Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn

Authors

  • Nani Mediatati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Istiana Suryaningsih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146

Keywords:

Model pembelajaran course review horay, media flipchart, hasil belajar PKn

Abstract

Model pembelajaran PKn dengan ceramah dan tidak digunakannya media  menyebabkan siswa mudah bosan dan kurang aktif  dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil tes, hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Bugel 01 Salatiga yang tuntas mencapai KKM  ≥70 hanya 37,5% dan 62,5% belum tuntas. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui penggunaan model pembelajaran course review horay dengan media flipchart. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri  dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 16 orang. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif untuk data kuantitatif  yaitu membandingkan ketuntasan hasil belajar PKn siswa pada kondisi awal, siklus I dan siklus II serta analisis kritis untuk data kualitatif dari hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa dengan KKM ≥70 setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 75% dan pada siklus II mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini  dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran course review horay dengan media flipchart dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Bugel 01 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

References

Agus Suarimbawa, Kadek., AAIN Marhaeni, GAP Suprianti. (2017). An Analysis of Authentic Assessment Implementation Based on Curriculum 2013 in SMP Negeri 4 Singaraja. Journal of Education Research and Evaluation. Vol. 1 No.1.

Agus, Suprijono. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Armirifi, (2012). Course Review Horay. (Online). (http//armirifi.blogspot. com./2012/12/course-review-horay.html, diakses 28 februari 2013).

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Lampiran Peranturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Tersedia di file http://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/isi/Standar_Isi.pdf. [diunduh pada tanggal 30 Januari 2016]

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Dwitantra.(2010). Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH). [Online]. Tersedia: http://cheliemarlangen.blogspot.com/[27 Februari 2013].

Ernawati, dkk. (2009). Tata BusanaJilid 1 untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Fathurrohman dan Wuri Wuryandari. (2011). Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar untuk PGSD dan Guru SD. Yogyakarta: Nuha Litera

Fatimah, Vita Nur. (2013). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Menggunakan Model Course Review Horay (CRH) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD N Pledokan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi UKSW. Tersedia di http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4488. [diunduh pada tanggal 30 Januari 2016]

Fitriani, Siska. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SD N Winong 01 Kecamatan Pati Kabupaten Pati Semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi UKSW. Tersedia di http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5278. [diunduh pada tanggal 30 Januari 2016]

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kata Pena

Kustandi, Cecep dan Bambang Sudjipto. (2013). Media Pembelajaran; Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia

Kusumarini, Endah. (2012). Model Pembelajaran Course Review Horay. Tersedia pada http://rin-kuchiki.blogspot.com/2012/06/model-pembelajaran-course-review-horay. html(diakses pada tanggal 17 Desember 2012).

Mawardi dan Suroso. (2009). Pengembangan Pendidikan SD. Salatiga: Widya Sari Press

McCarthy, C. (2014). Multicultural discourses and curriculum reform: A critical perspective. Educational Theory, number 44-vol.1, page 81-83.

Nur, Malechah. (2011). Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horey (CRH) dan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan LKS pada Siswa Kelas VII Semester II SMPN 2 Sayung Demak Tahun Pelajaran 2010/2011. Diperoleh pada Agustus 2014. http://andynuriman.files.wordpress.com/2011/10/nur-malechah.p.

Nurliawaty, Lilis., Mujasam., Irfan Yusuf & Sri Wahyu Widyaningsih. (2017). Lembar kerja peserta didik (LKPD) Berbasis problem solving polya. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 6, No.1, pp: 72-81

O’Sulivan, 1994) T. (Ed). (2014). Key Concept in Communication Cultural Studies. New York: Routledge, Pub.

Parwati, NN. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Kearifan Lokal Pada Siswa SMP di Kota Singaraja. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 4 No. 2.

Pratiwi, Desi Eka. (2013). Penerapan Media Papan Balik (Flipchart) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Skripsi Universitas Negeri Surabaya. Tersedia di file Https://Id.Scribd.Com/Doc/189289720/Penerapan-Media-Papan-Balik-Flipchart-Pada-Pembelajaran-Tematik-Untuk-Meningkatkan-Hasil-Belajar-Siswa-Sekolah-Dasar [diunduh pada tanggal 09 Februari2016]

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sanaky, Al Hujair. (2013). Media Pembelajaran Interaktif dan Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima

Tampubolon, Saur. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Utami, Dwi Tyas. (2010). Panduan PAKEM PKn SD. Jakarta: Erlangga

Yuni Suantini, Ni LP., I N Jampel, I W Widiana. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV di Gugus II Kecamatan Gerokgak. Mimbar PGSD. Vol. 1 No. 1.

Widiana, I Wayan. (2016). E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Statistik Inferensial. Prosiding Semnas Hasil Penelitian. (http://jurnal.unmas.ac.id/index.php/pros/article/view/340)

Widiana, I W., I N Jampel. (2016). Learning Model and Form of Assesment toward the Inferensial Statistical Achievement By Controlling Numeric Thingking Skills. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). Vol. 5 No. 2.

Downloads

Published

2017-06-01

How to Cite

Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113–121. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146

Issue

Section

Articles