Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa dengan Model Problem-Based Learning Berbasis TPACK

Authors

  • Ida Ayu Dian Citra Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Candiasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Putu Arnyana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

PBL, TPACK, minat, hasil belajar

Abstract

Rendahnya minat dan hasil belajar menyebabkan siswa sulit untuk maju dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model PBL berbasis TPACK terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 226 siswa dan 2 kelas dalam 2 sekolah sekolah dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data penelitian diperoleh dengan metode tes berupa pilihan ganda dan non-tes berupa kuisioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (Anava dan Manova). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat perbedaan minat belajar IPA dan hasil belajar IPA siswa antara kelompok dengan model pembelajaran PBL berbasis TPACK dan kelompok dengan model pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat perbedaan minat belajar IPA antara kelompok dengan model pembelajaran PBL berbasis TPACK dan kelompok dengan model pembelajaran konvensional. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara kelompok dengan model pembelajaran PBL berbasis TPACK dan kelompok dengan model pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa model Problem-based Learning (PBL) berbasis TPACK mampu mempengaruhi minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD.

Published

2024-05-17

How to Cite

Ida Ayu Dian Citra Dewi, I Made Candiasa, & Ida Bagus Putu Arnyana. (2024). Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa dengan Model Problem-Based Learning Berbasis TPACK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/73279

Issue

Section

Articles