Media Monopoli dalam Pembelajaran Hafalan Al-Qur'an Juz 30 pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Aisyah Rachmawati Avivah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sidoarjo, Indonesia
  • Ainun Nadlif Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.69306

Keywords:

Media Monopoli, Pembelajaran Hafalan, Al-Qur’an

Abstract

Tidak adanya variasi media yang efektif untuk hafalan Al-Qur’an, sehingga siswa tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Monopoli dalam pembelajaran hafalan Al-Qur'an Juz 30 pada siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam verifikasi uji dari keahlian materi, media dan praktisi. Subjek uji coba penelitian yaitu uji kelompok kecil yang sebanyak delapan orang sedangkan uji perorangan sebanyak empat orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian validator media dengan nilai 87,3% dengan hasil sangat baik. Validator materi dengan nilai 88,6% dengan hasil sangat baik. Validator praktisi dengan nilai 92% mendapatkan hasil sangat baik. Hasil uji perorangan dengan nilai 87% mendapatkan hasil yang sangat baik. Hasil uji coba dalam kelompok yang kecil dengan nilai 77% dengan hasil yang baik. Disimpulkan bahwa media monopoli dalam proses penghafalan Al-Qur’an juz 30 sangat baik dan efektif dalam pembelajaran.

References

Ainia, W., Martati, B., & Rahayu., A. P. (2021). Analisis Metode Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Tahfidzhul Anak Usia Dini (Taud Saqu) Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 21–35. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 21–35. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3340.

Angraini, S., Fitria, H., & Setiawan, A. A. (2021). The Effect of Teacher Performance and Learning Media on Learning Outcomes of Elementary School Students. Journal of Social Work and Science Education, 2(2), 137–146. https://doi.org/10.52690/jswse.v2i2.237.

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446.

Arifin, Z. (2019). Pemanfaatan Media Game Monopoli Ayo Mengaji Dalam Meningkatkan Gemar Mengaji Al-Qur ` an. Jurnal Penelitian, 13(2), 197–214. https://doi.org/10.21043/jp.v13i2.6239.

Ariya, M., & Whindi Arini, N. (2021). Media Monopoli Sains MONOIN Untuk Pembelajaran IPA Pada Materi Semester I Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 268. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.37888.

Aslam, Ninawati, M., & Noviani., A. (2021). Pengembangan Media Monopoli Berbasis Kontekstual Pada Materi Jenis-Jenis Usaha Dan Kegiatan Ekonomi Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Tinggi. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v4i1.10156.

Buchori, Rahmawati, S., & Wardani, S. (2017). The Development of A Learning Media for Visualizing the Pancasila Values Based on Information and Communication Technology. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 502–521. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.12748.

Cindy, N. L. C. R., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2023). Media Pop-Up Book Berbasis Literasi Muatan IPS Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 449–465. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.58022.

Desyawati, K., Kristiantari, M. G. R., & Negara., I. G. A. O. (2021). Media Permainan Monopoli Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 168–174. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.32466.

Fathul Amin. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 12(2), 33–45. https://doi.org/10.51675/jt.v12i2.22.

Helfianti, D., Novianti, R., & Solfiah, Y. (2021). Pengembangan Media Permainan Game Geo Bus (GGS) untuk Mengenalkan Bentuk-Bentuk Geometri pada Anak Usia 4-5 Tahun. Journal of Education Research, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.42.

Hidayat, A., Sa’diyah, M., & Lisnawati., S. (2020). Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif pada Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 73–74. https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.639.

Irhas, M., Mahmud, M. E., & Rumainur., R. (2021). Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Quran Melalui Media Audio Speaker Al-Quran Di Hsg Khoiru Ummah Loa Janan Ilir Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.21093/bjpe.v1i1.3133.

Islamiyah, T. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Berbasis Permainan Monopoli. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 4(1), 37. https://doi.org/10.18860/jpips.v4i1.7301.

Khasana, I. N., Parmiti, D. P., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan Media Monopoli Dengan Model Hannafin Dan Peck Mata Pelajaran IPS Di SD Mutiara Singaraja. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, 6(2), 205–214. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20292.

Kurniawan, D. A. (2020). Penggunaan Media Belajar Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 10–15. https://doi.org/10.32665/james.v2i1.47.

Kurniawati, L., Ganda, N., & Mulyadiprana., A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran IPS SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41752.

Lestari, K. I., Dewi, N. K., & Hasanah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli pada Tema Perkembangan Teknologi untuk Siswa Kelas III di SDN 8 Sokong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 275–282. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.219.

Mahesti, G., & Koeswanti, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 30. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586.

Maqfiroh, K., & Budyawati. (2020). Pengembangan Media MOTIF (Monopoli Edukatif) dalam Pembelajaran berbasis Multiple intelligence. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 64–74. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.24230.

Mashud, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Dalam Setoran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas Vib Sekolah Dasar Islam Yakmi Tahun 2018. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 347–358. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.397.

Muvid, M. B. (2020). Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Tinjauan Hadits (Studi Analisis Tentang Hadits-Hadits Pendidikan). Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i1.1733.

Nurhasanudin, M. R., & Syah., E. F. (2022). Pengaruh Media Monopoli Pada Karangan Deskripsi Di Kelas V SDN Cikupa 4 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4769.

Nurtsany, R., Alam, P. R. N., Hodijah, L., & Tabroni., I. (2020). Penanganan Problematika Menghafal Al-Qur’an Bagi Santri Di Pondok Pesantren Baitul Quran Cirata. Lebah, 14(1), 14–19. https://doi.org/10.35335/lebah.v14i1.65.

Putri, A. D., & Harfiani, R. (2023). Problematika Kegiatan Siswa Menghafal Al-Qur’an di SMP IT Al Munadi Medan. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 796–806. https://doi.org/10.56832/edu.v2i3.276.

Ratnawati, D., Abidin, A. Z., & Zulfikar, E. (2020). Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Di Era Industri Dalam Konteks Indonesia. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1), 72–92. https://doi.org/10.24014/potensia.v6i1.8624.

Riskiani, M. A. D. P., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Media Permainan Papan Monopoli Berbasis Karakter Peduli Sosial Pada Muatan Materi IPS. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 42–61. https://doi.org/10.37286/ojs.v6i2.82.

Santoso, S. A., Husniyah, ., Himmatul, & Faruq, U. (2020). Pengaruh Hafalan Ayat AL-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Serabi Barat Bangkalan. Journal of Islamic Education An-Naba, 6(2). https://doi.org/10.37286/ojs.v6i2.82.

Sari, D. O., Shodiqin, A., & Listyarini., I. (2018). Pengembangan Media Moonstar (Monopoli Super Pintar) Pada Mata Pelajaran Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Widya Laksana, 13(2), 46–51. https://doi.org/10.33061/ww.v13i2.2260.

Sari, Y. P., Lusa, H., & Gunawan., A. (2019). Pengaruh Media Permainan Monopoli terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Gugus 15 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 229–236. https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.3.229-236.

Siregar, N., Suherman, Masykur, R., & Ningtias., R. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.32665/james.v2i1.47.

Solihin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tahfidz Al-Quran Di Sekolah Dasar. Jurnal Asy-Syukriyyah, 12(2), 154–163. https://doi.org/10.36769/asy.v21i02.108.

Suarni, S., Rapi, M., Damayanti, E., & Safei, S. (2023). Motivasi Belajar Dapat Ditingkatkan Menggunakan Media Monopoli pada Peserta Didik SMP Negeri 4 Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 15(1), 79–86. https://doi.org/10.25134/quagga.v15i1.5105.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, (9), 22–34.

Suriantara, I. G., Tegeh, I. M., & Bayu, G. W. (2022). Media Pembelajaran Sederhana Monopoli pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 535–545. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.53493.

Ulfaeni, S., Wakhyudin, H., & Saputra, H. J. (2018). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas III SDN Pedurungan Kidul 02 Semarang. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 143. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.4990.

Wijaya, A. A., Syarifuddin, & Asmi, A. R. (2022). Learning Media Based on Local History in Improving the Quality of Distance Learning. Journal of Education Research and Evaluation, 6(4), 748–758. https://doi.org/10.23887/JERE.V6I4.46484.

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941.

Zuhriyah, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 26–32. https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i2.110.

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Avivah, A. R., & Nadlif , A. . (2023). Media Monopoli dalam Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an Juz 30 pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 529–539. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.69306

Issue

Section

Articles