 16–23. https://doi.org/10.30811/vokasi.v6i1.2448.

Jacques, L. A., Cian, H., Herro, D. C., & Quigley, C. (2020). The impact of questioning techniques on STEAM instruction. Action in Teacher Education, 42(3), 290–308. https://doi.org/10.1080/01626620.2019.1638848.

Julian, R., & Suparman. (2019). Analisis kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Science, Technology, Engineering, Economics, Education, and Mathematics, 1(1). http://seminar.uad.ac.id/index.php/STEEEM/article/view/2802.

Kesumadewi, D. A., Agung, A. A. G., & Rati, N. W. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 303–314. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25524.

Kurniawati, E. F. (2020). Pengimplementasian e-modul etnokonstruktivisme terhadap motivasi belajar peserta didik Kelas V sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 10–21. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.26589.

Marshel, J., & Ratnawulan. (2020). Analysis of Students Worksheet (LKPD) integrated science with the theme of the motion in life using integrated connected type 21st century learning. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012046.

Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456.

Putra, G. Y. M. A., Suarjana, I. M., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813.

Rahimah, W., Zaini, M., & Halang, B. (2020). Work Sheet Development of High School Students Biology Based on Critical Thinking Skills on the Motion Systems Concept. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(2), 100. https://doi.org/10.20527/bino.v2i2.8474.

Ramadhana, R., & Hadi, A. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Berbantuan LKPD Elektronik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 380–389. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1778.

Ridwan, A., Rahmawati, Y., & Hadinugrahaningsih, T. (2021). Steam Integration in Chemistry Learning for Developing 21St Century Skills. MIER Journal of Educational Studies Trends & Practices, 7(2), 184–194. https://doi.org/10.52634/mier/2017/v7/i2/1420.

Riyani, N. L. V. E., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis STEAM pada Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V di SD No. 3 Sibanggede. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 285–291. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2046.

Rizkika, M., Dwi, P., & Ahmad, N. (2022). Development of E-LKPD Based on STEM on Substance Pressure Materials to Improve Critical Thinking Skills for Junior High School Student. Pancasakti Science Education Journal PSEJ, 7(1), 41–48. https://doi.org/10.4905/psej.v7i1.142.

Sari, R. ., & Wulandari, S. S. (2020). The Development of Student Activity Sheets (LKPD) Based on a Scientific Approach in Public Relations and Protocol Subjects Odd Semester Class XI OTKP at SMK YPM 3 Taman. JPAP, 8(3), 440–448. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p440-448.

Setiawan, T. Y., & Fikri, A. (2022). the Development of E-Lkpd Using Book Creator on Fraction Operations Material in Elementary School. MaPan, 10(1), 116–126. https://doi.org/10.24252/mapan.2022v10n1a8.

Shah, M. M., & Kamaruddin, M. (2022). Kompetensi 6C siswa guru dalam pelaksanaan ‘inovasi digital dalam pengajaran dan pembelajaran’: 6C’s competencies of pre-service teacher in implementation of ‘digital innovation in teaching and learning.’ Journal of ICT in Education, 9(2), 87–102. https://doi.org/10.37134/jictie.vol9.2.7.2022.

Sholeha, D. S., Suyatna, A., & Herlina, K. (2019). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Collaborative Teamwork Learning Terhadap Hasil Belajar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 171–187. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2447.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumardi, L., & Wahyudiati, D. (2022). Beguru: Menggali Prinsip-Prinsip Penyiapan Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Kearifan Lokal Sasak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(6), 230. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i6.15276.

Sumarno. (2019). Pembelajaran kompetensi abad 21 menghadapi era Society 5.0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 272–287. http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/28.

Supeni, S., Hakim, L., & Jumintono. (2019). Strengthening Character Education of Early Childhood through Javanese Traditional Game Dakon. International Journal of Recent Technology and Engineering, 7(6S2), 243–249. https://www.atlantis-press.com/proceedings/ijcah-20/125947406.

Suryaningsih, H., Medriati, R., & Purwanto, A. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis scaffolding berorientasi berpikir kritis pada materi Hukum Newton di SMA Negeri kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Dan Pembelajaran Fisika, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/ajipf.1.1.44-52.

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233.

Syahmani, S., Hafizah, E., Sauqina, S., Adnan, M. Bin, & Ibrahim, M. H. (2021). STEAM Approach to Improve Environmental Education Innovation and Literacy in Waste Management: Bibliometric Research. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(2), 130–141. https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i2.12782.

Utami, D. A., Irianto, S., & Muryaningsih, S. (2020). Pengembangan Handout Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Kelas IV Di Sd Negeri Kembaran. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 151. https://doi.org/10.35931/aq.v14i2.386.

Viani, H. O., & Kamaludin, A. (2020). Pengembangan Modul Kimia Bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Makromolekul. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 2(2), 50–58. https://doi.org/10.14421/jtcre.2020.22-01.

Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476.

Wannapiroon, N., & Pimdee, P. (2022). Thai undergraduate science, technology, engineering, arts, and math (STEAM) creative thinking and innovation skill development: a conceptual model using a digital virtual classroom learning environment. Education and Information Technologies, 27(4), 5689–5716. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10849-w.

Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.14697/jkase.2012.32.6.1072.

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Novitasari, L. ., Ramli, M. ., & Praherdhiono, H. . (2023). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEAM pada Tema Upaya Pelestarian Lingkungan untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 593–603. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.66203

Issue

Section

Articles