Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Authors

  • I Putu Ari Sudana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astra Wesnawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128

Keywords:

IPA, hasil belajar, STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV A di SD No. 3 Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Badung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV A semester ganjil SD No. 3 Dalung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 orang dan objek penelitiannya adalah hasil belajar IPA. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan metode tes. Selanjutnya diolah menggunakan tehnik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menujukan bahwa persentase hasil belajar IPA siswa pada siklus I sebesar 62 % dengan katagori “Rendah” pada siklus II sebesar 88 % dengan katagori “Tinggi”. Peningkatan hasil belajar IPA dari siklus I ke Siklus II sebesar 26 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Tipe STAD dapat meningatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV A semester ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 di SD No. 3 Dalung.

References

Angga Wiguna, Sang Gede., I Wayan Widiana, Dewa Nyoman Sudana. Penerapan Pembelajaran Berbasis Otak Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Vol 5 No 2 Tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/7776).

Agung, A.A Gede. 2010. Metedologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Agusditya, Putu Handy., I.G.A.A. Sri Asri, I Made Suara. The Effect of Scientific Approach Based on Portfolio Assessment towards the Learning Outcomes of Civic Education of the Students Grade V Viewed from the Tendency of Observing Objects on Theme 7 SDN 4 Ubung. Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) Vol 1 No 1 Tahun 2017. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JERE/article/view/9842).

Agus Suarimbawa, Kadek., A. A. I. N. Marhaeni, GAP Suprianti. 2017. An Analysis of Authentic Assessment Implementation Based on Curriculum 2013 in SMP Negeri 4 Singaraja. Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) Vol 1 No 1 Tahun 2017 (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JERE/article/view/9551).

Arikunto, S DKK. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Ayu Suryaningsih, Ni Made., I Made Elia Cahaya, Christiani Endah Poerwati. 2016. Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 5. No 2 tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JPI/article/view/8559).

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : PT. Andi Yogyakarta.

Hadi, L. S., Agustriyana, Subagiyo Subagiyo. 2017. Project Based Learning on Casting of Aluminium Tensile Test Specimen for Mechanical Engineering Students, State Polytechnic of Malang on Odd Semester of Academic Year 2016/2017. Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) Vol 1 No 1 Tahun 2017. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JERE/article/view/9844).

Januarti, Ni Ketut., I Ketut Dibia, I Wayan Widiana. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Dalam Pembelajaran Membaca Cepat Siswa Kelas V Sd Gugus Vi Kecamatan Abang. Mimbar PGSD Vol 4 No 1 Tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/7442).

Jasdilla. 2016. Hasil Belajar Dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps). Journal Pendidikan Indonesia P-ISSN: 2303-288X E-ISSN: 2541-7207 Vol. 6, No.1, April 2016. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9253/6328

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Gaung Persada Press.

Jihat, Asep DKK. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : PT. Multi Press.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT. Refika Aditama.

Laba Laksana, Dek Ngurah. 2016. Miskonsepsi Dalam Materi IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 6.No 2 tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JPI/article/view/8588).

Lasmawan Wayan. 2010. Menelisik Pendidikan IPS Dalam Perspektif Kontekstual dan Empiris. Singaraja : Mediakom Indonesia Press Bali.

Oka Sugiarta, Gst Pt., I Wayan Widiana, I Dewa Kade Tastra. Penerapan Model Pembelajaran Akselerasi (Accelerated Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V di SD N 8 Banyuning. Mimbar PGSD Vol 6 No 3 Tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/8600).

Muslich, Masnur. 2011. Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung : PT. Refika Aditama.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Septiani Ari Pertiwi, Ni Luh., Ni Wayan Arini, I Wayan Widiana. 2016. analisis Tes Formatif Bahasa Indonesia Kelas IV Ditinjau Dari Taksonomi Bloom Revisi di Gugus XIII Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2015/2016. Mimbar PGSD Vol 5 No 2 Tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/7692).

Setyosari, Punaji. 2013. Metode penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta : PT. Kharisma Putra Utama.

Slavin. Robert E. 2016. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung : PT. Nusa Media.

Surata I Wayan. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013 Di SD Gugus IV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng: Universitas Pendidikan Ganesha.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : PT. Kencana Prenada Media Grup.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Konsep, Landasan Teoritis, Praktis dan implementasinya. Jakarta : PT. Prestasi Pusaka Publisher.

Trianto. 2015. Model-model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Widiana, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (Tps) Berbantuan Kartu Kerja Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).

Widiana, I Wayan. 2016. Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 6.No 2 tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JPI/article/view/8154).

Downloads

Published

2017-05-22

How to Cite

Ari Sudana, I. P., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128