Problem Based Learning Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP

Authors

  • I Kadek Muliarsa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • A. A. I. A. Rai Sudiatmika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Made Pujani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v7i2.83804

Keywords:

Problem Based Learning, Kearifan Lokal, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa kelas pada mata pelajaran IPA memiliki persentase yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model problem based learning bermuatan kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan megambil desain nonequivalent pretest-posttest control group design. Penelitian ini melibatkan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data yang dikumpulkan diuji dengan menggunakan statistik inferensial Mancova. Namun sebelum dilakukan pengujian hipotesis dilakukan uji asumsi yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji homogenitas matriks varians-kovarian. Setelah semua uji asumsi terpenuhi dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Mancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif antara kelompok model problem based learning bermuatan kearifan lokal dengan kelompok model problem based learning. Kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif kelompok model problem based learning bermuatan kearifan lokal berada dalam kategori sangat baik, sedangkan untuk kelompok model problem based learning berada pada kategori cukup baik. Simpulan penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model problem-based learning bermuatan kearifan lokal.

References

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Chanifah, M., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 163–168. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.109.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69.

Dharma, I. L. V. V., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 44. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21916.

Fauzia, N. L. U., & Kelana, J. B. (2021). Natural Science Problem Solving in Elementary School Students Using the Project Based Learning (PjBL) Model. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 596–603. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i4.28377.

Fransiska, A., Prasetyo, E., & Jufriansah, A. (2021). Desain LKPD Fisika Terintegrasi HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 153–158. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3098.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924.

Hesti, H. V., Novianti, R., & Tarigas, E. Y. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Trigonometri. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2), 105–116. https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.17.

Imaroh, R. D., Sudarti, S., & Handayani, R. D. (2022). Analisis Korelasi Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran Ipa Dengan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 198–204. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.580.

Immaniar, B. D., Sumarmi, S., & Astina, I. K. (2019). Pembelajaran Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal dengan Model Experiential Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(5), 648. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12431.

Jayanti, I. G. N., Rupa, I. W., Satyananda, I. M., Putra, I. K. S., Rema, I. N., Sumarja, I. M., & Sumerta, I. M. (2022). Nilai Kearifan Lokal Dalam Upaya Pelestarian Kebudayaan Di Bali. DHARMASMRTI: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 22(2), 127–135. https://doi.org/10.32795/ds.v22i2.3398.

Komariah, N., Saepudin, E., & Yusup, P. M. (2018). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pariwisata Pesona, 3(2), 158–174. https://doi.org/10.26905/jpp.v3i2.2340.

Larasati, N. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Muatan IPA Menggunakan Model Pembelajaran BARITO di Kelas V SDN 3 Landasan Ulin Barat. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 956–965. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/359.

Mahmudah, M., & Bahtiar, M. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Sebagai Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(1), 80–93. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n1.p80-93.

Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605–5613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2815.

Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar Dan Berinovasi 4C Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Kovariabel Sikap Ilmiah Pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i1.1412.

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475.

Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP PAB 9 Klambir V T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(2), 46–55. https://doi.org/10.30596/jmes.v1i1.4390.

Nurhasanah, N., Hindriana, A. F., & Sulistyono. (2020). Penerapan Model PBL Berbasis Outdoor Study Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Argumentasi Siswa. Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 8(1). https://doi.org/10.25134/edubiologica.v8i1.2980.

Oktafiona, T., Kartasasmita, B. G., & Kandaga, T. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Creative and Share (SSCS) berbantuan Kartu Masalah. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 1–11. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.

Paratiwi, T., & Ramadhan, Z. H. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(4), 603–610. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.69971.

Pramestika, N. P. D., Wulandari, I. G. A. A., & Sujana, I. W. (2020). Enhancement of Mathematics Critical Thinking Skills through Problem Based Learning Assisted with Concrete Media. Journal of Education Technology, 4(3), 254. https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.25552.

Prawiyogi, A. G., Anggraeni, S. W., & Rahayu, T. G. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 7–12. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.295.

Primasari, Y., Nuhyal Ulia, N., & Sari Yustiana, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Budaya Samin Guna Menyukseskan Gerakan Literasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.51-62.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2021). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.

Saepuloh, D., Sabur, A., Lestari, S., & Uâ, S. (2021). Improving Students’ Critical Thinking and Self-Efficacy by Learning Higher Order Thinking Skills Through Problem Based Learning Models. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(3), 495–504. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i3.31029.

Sasmita, R. S., & Harjono, N. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3472–3481. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1313.

Seibert, S. A. (2021). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z’s critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85–88. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002.

Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3129.

Sundari, D. P., Parno, & Kusairi, S. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Model Pembelajaran Terintegrasi. Jurnal Kependidikan, 2(2), 348–360.

Sundari, D. P., & Sarkity, D. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 149–161. https://doi.org/10.24014/jnsi.v5i1.15468.

Thahir, R., Magfirah, N., & Anisa, A. (2021). Hubungan Antara High Order Thinking Skills dan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi. Biodik, 7(3), 105–113. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.14386.

Ulya, F., Masturi, M., & Partaya, P. (2023). The Development of Science Learning Tools with the SSCS Model Integrated with Islamic Values to Improve Critical Thinking Skills. Journal of Innovative Science Education, 12(2), 208–214. https://doi.org/10.15294/jise.v12i2.71962.

Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Jazuli, M. I. (2022). Pengembangan Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(5), 190. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i5.15238.

Downloads

Published

2024-09-16

How to Cite

I Kadek Muliarsa, A. A. I. A. Rai Sudiatmika, & Ni Made Pujani. (2024). Problem Based Learning Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP . Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(2), 415–425. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i2.83804

Issue

Section

Articles