Dampak Pembelajaran Fisika Menggunakan Alat Peraga Venturimeter pada Materi Fluida Dinamis

Authors

  • Liza Septia Ahmad Universitas Ahmad Dahlan, Bantul, Indonesia
  • Dian Utami Universitas Ahmad Dahlan, Bantul, Indonesia
  • Tessa Zerina Naryamastri Universitas Ahmad Dahlan, Bantul, Indonesia
  • Hari Anggito Universitas Ahmad Dahlan, Bantul, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.69230

Keywords:

Alat Peraga, Venturimeter, Pembelajaran Fisika, Fluida Dinamis

Abstract

Penggunaan alat peraga di sekolah dapat membantu guru dalam menjelaskan konsep fisika. Namun, masih sering ditemukan alat peraga yang belum digunakan secara optimal yang berdampak pada kesulitan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keberhasilan dalam pembelajaran fisika menggunakan alat peraga venturimeter pada materi fluida dinamis pada siswa kelas XI MIPA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan skema naratif deskriptif. Informan dalam penelitian ini melibatkan 36 siswa kelas XI MIPA. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dokumentasi, wawancara, observasi, dan data kepustakaan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan snowball. Penelitian ini dianalisis dengan model analisis interaktif dari Miles dan Haberman yang meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang baik yaitu lebih dari setengah siswa mampu mencapai nilai di atas KKM sekolah. Siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan alat peraga venturimeter. ketertarikan siswa pada alat peraga venturimeter terlihat dari antusiasme yang lebih tinggi saat alat peraga ini digunakan dalam pembelajaran. Ketertarikan terhadap alat peraga pada pembelajaran tersebut berdampak positif pada aktivitas pembelajaran yang ditunjukkan saat pengamatan dan evaluasi siswa yang mengalami peningkatan. Implikasi penelitian ini ialah, penggunaan alat peraga venturimeter dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep fluida dinamis secara signifikan. Dengan alat peraga ini, siswa dapat melihat secara langsung fenomena perubahan tekanan dan kecepatan aliran fluida, yang abstrak menjadi lebih konkret.

References

Ayuningtyas, P., W.W, S., & Supardi, Z. A. I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Pada Materi Fluida Statis. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 636. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p636-647.

Batlolona, J. R. (2021). Analysis of Students ’ Conceptual Understanding of Physics on the Topic of Static Fluids. 7. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7iSpecialIssue.845.

Cahyono, T. T. (2017). Pengembangan Alat Peraga Tabung Venturi untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Fluida Dinamik. Inovasi Pendidikan Fisika, Query date: 2022-12-21 12:04:18, 246–249. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/5/article/view/21235.

Dewi, F. H., Samsudin, A., & Nugraha, M. G. (2019). An investigation of students’ conceptual understanding levels on fluid dynamics using four-tier test. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/5/052037.

Dianika, A. A. I., Dewi, P., & Arini, N. W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Visual Untuk Meingkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1–9.

Diyana, T. N., Sutopo, & Sunaryono. (2020). The effectiveness of web-based recitation program on improving students’ conceptual understanding in fluid mechanics. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 219–230. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.24043.

Fidan, M., & Tuncel, M. (2019). Integrating augmented reality into problem based learning: The effects on learning achievement and attitude in physics education. Computers and Education, 142(May), 103635. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103635.

Fitri, M. J., Trisna, S., & Yanti, I. R. (2021). The Development of a Physics Module Based on the SETS Learning Model to Improve Students’ Conceptual Understanding. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(3), 254. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i3.2131.

Ganda Noor Andaru, M. Rendi Astono Sentosa, D. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 7(1), 51–55.

Herdayanti, A., Rahmatsyah, & Manurung, S. R. (2020). Development of aid tool using arduino uno sensor for dynamic fluid at senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1485(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1485/1/012003.

Hidayati, N. (2016). Konsep Integrasi Tripusat Pendidikan Terhadap Kemajuan Masyarakat. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1), 203–224. https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.811.

Jahith, J. A., Aadithya, M., Aadaikalaraj, L. A., Singh, R. A., & Vaithiyanathan, G. (2008). Experimental Study on Flow Through Venturimeter. International Research Journal of Engineering and Technology, 2448.

Jumilah, J., & Wasis, W. (2023). Development of Four-tier Diagnostic Test Instrument to Introduce Misconceptions and Identify Causes of Student Misconceptions in the Sub-topic of Bernoulli’s Principle. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5773–5781. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.4588.

Jusra, H., Rahmadiana, S., & Wahidin, W. (2020). Penerapan Metode Brainstorming Berbantu Alat Peraga terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 263. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1116.

Khotimah, S. ., & Risan, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108.

Kurniashih, R., Syarifuddin, H., & Darmansyah, D. (2019). The Influence of Guided Inquiry Learning Model on Students’ Mathematical Problem Solving Ability. 178(ICoIE 2018), 358–362. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.78.

Mahadewi, A. A. I. F., & Suniasih, N. W. (2023). Mengoptimalkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Model Kooperatif Berbantuan Permainan Edukatif Lempar Dadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.58236.

Maisyarah, S., & Prahmana, R. C. I. (2020). Pembelajaran Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Elemen, 6(1), 68–88. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1713.

Mumu, A. S., Dungus, F., & Mondolang, A. H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Alat Peraga Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(3), 179–188. https://doi.org/10.53682/charmsains.v2i3.128.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.

Permana, H., Bakri, F., Salsabila, I. H., Ambarwulan, D., Muliyati, D., & Sumardani, D. (2021). The Development of Augmented Reality Application to Explore Fluid Concepts. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(1), 53–60. https://doi.org/10.21009/1.07106.

Pertiwi, S. G., & Prahmana, R. C. I. (2020). Pembelajaran hubungan antar sudut menggunakan model pembelajaran guided inquiry. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 137–150. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.35415.

Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425.

Prihatiningtyas, S., & Putra, I. A. (2018). Rekonstruksi alat peraga fluida dinamis berbasis pendekatan sainstekmas terhadap kemampuan psikomotor mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika 2018, 161–167.

Putri, E. A. K & Jatmiko, B. (2018). Implementation Of Problem Based Learning In Dynamic Fluid Lesson To Increase Problem Solving Skill Student ’ S Clas Xi On Sman 1 Jember Elfandari Anindito Kartika Putri , Budi Jatmiko Elfandari An. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 07(01), 21–27.

Rahayu, D. N. G., Harijanto, A., & Lesmono, A. D. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 162–167.

Ruhiat, Y. (2023). Media Pembelajaran Booklet Berbasis Flipbook pada Materi Aircraft Instrument System. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6, 399–409.

Saepuzaman, D., & Yustiandi, Y. (2017). Pengembangan Alat Peraga dan Lembar Kerja Percobaan Penentuan Koefisien Restitusi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Bereksperimen. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 145–150. https://doi.org/10.21009/1.03204.

Safitri, I., Pasaribu, R., Simamora, S. S., & Lubis, K. (2019). The effectiveness of android application as a student aid tool in understanding physics project assignments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 512–520. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.19433.

Septian, D., Cari, & Sarwanto. (2017). Pengembangan multimedia interaktif berbasis learning cycle pada materi alat optik menggunakan flash dalam pembelajaran IPA SMP kelas VIII. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 6(1), 45–60.

Silalahi, W. (2018). SEJ (School Education Journal) Vol. 8. No 2 Juni 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Nomor 14 Simbolon Purba, 8(2), 112.

Subali, B., Kumaidi, Aminah, N. S., & Sumintono, B. (2019). Student achievement based on the use of scientific method in the natural science subject in elementary school. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 39–51. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.16010

Suliyati, S., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan Model Pbl Menggunakan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Curricula, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.22216/jcc.2018.v3i1.2100.

Sumiati, E., Septian, D., & Faizah, F. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 75. https://doi.org/10.25273/jpfk.v4i2.2535.

Susilo, A. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Pengukuran Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 542. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29861.

Tsarapkina, J. M., Anisimova, A. V., Gadzhimetova, B. D., Kireycheva, A. M., & Mironov, A. G. (2021). The impact of digital education transformation on technical college teachers. Journal of Physics: Conference Series, 2001(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2001/1/012030.

Ulfah, N. M., & Yani, A. (2017). The Role of Teachers in Stimulating Drawing Skills in Early Childhood in Raudhatul Athfal Kuningan, West Java. Journal of SECE (Studies in Early Chilhood Education), 4(2), 52–58.

Yanayanti, N. K. A. T., Semara Putra, D. K. N., & Sri Asri, I. G. A. A. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Medi Visual Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35483.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Ahmad, L. S., Dian Utami, Tessa Zerina Naryamastri, & Hari Anggito. (2024). Dampak Pembelajaran Fisika Menggunakan Alat Peraga Venturimeter pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 222–234. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.69230

Issue

Section

Articles