Pengembangan Pendidikan Multikultur Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar

Authors

  • G.A. Putu Sukma Trisna Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10145

Keywords:

Pendidikan multikultur, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan inovasi pengembangan materi dan model pendidikan multikultur dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Secara rinci, tujuan penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi kesiapan personal dan profesional guru dalam melaksanakan pendidikan multikultur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) mengidentifikasi dan memformulasikan struktur materi pendidikan multikultur yang layak dikembangkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar, (3) memetakan dan menganalisis instrumen penilaian yang selama ini dikembangkan oleh guru dalam pendidikan multikultur pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar, serta (4) memetakan dan menganalisis hambatan utama guru dalam mengembangkan pendidikan multikultur pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development), dengan instrumen pengumpul data berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, tes hasil belajar, dan angket terbuka.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sekolah dan guru telah memiliki kesiapan yang cukup signifikan untuk dilibatkan dalam pengembangan model pendidikan multikultur, (2) pengorganisasian materi pendidikan multikultur saat ini masih terintegrasi dengan materi Bahasa Indonesia serta bersifat sparated, (3) penilaian yang saat ini dikembangkan oleh guru lebih mengacu pada penilaian produk atau hasil belajar dengan menggunakan tes tertulis bentuk uraian dan isian singkat, (4) hambatan utama guru dalam mengembangkan pendidikan multikultur adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan mereka tentang model-model pendidikan multikultur dan terbatasnya media pembelajaran yang bisa digunakan untuk memfasilitasi pengalaman-pengalaman personal dan sosiokultural siswa dalam kehidupan masyarakat, yang mencakup: konsepsi sosial, konsepsi kultural, dan konsepsi personal dalam balutan pembelajaran Bahasa Indonesia

References

Alwasilah, A.C. (2006). Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Aly, Abdullah. (2005). ”Pendidikan Multikultural dalam Tinjauan Pedagogik”. Makalah dipresentasikan pada Seminar Pendidikan Multikultural sebagai Seni Mengelola Keragaman, yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial (PSB-PS) Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Andersen dan Cusher. (1994). Multicultural and Intercultural Studies, dalam Teaching Studies Of Society And Environment (ed. Marsh, C) Sydney: Prentice-Hall.

Appiah, K. A. (2004). Identity, Authenticity, Survival: Multicultural Societies and Social Reproduction. Dalam Amy Gutmann (Ed), Multiculturalism. Princeton, Ney Jersey: Princeton University Press.

Arsyad Khudri. (2010). Pendidikan Multikultural, Solusi Tepat Atasi Defisit Demokrasi di Indonesia; Suatu Kajian Pendidikan yang Humanis.

Asyar’i, L. (2004). Membebaskan Diri dari Keterikatan Lokal. Kompas.

Banks, J. and Banks. (1995). Teaching strategies for ethnic studies. Boston: Allyn and Bacon.

Banks, James A. (ed.). 1989. Multicultural Education: Issues and Perspectives. Boston-London: Allyn and Bacon Press.

Daniel Winantara, IW., I Nyoman Laba Jayanta. (2017). Penerapan Model Pembelajaran TPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No 1 Mengwitani. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 1 No. 1.

Depdiknas. (2016). Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar 2016. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dodd, C. H. (2008). Dynamics of Intercultural Communication (Tifth Edition). New York: McGraw-Hill.

Dwitha, Evayanti & Made Sumantri. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas IIIA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1) pp. 42-50.

Educational for Democracy Project. (2012). Education for democracy. American Federation of Teachers, 313 (5), 57-62.

Febrian Kurniasari, Elisabet., Eunice Widyanti Setyaningtyas. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) dengan Teknik Gallery Walk. Journal of Education Research and Evaluation. Vol. 1 No. 2.

Hernandez, Hilda. (1989). Multicultural Education: A teacher Guide to linking Context, Process, and Content, New Jersy & Ohio : Prentice Hall.

Lasmawan, W. (2015). Nasionalisme dikalangan masyarakat pedesaan (studi eksploratif pendidikan politik oleh partai politik di Kecamatan Kintamani – Bangli). (Laporan Penelitian). Singaraja: Lembaga Penelitian Undiksha.

M. Ainul Yaqin. 2005. Pendidikan multikultural Ragita Adiputra, Ida Bagus. (2012). Analisis Butir Soal Tes Ulangan Akhir Semester IPS Terpadu Buatan MGMP IPS Kabupaten Gianyar Kelas VII Semester 1. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 1 No. 1.

Septina Witari Dewi, Gusti Ayu Made., Ni Ketut Suarni, I Wayan Widiana. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Tandur Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Mimbar PGSD. Vol. 2 No. 1.

Sudiatmika, dan Lasmawan. (2012). Pengembangan Model Pendidikan Multikultur Berbantuan Modul: cross-cultural understanding untuk demokrasi dan keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.

Mahfud, A. (2014). Model pengorganisasian materi Bahasa Indonesiadi SMU (Studi kebijakan dalam konteks pendidikan sekolah). (Laporan Penelitian). Palu: Lemlit UNTAD.

Mahfud, C. (2008). Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maria, H. (2011). Asimilasionisme vs Multikulturalisme. Kompas, 14 Maret 2001.

McCarthy, C. (2014). Multicultural discourses and curriculum reform: A critical perspective. Educational Theory, number 44-vol.1, page 81-83.

O’Sulivan, 1994) T. (Ed). (2014). Key Concept in Communication Cultural Studies. New York: Routledge, Pub.

Tilaar, H.A.R (2004). Multikulturalisme Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Tranformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grassindo.

Winatasaputra, U. (2008) “Multikulturalisme Bhinneka Tunggal Ika dalam Perspektif Pendidikan Kewrganegaraan sebagai Wahana Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia” dalam Dialog Multikultural untuk Membina Kerukunan Antar Umat Beragama. Bandung: JICA FPMIPA UPI.

Downloads

Published

2017-06-01

How to Cite

Sukma Trisna, G. P. (2017). Pengembangan Pendidikan Multikultur Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 107–112. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10145

Issue

Section

Articles