Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SD/MI

Authors

  • Ahmad Arifuddin IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Syibli Maufur IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Farida Farida IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13721

Abstract

Abstract

This study aims to determine how much influence the application of puzzle props by using demonstration methods to student’s learning motivation on learning mathematics in SD / MI. This research is a quantitative research, using One Shot Case Study design. Data collection techniques used were questionnaires and observations. Subjects in this study were all students of grade IV-1 MI An-Nur Cirebon City which amounted to 38 students. The technique of data analysis used in this research is questionnaires test, determination test and Coefisient Regression Test. Based on regression test results, it is found that the significance value of 0.000. So that the significance value is smaller than 0.05 and t arithmetic of 6,608 is greater than t table of 2.03011, then Ho is rejected. This means that the application of puzzle props by using demonstration method on learning mathematics have a significant influence to student's learning motivation in class IV MI An-Nur Cirebon City.

References

DAFTAR PUSTAKA

Akhdinirwanto, R. W. (2011). Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa SMP Negeri 5 Wates. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (pp. 93-100). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Arifuddin, A., & Arrosyid, S. R. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga Jembatan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 165-178.

Arikunto, S. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arjanggi. (2012). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Bangun Ruang pada Pembelajaran Matematika. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Astuti, N. M., Parmiti, D. P., & Wirya, I. N. (2014). Penerapan Metode Bermain Puzzle Berbantuan Brain Gym untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Anak Usia Dini. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

BSNP. (2006). Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD/MI. Jakarta: Dharma Bakti.

Elan, Muiz, D. A., & Feranis. (2017). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 66-75.

Fuadiah, N. F., Zulkardi, & Saleh, T. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Geometri dan Pengukuran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di SD Negeri 179 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika.

Lestari, N. K., Raga, I. G., & Sudatha, I. G. (2014). Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Pengenalan Bilangan. e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha .

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sartika, R. (2012). Penggunaan Alat Peraga Kertas Berpetak pada Pembelajaran Matematika Kelas V MIS Al Mustaqim Sungai Raya. Pontianak: FKIP Universitas Tanjungpura .

Sudjana, N. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Sugiarta, I. A., Gitakarma, M. S., & Nugraha, I. P. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Kelistrikan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan Siswa Kelas X.MIA1 SMAN 2 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal JPTE, 4(1).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Alfa Beta.

Sundayana, R. (2016). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2018-04-30

How to Cite

Arifuddin, A., Maufur, S., & Farida, F. (2018). Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SD/MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10–17. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13721