Model Pembelajaran Make a Match Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Rusmin Nuryadin Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia
  • Idawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hidayah Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.68244

Keywords:

make a match, motivasi belajar, IPS

Abstract

Kurangnya motivasi siswa dalam mata pelajaran IPS. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan kurang efektif. Hal ini tentu berdampak pada pemahaman siswa mengenai pembelajaran IPS yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 56 siswa kelas V. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi atas dua yaitu analisis statistik deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian yaitu respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match memperoleh kategori tinggi dengan rata-rata 77,64%. Hasil uji efektifitas menunjukan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar siswa. disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Agustiana, I. G. A. T., Agustini, R., Ibrahim, M., & Tika, I. N. (2020). Perangkat Pembelajaran (RPS dan SAP) IPA Model (OPPEMEI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa PGSD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 309–323. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25190.

Agustini, D., Lian, B., & Sari, A. P. (2020). School’S Strategy for Teacher’S Professionalism Through Digital Literacy in the Industrial Revolution 4.0. International Journal of Educational Review, 2(2), 160–173. https://doi.org/10.33369/ijer.v2i2.10967.

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Number March).

Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 247–264.

Amri, M., Saharuddin, S., & Ahmad, L. O. I. (2019). The Implementation of Islamic Education: The Process of Instilling Akhlakul Karimah (Noble Characters) for Madrasah Tsanawiyah Students. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 4(1). https://doi.org/10.24042/tadris.v4i1.4070.

Amris, F. K., & Desyandri. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.689.

Anam, N. (2021). Formulasi Belajar dan Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Multiple Intelligences di Lembaga Pendidikan. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 12–34. https://doi.org/10.53515/cji.2021.2.1.12-34.

Anandari, Q. S., Kurniawati, E. F., Piyana, S. O., Melinda, L. G., Meidiawati, R., & Fajar, M. R. (2019). Development of Electronic Module: Student Learning Motivation Using the Application of Ethnoconstructivism-Based Flipbook Kvisoft. Jurnal Pedagogik, 06(02), 416–436.

Andriah, A., & Amir, M. F. (2021). Mobile Learning Based on Procedural and Conceptual Knowledge on Fractional for Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(4), 567. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i4.40819.

Anggraini, D., Relmasira, S., & Tyas Asri Hardini, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Pada Peserta Didik Kelas 2 Sd. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 324. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.379.

Annisa, & Wakijo. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Trimurjo. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(1). https://doi.org/10.24127/pro.v7i1.2043.

Asri, Junaid, R., & Saputra, S. (2020). The development of learning model through video documentary to improve environmental knowledge of coastal residents of Palopo City, Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 396–407. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.23358.

Ayal, C. S., Rohmawati, B., & Talib, T. (2022). In The Use Of Make A Match Learning Models, Scramble Learning Models, And Conventional Learning Models To Improve Student. Science Map Journal, 4(2). https://doi.org/10.30598/jmsvol4issue2pp74-81.

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.439.

Christopoulos, A., & Sprangers. (2021). Integration of educational technology during the Covid-19 pandemic: An analysis of teacher and student receptions. Cogent Education, 8(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.1964690.

Demirel, M., & Dağyar, M. (2016). Effects of Problem-Based Learning on Attitude: A Meta-analysis Study. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(8), 2115–2137. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1293a.

Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789.

Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 265–275. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126.

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian. In Madani media. Malang: Madani Media.

Flores, J. A. A. (2021). The semiotics of writing: How adult L2 learners with emergent literacy make meaning in assessment texts through writing. Journal of Second Language Writing, 51. https://doi.org/10.1016/j.jslw.2021.100793.

Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 167. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9452.

Harumini, N. L., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undikhsa, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10637.

Hendra, Y., & Rahayu, T. (2020). The Effectiveness of Teams Games Tournament (TGT) and Make A Match Learning Models on Collaboration Ability in Science Learning-Meta-Analysis. International Journal of Elementary Education, 4(4). https://doi.org/10.23887/ijee.v4i4.30205.

Hidayat, A. G., Haryati, T., Pendidikan, S., Sekolah, G., Studi, P., & Sejarah, P. (2022). Pembelajaran Tematik Integratif pada Mata Pelajaran IPS dalam Kurikulum 2013 di SDN Teke Kecamatan Palibelo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(3), 202–210. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i3.176.

Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Using Untuk Siswa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 113. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359.

Isa, M., Khaldun, I., & Halim, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 213–223. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9696.

Jamaludin, G. M., Supriatna, D., & Burhani, A. Z. (2020). the Effect of Online Learning System During the Covid-19 Pandemic on Students’ Learning Motivation and Interest in Learning. Jurnal Tatsqif, 18(2), 169–182. https://doi.org/10.20414/jtq.v18i2.2795.

Khasana, I. N., Parmiti, D. P., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan Media Monopoli Dengan Model Hannafin Dan Peck Mata Pelajaran IPS Di SD Mutiara Singaraja. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, 6(2), 205–214. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20292.

Krisdayati, & Kusmariyatni. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Minat Baca. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 156–159. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.24935.

Kurnia, R. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 3(4), 14–20.

Kusumaningrum, Parmiti, & Wibawa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4532.

Laa, N., Winata, H., & Meilani, R. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 139. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8115.

Maharani, O. D. tri, & Kristin, F. (2017). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30738/wa.v1i1.998.

Mahuda, I. (2017). Pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op Dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 31–39. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2028.

Meo, L., We’u, G., & BS, Y. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 38–52. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.97.

Murtono, M., & Utaminingsih, S. (2019). Development of Learning Models Make A Match Assisted Media Puzzle to Improve Thinking Skills of Class Fourth Elemetary School Studests. … 2019: Proceeding of the ….

Nasri, N. M., & Mansor, A. N. (2016). Teacher Educators’ Perspectives on the Sociocultural Dimensions of Self-Directed Learning. Creative Education, 07(18), 2755–2773. https://doi.org/10.4236/ce.2016.718257.

Nirmayani, L. H., & Dewi, N. P. C. P. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(3), 378–385. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39891.

Partovi, T., & Razavi, M. R. (2019). The effect of game-based learning on academic achievement motivation of elementary school studentsNo Title. Learning and Motivation, 68. https://doi.org/10.1016/j.lmot.2019.101592.

Piñeiro-Cossio, J., Fernández-Martínez, A., Nuviala, A., & Pérez-Ordás, R. (2021). Psychological wellbeing in physical education and school sports: A systematic review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(3), 1–16. https://doi.org/10.3390/ijerph18030864.

Pramilu, E., Purnomo, D., & Artharina, F. P. (2019). Pengaruh Motivasi Siswa Setelah Mendapat Model Circuit learning terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 369. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19477.

Pratama, A., & Zulherman, Z. (2022). The Effect of Cooperatif Type Make a Match Models on Science Outcome of Class V Students of SDN Semanan 11 West Jakarta. Journal of Instructional and ….

Pratiwi, R. H. (2018). Metode Pembelajaran “Make A Match” Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar IPA. Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 5(1), 37–43. https://doi.org/10.25273/florea.v5i1.2291.

Prihanawati, D. R., & Hidayah, N. (2018). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kemandirian Siswa Kelas V Sd Negeri Cibuk Lor Seyegan Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 35. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.68.

Putra, I. B. P. A., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 80. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17215.

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.18326/lisania.v1i1.1160.

Rahayu, N., Karso, K., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristik. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.30738/indomath.v2i2.4536.

Rahmah, N. (2018). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.54.

Rahmi, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2021). Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Siswa SD melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5136–5142. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1640.

Rai Sawitri, N. N., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Circ Berbasis Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa. Mimbar Ilmu, 23(2), 61–67. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16420.

Romandhon, B. F. L., Qudus, N., & Sudana, I. M. (2020). The Effectiveness Of Co-Op Co-Op &Make A Match Combination Models In Online Learning. Journal of Vocational and …, 5(2). https://doi.org/10.15294/jvce.v5i2.31506.

Setyowati, N., & Masrukan, B. E. S. M. (2016). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Mata Diklat Matematika Materi Peluang Di Kelas X AP B Semester 2 SMK N 1 Bawen. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 24–30. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4831.

Shoimin, A. (2018). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:AR-Ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.

Sukardjo, M., & Salam, M. (2020). Effect of concept attainment models and self-directed learning (SDL) on mathematics learning outcomes. International Journal of Instruction, 13(3), 275–292. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13319a.

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019.

Sunarti, Rahmawati, S., & Wardani, S. (2016). Pengembangan Game Petualangan “Si Bolang” sebagai Media Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8365.

Supardi, A. (2014). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen Dalam Peningkatan Minat Belajar. Jurnal Ilmu Penddikan Dasar, 1(2), 161–167. https://doi.org/10.30659/pendas.1.2.161=167.

Surya, Y. F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Ips Menggunakan Model Inkuiri Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(1), 12–15. https://doi.org/10.15294/lik.v46i1.10155.

Suryani, D. A. P., Sujana, I. W., & Ida Bagus Gede Surya Abadi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Mediapermainan Tts Terhadap Kompetensipengetahuan IPS Siswa Kelas V Gugus I Dalung Tahun Ajaran 2016/2017. e-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11513.

Taştan, S. B., Davoudi, S. M. M., Masalimova, A. R., Bersanov, A. S., Kurbanov, R. A., Boiarchuk, A. V., & Pavlushin, A. A. (2018). The impacts of teacher’s efficacy and motivation on student’s academic achievement in science education among secondary and high school students. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(6), 2353–2366. https://doi.org/10.29333/ejmste/89579.

Tembang, Y., Sulton, & Suharjo. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 812–817. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i6.9402.

Tinedi, V., Yohandri, Y., & Djamas, D. (2018). How Games are Designed to Increase Students’ Motivation in Learning Physics? A Literature Review. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012065.

Vista, Hermita, & Zufriady. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Question Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN 161 Pekanbaru. Jurnal Tunjuk Ajar, 2(1), 20–29. https://doi.org/10.31258/jta.v2i1.20-29.

Zarkasi, Z., & Taufik, A. (2019). Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enabled untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(2), 169–188. https://doi.org/10.21093/sy.v7i2.1787.

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Nuryadin, R. ., Idawati, & Hidayah. (2023). Model Pembelajaran Make a Match Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 651–661. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.68244

Issue

Section

Articles