PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS

Dewa Ayu Ketut Suarni

Abstract


Data yang masih rendah pada siswa kelas V semester I di SD Negeri 21 Dauh Puri tahun pelajaran 2016/2017 menuntun peneliti untuk melakukan penelitian tindakan, mengingat penelitian dilakukan di kelas maka penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V semester I di SD Negeri 21 Dauh Puri tahun pelajaran 2016/2017 dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Dalam pelaksanaannya di lapangan, peneliti memberikan tahapan berupa siklus yang masing-masing tediri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi/pengumpulan data diakhiri dengan tahap refleksi yang termasuk melakukan analisis terhadap data yang sudah diperoleh. Setelah data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh peningkatan hasil yang sesuai harapan tujuan penelitian ini. Data tersebut adalah peningkatan yang terjadi dari awal dimana peserta didik baru mampu mencapai ketuntasan belajar 22,85% dengan rata-rata kelas 59,71 dan pada siklus I telah meningkat ketuntasan belajar menjadi 37,14% dengan rata-rata kelas 62,57 dan pada siklus II sudah meningkat sesuai harapan yaitu ketuntasan mereka sudah mencapai 97,14% dengan rata-rata kelas 73,14. Indikator keberhasilan penelitian pada siklus II membuat agar prosentase ketuntasan belajar mereka mencapai minimal 85% dengan rata-rata kelas 65. Sedangkan data yang diperoleh sudah melebihi indikator tersebut. Oleh karenanya peneliti berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam proses belajar mengajar mampu meningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas V semester I di SD Negeri 21 Dauh Puri tahun pelajaran 2016/2017.

Keywords


Model Pembelajaran Problem Based Learning; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arnyana, Ida Bagus Putu. 2004. Pengembangan Perangkat Model Belajar Berdasarkan Masalah Dipandu Strategi Kooperatif serta Pengaruh Implementasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Basil Belajar Siswa Sekolak Menengah Atas pada Pelajaran Ekosistem. Disertasi. UNM.

Barrows. U.S. & Myers.A.C. 2002. Problem Based Learning in Seconda Schoosl. Unpublished Monograph. Springtield. II : Problem Based Learning Institute. Lanphier High School and Southern Illionis University Medical School.

Dewi, Kadek Arida Purnama, I KT Gading, Dewa Nym Sudana. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.

Gallagher, Shelagh A & Stepien. William J. 1995. Implementing Problem Based Learning in Science Classroom. School Science and Mathemathic.

Gunantara, Gd. Md Suarjana, Pt. Nanci Riastini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1

Ibrahim, Nur, dan Ismono. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.

I.L. Pasaribu dan B. Simandjuntak 1983 Proses Belajar Mengajar, Penerbit Tarsito, Bandung.

Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media: Jakarta.

Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbti: Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.

Suratinah Tirtonegoro. 2001. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Siswantara, I Gd. Agus, I. B. Surya Manuaba, I Gd. Meter. 2013. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri 8 Kesiman. Mimbar PGSD Vol 1, No 1

Verastuti, Ni Luh Dian. 2011. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran PBL (PBL) Berfasilitas Media Grafis Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Di SDN 2 Penyaringan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Undiksha.

Wahyuni, Putu Dian, Luh Putu Putrini Mahadewi, Dewa Nyoman Sudana. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar.

Wulandari, Bekti. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Plc Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997

Article Metrics

Abstract view : 1374 times
PDF file view : 1745 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.