Media Pembelajaran Augmented reality Berbasis Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas IV SD

Authors

  • Ni Wayan Cika Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Lasmawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73179

Keywords:

Media Augmented Reality, Minat Belajar, IPA

Abstract

Rendahnya minat belajar dan karakter siswa menimbulkan beragam permasalahan. Namun, guru memiliki keterbatasan dalam menciptakan suasana belajar yang mampu meningkatkan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran augmented reality berbasis profil pelajar Pancasila unutk meningkatkan minat belajar. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (R&D) dengan menerapkan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah ahli, guru dan siswa. Uji validitas dilakukan oleh ahli dan uji kepraktisan dilakukan oleh guru dan siswa yang dianalisis dengan formula gregory. Sedangkan uji keefektifan produk dilakukan oleh siswa dengan bantuan analisis uji-t dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Augmented reality berbasis profil pelajar pancasila memperoleh hasil persentase sebesar 93% dan dinyatakan valid dan layak untuk di kembangkan, uji kepraktisan media pembelajaran Augmented reality berbasis profil pelajar pancasila untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di sekolah dasar memperoleh hasil rata-rata persentase uji kepraktisan 94% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil efektivitas diperoleh bahwa rata-rata dari pretest adalah 82,35 sedangka rata-rata dari hasil posttest adalah 84,35. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, terlihat bahwa terjadi peningkatan rata-rata minat belajar siswa saat menggunakan media. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa niai thitung 7,032 sedangkan ttabel 2,120. Hal ini berarti thitung lebih dari ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Simpulan penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran Augmented reality berbasis profil pelajar Pancasila untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di sekolah dasar dapat meningkatkan minat belajar siswa. Implikasi penelitian ini dengan adanya media AR ini siswa dapat memahami dengan baik mengenai bunga sempurna dan bunga tidak sempurna serta dimensi-dimensi profil pelajar pancasila yang dikembangkan.

References

Abdullah, N., Baskaran, V. L., Mustafa, Z., Ali, S. R., & Zaini, S. H. (2022). Augmented Reality: The Effect in Students’ Achievement, Satisfaction and Interest in Science Education. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(5), 326–350. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.5.17.

Aditama, P. W., Nyoman Widhi Adnyana, I., & Ayu Ariningsih, K. (2021). Augmented Reality Dalam Multimedia Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2, 176–182.

Agung, A. A. . (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Alalwan, N., Cheng, L., Al-Samarraie, H., Yousef, R., Ibrahim Alzahrani, A., & Sarsam, S. M. (2020). Challenges and Prospects of Virtual Reality and Augmented Reality Utilization among Primary School Teachers: A Developing Country Perspective. Studies in Educational Evaluation, 66(September 2019), 100876.1-12. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100876.

Amelia, W., Marini, A., Trilogi, U., & Jakarta, U. N. (2022). Urgensi Model Pembelajaran Science , Technology , Engineering , Arts , And Math ( STEAM ) Untuk Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 291–298. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1947.

Andini, N. P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839.

Andini, N. P. M., & Agung, A. A. G. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23887/JMT.V2I1.44839.

Carolina, Y. Dela. (2022). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448.

Devi, P., & Bayu, G. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Elisa, E., & Wiratmaja, I. (2019). Augmented reality: Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Mahasiswa. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 11(2), 73–81. https://doi.org/10.22437/jisic.v11i2.8124.

Faiza, M. N., Yani, M. T., & Suprijono, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Basicedu, 6(5), 8686–8694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3901.

Fajar, W. M., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru Melalui Program Adiwiyata Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan di SD. Mimbar Pgsd Undiksha, 9(3), 468–474. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40646.

Fernández-Batanero, J. M., Montenegro-Rueda, M., Fernández-Cerero, J., & García-Martínez, I. (2022). Digital competences for teacher professional development. Systematic Review. European Journal of Teacher Education, 45(4), 513–531. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1827389.

Fitria, T. N. (2023). Augmented Reality (AR) and Virtual Reality (VR) Technology in Education: Media of Teaching and Learning: A Review. International Journal of Computer and Information System (IJCIS) Peer Reviewed-International Journal, 04(01), 2745–9659. https://doi.org/10.29040/ijcis.v4i1.102.

Giusti, E. M., Jonkman, A., Manzoni, G. M., Castelnuovo, G., Terwee, C. B., Roorda, L. D., & Chiarotto, A. (2020). Proposal for Improvement of the Hospital Anxiety and Depression Scale for the Assessment of Emotional Distress in Patients With Chronic Musculoskeletal Pain: A Bifactor and Item Response Theory Analysis. Journal of Pain, 21(3–4), 375–389. https://doi.org/10.1016/j.jpain.2019.08.003.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/402.

Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., Kartakusumah, B., Maufur, M., & Prasetyo, T. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2045.

Lampropoulos, G., Keramopoulos, E., Diamantaras, K., & Evangelidis, G. (2022). Augmented Reality and Virtual Reality in Education: Public Perspectives, Sentiments, Attitudes, and Discourses. Education Sciences, 12(11). https://doi.org/10.3390/educsci12110798.

Maghfirani, R. T., & Romelah, S. (2023). Implementasi Nilai Kebhinekaan Global Dalam Profil Pelajar Pancasila Untuk Menghadapi Krisis Identitas Nasional. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 100–108. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.327.

Mahmud, M., & Cempaka, M. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Tematik Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Augmented Reality (AR). Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 5(2), 154–167. https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i2.3818.

Mukti, F. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) di Kelas V MI Wahid Hasyim. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(2), 299. https://doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6351.

Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054.

Okpatrioka. (2023). Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154.

Oktaviani, Y., Lusa, H., & Noperman, F. (2020). Pengaruh Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA SD Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 202–208. https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.3.202-208.

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14.

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 831–838.

Rahayu, I., & Sukardi, S. (2021). The Development Of E-Modules Project Based Learning for Students of Computer and Basic Networks at Vocational School. Journal of Education Technology, 4(4), 398. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29230.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Riskiono, S. D., Susanto, T., & Kristianto, K. (2020). Augmented reality sebagai Media Pembelajaran Hewan Purbakala. Krea-TIF, 8(1), 8. https://doi.org/10.32832/kreatif.v8i1.3369.

Salsabila, B., Akhyar, A., Setiawan, A., & Chandra, D. A. (2023). Pemanfaatan Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Kelas VII SMPN 1 Rambah. Journal on Education, 6(1), 856–863. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3002.

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249.

Seviana, R., Suharto, Y., Rosyida, F., & Masitoh, F. (2023). Aplikasi Volcano Berbasis Android Pada Materi Vulkanisme Sebagai Media Microlearning Geografi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 196–208. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59506.

Sugiyati. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, 1(2), 228–242.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian; Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suh, W., & Ahn, S. (2022). Utilizing the Metaverse for Learner-Centered Constructivist Education in the Post-Pandemic Era: An Analysis of Elementary School Students. Journal of Intelligence, 10(1). https://doi.org/10.3390/jintelligence10010017.

Sutiyono. (2021). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Journal of Nusantara Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.39.

Wibowo, V. R., Eka Putri, K., & Amirul Mukmin, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Penggolongan Hewan Kelas V Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 58–69. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.119.

Yayuk, E., Restian, A., & Ekowati, D. W. (2023). Literasi Numerasi dalam Kerangka Kurikulum Merdeka Berbasis Art Education. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 228–238. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56278.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Ni Wayan Cika Pratiwi, I Gede Margunayasa, & I Wayan Lasmawan. (2024). Media Pembelajaran Augmented reality Berbasis Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 110–122. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73179

Issue

Section

Articles