Penerapan Model Pembelajaran Ips Berbasis Nilai-Nilai Tradisi Kebo-Keboan Di Sekolah Dasar Negeri 1 Singojuruh Kabupaten Banyuwangi Untuk Melestarikan Budaya Lokal
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10147Keywords:
pembelajaran IPS, tradisi kebo-keboan, budaya localAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan hasil pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai tradisi kebo-keboan di SDN 1 Singojuruh untuk melestarikan budaya lokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa untuk melestarikan budaya lokal mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan pada siklus I dan II, pada siklus I siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum sebesar 56,88% dengan nilai rata-rata 73,34 dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 78,50% dengan nilai rata-rata 78,20. Kesimpulan dalam penelitian inii adalah penerapan pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai tradisi kebo-keboan dapat meningkatkan hasil belajar dan melestarikan budaya lokalReferences
Agung A. A. Gede. (2014). Arah Penelitian Pendidikan Dasar(Ke-SD-an) Berorientasi Kurikulum 2013. Makalah disajikan dalam Seminar Akademik jurusan PGSD, UNDIKSHA, Singaraja 14 Oktober 201
Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Azwar, S. (2013). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dibia, I Ketut, I Putu Mas Dewantara, I Wayan Widiana (2017). Pemberdayaan Teknik Bercerita Berbasis Budaya Bali Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Pribadi Siswa Kelas V SD Mutiara Singaraja. Journal of Education Research and Evaluation. Vol.1 (2) pp. 113-119.
Hutama, F.S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Using Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 5, No.2, Oktober 2016. pp: 785-797.
Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rineka Cipta.
Kurniasih. Imas dan Berllinn Sani. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena
Mahendrawan, I Gede Setya, I Nyoman Murda, I Wayan Widiana. (2016). Analisis Rekonstruksi Nilai-Nilai Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Dengan Kurikulum 2013. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 6 No: 3 Tahun: 2016
Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang STandar Penilaian Pendidikan
Permendikbud No. 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
Senen, A. (2013). Menumbuhkan Sikap Mendem Jero Mikul Duwur Melalui Pembelajaran IPS (Suatu Kajian Pendidikan Nilai Berbasis Kearifan Lokal Budaya Jawa). Prosiding Seminar Nasional Implementasi Kurikulum 2013 dan Aktualisasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Upaya Memantapkan Insan Berkarakter, hlm 178-186. Banjarmasin: Jurusan Pendidikan IPS FKIP Unlam, Program Pascasarjana Pendidikan IPS Unlam dan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia (HISPISI) Banjarmasin.
Sindhunata. (2000). Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sutopo, H.B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebalas Maret.
Tilaar, H.A.R. (20000. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Wardhani, I.G.A.K dan Wihardit, K. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wiriaatmadja, R. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)