Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Soal Teka-Teki Silang terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD

Authors

  • Ni Nyoman Triana Putri Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v7i2.80132

Keywords:

Model Pembelajaran, Teams Games Tournament (TGT), Teka-Teki Silang (TTS), Hasil Belajar IPAS

Abstract

Penggunaan model pembelajaran pada muatan pelajaran IPAS yang terjadi masih kurang variatif dan masih berpusat pada guru. Hal tersebut menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang bermakna dan siswa cendurung pasif sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan soal Teka-Teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experimental Design dan desain Non-Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah group random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan menggunakan isntrumen tes soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis. Sebelum uji hipotesis dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat normalitas sebaran data dan uji homogenitas varians. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji-t, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TGT berbantuan soal TTS terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini yakni diharapkan mampu menjadi referensi bagi guru dalam menerapkan model pembelajaran yang kreatif dalam proses pembelajaran.

References

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 104–111. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111.

Agustyaningrum, N., & Pradanti, P. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440.

Ali, L. U., Tirmayasri, T., & Zaini, M. (2021). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan papan game number one untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Konstan-Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(1), 43–51. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/konstan.v6i1.76.

Amroellah, A. (2020). Perbedaan hasil belajar matematika antara penggunaan model Team Game Tournament (TGT) dengan metode diskusi pada siswa kelas 3 SD Gugus 3 Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. CERMIN: Jurnal Penelitian, 4(2), 365–376. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i2.774.

Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 671–680.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468.

Darmayanti, L. E., Suarni, N. K., & Arnyana, I. B. P. (2021). Pengembangan tes hasil belajar IPS dan kuesioner motivasi belajar siswa kelas IV SD. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 21–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2497.

Dasar, A. A. P. G. S., & Dasar, H. S. P. G. S. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA daur kehidupan hewan siswa SD.

Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.459.

Gusti, A. R., Afriansari, Y., & Walid, A. (2020). Penilaian afektif pembelajaran daring IPA terpadu dengan menggunakan media Whatsapp. Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 2(2), 65–73. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338.

Handayani, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI The Noor Bendunganjati Pacet Mojokerto. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(2), 100–107.

Hiasa, F., Youpika, F., & Yanti, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Sastra Melayu Klasik Berbasis Android. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 421–436. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i2.322.

Juhaeni, J., Wiji, S., Wadud, A. J., Saputra, H., Azizah, I. N., & Safaruddin, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 241–247. https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.176.

Karini, N. W., Agung, A. A. G., & Wibawa, I. M. C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournament) Dengan Seting Lesson Study Terhadap Sikap Ilmiah Siswa. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 86–96. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24881.

Listyarini, D. W., As’ari, A. R., & Furaidah, F. (2018). Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Halma terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Materi Bunyi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 538–543. . https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436.

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303.

Merti, N. M. (2020). Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media audio visual guna meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris. Journal of Education Action Research, 4(3), 315–321.

Mukminah, M., Fitriani, E., Mahsup, M., & Syaharuddin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3533.

Purwanto, A. (2020). Piaget Versusvygotsky: Implikasi Pendidikan Antara Persamaan Dan Perbedaan. Journal of Industrial Engineering & Management Research.

Rusmiati, R., & Nugroho, A. S. (2019). Pengaruh model pembelajaran TGT dengan media Pop Up terhadap hasil belajar kelas IV tema 6 cita-citaku subtema 3. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 241–248. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17914.

Saadjad, D. Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Melalui Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Negeri 1 Luwuk. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 63–72. https://doi.org/https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i1.95.

Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). Penilaian ranah afektif dalam bentuk penilaian skala sikap untuk menilai hasil belajar. Edutainment, 7(1), 71–81. https://doi.org/https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164.

Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2, 278–288. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa.

Suardin, S., & Andriani, W. O. L. (2021). Studi komparatif model problem solving dengan model teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 227–234. . https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.289.

Sukri Ahmad, M. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Universitas Negeri Makassar. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.648.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.45.

Wana, P. R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas V. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 100–107. https://doi.org/https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.207.

Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100–2112. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597.

Yahya, A., & Bakri, N. W. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan aplikasi QR code terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 90–100. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12023.

Zahara, R. A., Roshayanti, F., & Priyanto, W. (2019). Pengaruh Kartu Misteri Dalam Model Pembelajaran TGT Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Journal of Education Technology, 3(4), 229–236. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22357.

Downloads

Published

2024-09-16

How to Cite

Triana Putri, N. N., Putu Nanci Riastini, & Kadek Yudiana. (2024). Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Soal Teka-Teki Silang terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(2), 331–340. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i2.80132

Issue

Section

Articles