Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10144Keywords:
Penerapan picture and picture, Saintifik, Kompetensi IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA melalui penerapan model Picture And Picture berbasis Pendekatan Saintifik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan dengan metode tes, kemudian data dianalisis dengan teknik analisis satatistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 55%, selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88%. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II sebesar 38%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Picture And Picture berbasis Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD N 6 SumertaReferences
Agung, A. A. Gede. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan UNDIKSHA.
Agung, A. A. Gede. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publinshing.
Aly, Abdullah;Eny Rahma. (2009). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Akara.
Aprudin. (2012). Model-model Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli [Online]. Tersedia: http://007indien.blogspot.com/2012/05/model-model-penelitian-tindakan-kelas.html .[17 April 2013]
Astiti, Desak Kadek Sri, I Wayan Widiana. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1) pp. 30-41.
Daniel Winantara, IW., I Nyoman Laba Jayanta. (2017). Penerapan Model Pembelajaran TPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No 1 Mengwitani. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 1 No. 1.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Febrian Kurniasari, Elisabet., Eunice Widyanti Setyaningtyas. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) dengan Teknik Gallery Walk. Journal of Education Research and Evaluation. Vol. 1 No. 2.
Juniati, Ni Wayan., I Wayan Widiana. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 1 No. 1.
Kosasih, E. (2015). Startegi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kurniasih, Imas. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kuningan: Kata Pena.
Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indosesia No. 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indosesia No. 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah, 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Samatowa, Usman. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks Permata Putri Media.
Suharsimi, Arikunto.( 2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sawitra, Gita Bagus. (2015). Pengaruh Picture dan Picture berbantuan Power Point Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD di Gugus III Udayana, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2014/2015. Tersedia pada (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5748) diakses pada tanggal 18 Pebruari 2016.
Suryadi, Ace. (2009). Mewujudkan Masyarakat Pembelajar. Bandung: Widya Aksara Pres.
Utami Ulan Dewi, Gusti Ayu Ketut., I Wayan Widiana, I Ketut Dibia. (2016). Analisis Interaksi Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1 sdn 1 Nawa Kerti. Mimbar PGSD. Vol. 4 No. 1.
Tillar. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Trianto, (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Widiana, Wayan., dkk. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kepercayaan Diri Terhadap hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3 No. 1 Tahun 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)