Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila melalui Model Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v7i2.78492Keywords:
Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Model Kooperatif, Tipe STADAbstract
Kondisi pembelajaran yang kurang interaktif berdampak terhadap kurangnya keoptimalan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila pada siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yakni siswa kelas V-C sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data secara kualitatif melalui observasi dan dokumentasi. Data secara kuantitatif melalui tes sebagai hasil belajar. Instrumen penelitian ini tes formatif secara tertulis. Hasil data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini pada tahap pra-siklus didapati rata-rata sebesar 58 dengan ketuntasan klasikal 30% (sangat kurang). Siklus I melalui implementasi model kooperatif tipe STAD didapati peningkatkan rata-rata sebesar 74.4 dengan ketuntasan klasikal 75% (cukup). Siklus II terdapat pengingkatan kembali rata-rata hasil belajar sebesar 85,5 dengan ketuntasan klasikal 90% (sangat baik). Dengan demikian, implementasi model kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan perolehan hasil belajar Pendidikan Pancasila pada siswa kelas V-C SDN Kepatihan 05. Implikasi penelitian ini diharapkan guru dalam merancang kegiatan belajar yang menekankan keaktifan belajar dengan menggunakan model kooperati tipe STAD guna mengoptimalkan hasil belajar siswa.
References
Adnyana, M. E. (2020). Implementasi Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(3), 496–505. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286979.
Afnita, Y. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 53–59. https://doi.org/10.56393/lucerna.v2i2.994.
Aisah, S., Mudrikah, A., & Sulastri, Y. L. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kepercayaan Diri Peserta Didik melalui Model Discovery Learning. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 9(1), 47–54. https://doi.org/10.30999/ujmes.v9i1.2677.
Andika, M. (2022). Peran Youtube sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Kemampuan Speaking. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(4), 1595–1600. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4044.
Aprizan, A., Abdulah, A., Dani, R., & Juanda, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 473–483. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1489.
Astarini, M. H., & Erawati, N. K. (2023). Penerapan Scaffolding sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Lingkaran. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 103–109. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i2.5342.
Awaliah, P. D., Wahyudin, D., & Caturiasari, J. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Bingo terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1760–1773. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9952.
Bella, B. A. A., Rohyana, H., & Zubaidi. (2024). Implementasi Pembelajaran Role Playing pada Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2289–2302. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/8665.
Destiyani, I. (2024). Peran Lingkungan Sekolah dalam Pendidikan. BENGGALA (Jurnal Ilmu Pendidikan), 1(1), 11–26. https://jurnal.amalinsani.org/index.php/benggala/article/view/324.
Fahik, M. (2023). Penerapan Metode Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Malaka Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 215–226. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.269.
Fitriani, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Partisipasi dan Prestasi Belajar (Studi pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Pagar Alam). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(2), 277–288. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i2.18525.
Hidayat, H., Mulyani, H., Arifin, N. N., & Rahmawati, N. S. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 106–115. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1479.
Huda, M. (2018). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Junistira, D. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 533–540. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.440.
Kanu, B. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas IX UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Jurnal Pendidikan Biharul Ulum Ma’Arif, 8(2), 1702–1712. https://jurnalpendidikanbum.com/index.php/jpbum/article/view/160.
Lestari, H. D., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095.
Martati, B., Mirnawati, L. B., & Firmannandya, A. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar. Proceeding UMSURABAYA, 127–133. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19721.
Masyhud, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Penuntun Teori dan Praktik Penelitian Bagi Calon Guru, Guru, dan Praktisi Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).
Muktamar, A., Yusri, H., Amirulla, Amalia, B. R., Esse, I., & Ramadhani, S. (2024). Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 untuk Membentuk Karakter Siswa. Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.62504/t3r1by91.
Pebriyanti, D., & Badilla, I. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa di Kelas pada Mata Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1325–1334. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6050.
Pusung, E. N., Tumurung, H. J., & Tombokan, S. S. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SD Inpres Kakaskasen Tiga. Edu Primary Journal, 3(4), 52–61. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/eduprimary/article/view/7166.
Rasmito, L., & Riniati, W. O. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Prosa: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 674–680. https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Prosa/article/view/4201.
Rohyana, H. (2021). Pendekataan Keterampilan Proses dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cerita Anak Kelas V. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 197–208. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3309.
Rosit, S. M., & Putri, M. F. J. L. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.61476/jpkp/v3pjha17.
Ruslan, A., Pranata, K., Azizah, N., & Fatayan, A. (2022). Analisis Peran Guru dalam Implementasi Nilai-Nilai Karakter melalui Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(6), 9908–9916. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4128.
Samar, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD SMP Negeri 1 Mamberamo Tengah. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 15(2), 64–76. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v15i2.127.
Sekarini, N. N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran STAD sebagai Upaya dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(3), 327–332. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45863.
Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sofyan, D. (2020). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Keterampilan Lay-Up Shoot Bola Basket. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 690–695. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.740.
Wadu, L. B., Kasing, R. N. D., Gultom, A. F., & Mere, K. (2021). Child Character Building Through the Takaplager Village Children Forum. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Social Science and Humanities (ANCOSH 2020), 31–35. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210413.008.
Winataputra, U. S. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gilang Eko Setyo Suharjono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.