PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NO. 3 KAPAL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10116Keywords:
model pembelajaran NHT, hasil belajar IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA pada penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SD No. 3 Kapal tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD No. 3 Kapal, sebanyak 37 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode tes. Data yang didapatkan dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD No. 3 Kapal tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I rata-rata hasil belajar IPA siswa sebesar 72,70% pada kategori sedang dan meningkat menjadi 85,13% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi. Terjadi peningkatan sebesar 12,43%.References
Agung, A.A. Gede. 2010. “Penelitian Konvensional (Eksperimental dan Non Eksperimental)”. Makalah disajikan dalam Workshop Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. Singaraja 27 September 2010.
-------. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara: Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Dina Hidayatul. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Journal. Universitas Pakuanhttps://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiy3KqSur7TAhUBF5QKHT9aADkQFgg8MAM&url=http%3A%2F%2Fejournal.undiksha.ac.id%2Findex.php%2FJJPGSD%2Farticle%2Fdownload%2F7622%2F5197&usg=AFQjCNE7cKyYyALBVkL_hnZPr5MRBdk_vA&sig2=9yZ6UrHVcxYPoHoJR7yWmA
Elvin. 1999. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas 1 SLTP Negeri 6 Palu. Skripsi tidak diterbitkan. Palu : FKIP UNTAD.
Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.
Lie, dkk. 2004. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo.
Lie, Anita (1999). Cooperatve Learning: Mempraktikan Cooperatve Learning di Ruang Kelas, Jakarta: Grasindo.
Mitrawati. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas V SD Karya Thayyibah Baiya. artikel Sarjana pada FKIP Universitas Tadulako Palu: Tidak diterbitkan.
Nur, Muhammad, 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat sains dan matematika sekolah UNESA.
Nur, Moh, dkk. 1996. Teori Pembelajaran IPA dan Hakekat Pendekatan KeterampilanProses. Bandung: Depdikbud, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Nursiyem. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Tandaigi.Palu: Untad
Sudjana, N. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Suryanto. 2009. Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
-------. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Udani, Sri Naya Ketut. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered-Head-Togerher (NHT) untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIIC SMP N Negeri 2 Singaraja. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika. UNDIKSHA Singaraja
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)