Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa dengan Model Problem-Based Learning Berbasis TPACK
Keywords:
PBL, TPACK, minat, hasil belajarAbstract
Rendahnya minat dan hasil belajar menyebabkan siswa sulit untuk maju dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model PBL berbasis TPACK terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 226 siswa dan 2 kelas dalam 2 sekolah sekolah dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data penelitian diperoleh dengan metode tes berupa pilihan ganda dan non-tes berupa kuisioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (Anava dan Manova). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat perbedaan minat belajar IPA dan hasil belajar IPA siswa antara kelompok dengan model pembelajaran PBL berbasis TPACK dan kelompok dengan model pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat perbedaan minat belajar IPA antara kelompok dengan model pembelajaran PBL berbasis TPACK dan kelompok dengan model pembelajaran konvensional. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara kelompok dengan model pembelajaran PBL berbasis TPACK dan kelompok dengan model pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa model Problem-based Learning (PBL) berbasis TPACK mampu mempengaruhi minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ida Ayu Dian Citra Dewi, I Made Candiasa, Ida Bagus Putu Arnyana
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.