Implementasi Model Project Based Learning: Dampaknya terhadap Sikap Nasionalisme dan Prestasi Belajar IPS

Authors

  • Made Bagiada Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Sariyasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.75166

Keywords:

Model Project Based Learning, Hasil Belajar, Sikap Nasionalisme

Abstract

Aktivitas belajar yang terpusat pada guru (teacher centered) berdampak pada rendahnya ketercapaian nilai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), rendahnya sikap nasionalisme siswa yang ditinjau dari sikap siswa yang suka bercanda ketika menyanyikan lagu wajib nasional, sikap kurang sempurna ketika hormat kepada sang saka merah putih, dan tidak memiliki rasa saling tolong menolong dalam mengerjakan tugas. Kajian ini bermaksud untuk mencari tahu 1) perbedaan hasil belajar IPS; 2) perbedaan sikap nasionalisme, 3) perbedaan hasil belajar IPS dan sikap nasionalisme secara simultan antara kelompok siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent post-test only control group design. Populasi kajian ini berjumlah 231 siswa. Sampelnya ialah siswa kelas V sekolah dasar sejumlah 46 orang. Data penelitian dalam bentuk hasil belajar IPS diperoleh melalui tes obyektif dan sikap nasionalisme diperoleh melalui kuesioner. Validasi pada instrumen hasil belajar mempergunakan formulasi Gregory, rumus korelasi Point Biserial, rumus KR-20, taraf kesukaran, dan daya beda. Validasi pada instrumen sikap nasionalisme menggunakan rumus Gregory, rumus korelasi Product Moment, dan Alpha Cronbach. Data yang telah dihimpun dianalisa mempergunakan Test of Between-Subjects Effects dan analisis MANOVA. Hasil penelitian menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar IPS dan sikap nasionalisme secara parsial maupun simultan antara kelompok siswa.

References

Alam, S. (2019). Higher Order Thinking Skills (HOTS): Kemampuan Memecahkan Masalah, Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pendidikan Seni untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 pada Era Society 5.0 | Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS). Pascasarjana UNNES, 2(1), 790–797. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/372.

Altaftazani, D. H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Membuat Seni Kolase Menggunakan Model Project Based Learning Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 185–191. https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%25p.2006.

Andini, S. R., Putri, V. M., Devi, M. Y., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran PKn dan IPS yang Inovatif dan Kreatif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5671–5681. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1760.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299.

Asyhari, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar PPKN Materi Bhinneka Tunggal Ika melalui Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 8 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 3(4), 300–305. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i4.157.

Aulia, R., & Wandini, R. R. (2023). Karakteristik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5 nomor 2(20), 4034–4040. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13889.

Budiawan. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 8 Sub Tema 1 Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 1–23. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.54394.

Dasmalinda, & Hasrul. (2020). Penerapan Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(1), 94–103. https://doi.org/10.21831/jc.v17i1.29000.

Dewi, S., B, R., & Muhajir. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan, 10(2), 191–203. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1072.

Dinantika, H. K., Suyanto, E., & Nyeneng, I. D. P. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Energi Terbarukan. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 73–80. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.473.

DJ, N., & Jumardi, J. (2022). Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8341–8348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3775.

Farida, Fitria, Y., Saputri, L., & Syawir. (2018). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Projek Based Learning (PjBL) di Kelas V SD Pembangunan UNP: Hasil Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Prosiding Seminar Nasional Hibah Program Penugasan Dosen Ke Sekolah (PDS) Universitas Negeri Padang, November, 89–95. http://pdsunp.ppj.unp.ac.id/index.php/PDSUNP/article/view/14/12.

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58.

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A Review of Project-Based Learning In Higher Education: Student Outcomes and Measures. International Journal of Educational Research, 102(November 2019), 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586.

Harefa, D. (2021). Monograf Penggunaan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Dalam Pembelajaran Fisika. Insan Cendekia Mandiri.

Harizah, D. T. D., Sumarmi, S., & Bachri, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMAN 5 Pamekasan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8(2), 104–113. https://doi.org/10.18860/jpips.v8i2.13020.

Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1–11. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/2694/2508.

Ihsan, Eddy, A., Syafrudddin, & Nila, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.41.

Jusita, M. L. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 90–95. https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p090.

Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, 5(2), 13–24. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1277639&val=16971.

Marsiti, C. I. R., Santyasa, I. W., Sudatha, I. G. W., & Sudarma, I. K. (2023). The Effect of Project-Based Blended Learning and Students’ Creativity on Eleventh-Grade Students’ Learning Achievement. International Journal of Instruction, 16(4), 805–826. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16445a.

Maulid, R. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Pengelasan Kelas XI SMK Negeri 1 Trowulan. Jptm, 11(01), 27–37. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/43572.

Monika, K. A. L., Suastika, I. N., & Sanjaya, D. B. (2023). Penerapan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Meningkatkan Sikap Gotong Royong. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 7–15. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.890.

Mujiono. (2021). Flipped Classroom: Sekolah Tanpa Pekerjaan Rumah. Jurnal Teknodik, 25(1), 67. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.457.

Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PAI. International Journal of Elementary Education, 3(2), 228–239. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517.

Muznah, Jamaludin, & Jennah, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa SDN 8 Tanantovea. Jurnal Katalogis, 8(3), 270–279. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/18043.

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262.

Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 114–126. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882.

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17493.

Nurhadiyati, A., Rusninal, & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnla Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684.

Nurhaedah, & Suarlin. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SDN 24 Batangase. International Journal of Elementary School Teacher, 2(2), 30–34. https://doi.org/10.26858/ijest.v2i2.30983.

Pernantah, P. S., Rizka, M., Ibrahim, B., & Syafiq, A. (2022). Integrasi Nilai Tradisi Bara’an Melayu Bengkalis Sebagai Sumber Penguatan Karakter Dalam Pembelajaran IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3(2), 175. https://doi.org/10.29300/ijsse.v3i2.5939.

Primayana, K. H., Lasmawan, W. I., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79. http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/index.

Putri, D. M., Idris, M., & Irawan, D. B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAID) Berbantu Media Poster Terhadap Hasil Belajar IPS. Sublim: Jurnal Pendidikan, 02(02), 207–217. https://doi.org/10.33487/sublim.v2i2.

Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264.

Ranam, S., Muslim, I. F., & Priyono, P. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Di Pesantren Modern El-Alamia Dengan Memberikan Keteladanan Dan Pembiasaan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 90. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8192.

Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Keaktifan Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN 020 Kuok. Jurnal Basicedu, 2(1), 111–119. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.32.

Ronaldo, R., & Wahyuni, D. (2022). Keniscayaan Inklusivisme dan Kedewasaan Beragama untuk Indonesia Damai. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama, 23(1), 95–106. https://doi.org/10.19109/jia.v23i1.13024.

Ruqoyyah, S., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Altaftazani, D. H. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Barang Bekas Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 126–133. https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%25p.2008.

Rustini, T., Oktari, D., & Tobing, J. A. D. E. (2023). Problematika Penggunaan TPACK pada Pembelajaran IPS di SD Kelas Tinggi. Journal on Education, 05(02), 3073–3077. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.964.

Saingo, Y. A. (2022). Penguatan Ideologi Pancasila Sebagai Penangkal Radikalisme Agama. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 147–161. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.40994.

Salouw, J. H., Suharno, & Talapessy, R. (2020). Peran Guru dalam Meningkatkan Karakter Disiplin untuk Mewujudkan Ketahanan Pribadi Siswa melalui Pembelajaran PPKn. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(3), 380–398. https://doi.org/10.22146/jkn.56318.

Saskia, S. I. (2023). Analisis Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Sikap Nasionalisme Warga Negara. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.60153/jocer.v1i1.8.

Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151.

Sucia, A. H., Purwanto, A., & Sucahyanto, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Ekoliterasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Lingkungan Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 19(02), 39–49. https://doi.org/10.21009/plpb.192.04.

Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958.

Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal Mimbar Ilmu, 3(1), 32–41. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422.

Ubaidillah. (2018). Model Pendidikan Berwawasan Kebangsaan Bagi Anak Usia Dini Sebagai Sarana Integrasi Bangsa. Journal Of Childhood Education, 2(2), 147–175. https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/38/35.

Utami, N. M. Y., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 139–151. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19178.

Widjaja, P. S. (2020). Aktualisasi Pancasila Berdasarkan Etika Kebajikan Kristiani. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 4(2), 143–168. https://doi.org/10.30648/dun.v4i2.247.

Winaya, I. M. A. (2020). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pademi Covid-19 Dengan Berbantu Lembar Keja Siswa Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 35–46. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i3.28612.

Yani, L. I., & Taufik, T. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 98. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i1.109461.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Made Bagiada, Nyoman Dantes, & Sariyasa. (2024). Implementasi Model Project Based Learning: Dampaknya terhadap Sikap Nasionalisme dan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.75166

Issue

Section

Articles