Penerapan Model Pembelajaran Pemetaan Pikiran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10139Keywords:
Pembelajaran pemetaan pikiran, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn setelah penerapan model pembelajaran Pemetaan Pikiran SD Negeri 3 Banyar Anyar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Banyar Anyar Tahun Pelajaran 2016/2017, Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar adalah metode tes dengan alat pengumpulan data berupa tes hasil belajar yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan persentase rata-rata hasil belajar siswa dari 70,55 % dalam kategori sedang dan ketuntasan secara klasikal pada siklus I adalah 44,5%pada siklus I menjadi sebesar 80,6% dalam kategori tinggi pada siklus IIdan ketuntasan secara klasikal pada siklus II sebesar 94,4%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model pembelajaran Pemetaan Pikiran dapat dijadikan salah satu alternatif dalam mengajar, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn.
References
Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing
Alamsyah, M. (2009). Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi dengan Mind Mapping. Jogjakarta: Mitra Pelajar.
Anisyah,N., (2012),Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan koloid kelas XI IPA SMA Negeri 1 Seisuka tahun pembelajaran 2011/2012., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan
Arikunto. Suharsimi, 2010. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Azyumardi, Azra. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Buzan, T. (1993). Buku Pintar Mind Map untuk Anak Agar Anak Mudah Menghafal dan Berikonsentrasi. Terj. Purwoko, S. Jakarta: PT Gramedia Pustaika Utama (Buku asli diterbitkan 2005).
Buzan, T. (2004). Mind Map untuk Meningkatkan KIreativitas. Terj. Suryaputra, E. Jakarta: PT Gramedia Pustakia Utama. (Buku asli diterbitkan 2001).
Buzan, T. (2007). Buku Pintar Mind Map untuk Anak Agar Anak menjadi Pintar di Sekolah. Terj. Redjeki, S. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. (Buku asli diterbitkan 2003).
Hernowo. 2003. Quantum Reading. Bandung: Mizan Learning Center.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2011.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.Badan Standar Pendidikan Nasional.
Murda, Nyoman, dkk. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Singaraja : Undiksha
Noor Bakry, Ms. 2011.Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Paizaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Alfabeta
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwoko. T. 2007. Model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Redjeki, Sri.2007. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
-------, Sri. 2007. “Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan dan Rasio Perputaran Persediaan Terhadap Pemilihan Metode Persediaan pada Perusahaan Manufaktur Go Public di BEJ”. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Fakultas Ekononomi, Universitas Semarang.
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Tampubolon, Saur. 2011. Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah, PTK, Skripsi, dan KTI. Bogor.
Thobroni, Muhammad & Azra Azyumardi. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Tonny and Barry, Buzan. 2004. Memahami Peta Pikiran : The Mind Map Book. Batam: Interaksa
Tonny, Buzan . 2004. Mind Map : Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Yoga, D. (2007). Applied Real-Time Mind Map @ Classroom Petunjukn Praktis untuk Menerapkan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Mind Map. Dipresentasikan di Kalangan Pendidikan 9 Negara di ASIA, 2007.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)