Penerapan Model Pembelajaran Pemetaan Pikiran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV

Authors

  • Uci Ragayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I N Murda Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10139

Keywords:

Pembelajaran pemetaan pikiran, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn setelah penerapan model pembelajaran Pemetaan Pikiran SD Negeri 3 Banyar Anyar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Banyar Anyar Tahun Pelajaran 2016/2017, Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar adalah metode tes dengan alat pengumpulan data berupa tes hasil belajar yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan persentase rata-rata hasil belajar siswa dari 70,55 % dalam kategori sedang dan ketuntasan secara klasikal pada siklus I adalah 44,5%pada siklus I menjadi sebesar 80,6% dalam kategori tinggi pada siklus IIdan ketuntasan secara klasikal pada siklus II sebesar 94,4%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model pembelajaran Pemetaan Pikiran dapat dijadikan salah satu alternatif dalam mengajar, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn.

References

Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing

Alamsyah, M. (2009). Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi dengan Mind Mapping. Jogjakarta: Mitra Pelajar.

Anisyah,N., (2012),Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan koloid kelas XI IPA SMA Negeri 1 Seisuka tahun pembelajaran 2011/2012., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan

Arikunto. Suharsimi, 2010. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Azyumardi, Azra. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Buzan, T. (1993). Buku Pintar Mind Map untuk Anak Agar Anak Mudah Menghafal dan Berikonsentrasi. Terj. Purwoko, S. Jakarta: PT Gramedia Pustaika Utama (Buku asli diterbitkan 2005).

Buzan, T. (2004). Mind Map untuk Meningkatkan KIreativitas. Terj. Suryaputra, E. Jakarta: PT Gramedia Pustakia Utama. (Buku asli diterbitkan 2001).

Buzan, T. (2007). Buku Pintar Mind Map untuk Anak Agar Anak menjadi Pintar di Sekolah. Terj. Redjeki, S. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. (Buku asli diterbitkan 2003).

Hernowo. 2003. Quantum Reading. Bandung: Mizan Learning Center.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.Badan Standar Pendidikan Nasional.

Murda, Nyoman, dkk. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Singaraja : Undiksha

Noor Bakry, Ms. 2011.Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Paizaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Alfabeta

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwoko. T. 2007. Model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta

Redjeki, Sri.2007. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

-------, Sri. 2007. “Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan dan Rasio Perputaran Persediaan Terhadap Pemilihan Metode Persediaan pada Perusahaan Manufaktur Go Public di BEJ”. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Fakultas Ekononomi, Universitas Semarang.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Tampubolon, Saur. 2011. Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah, PTK, Skripsi, dan KTI. Bogor.

Thobroni, Muhammad & Azra Azyumardi. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Tonny and Barry, Buzan. 2004. Memahami Peta Pikiran : The Mind Map Book. Batam: Interaksa

Tonny, Buzan . 2004. Mind Map : Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Yoga, D. (2007). Applied Real-Time Mind Map @ Classroom Petunjukn Praktis untuk Menerapkan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Mind Map. Dipresentasikan di Kalangan Pendidikan 9 Negara di ASIA, 2007.

Downloads

Published

2017-06-01

How to Cite

Ragayanti, U., & Murda, I. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Pemetaan Pikiran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 67–74. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10139

Issue

Section

Articles