Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13793Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah pola asuh otoriter, demokratis dan permisif secara bersama-sama menunjukkan adanya hubungan dengan perkembangan nilai moral agama, sosial emosional, bahasa, kognitif dan fisik motorik. Penelitian ini dilakukan di TK Kuntala Dewi III Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal Badung, dengan sampel sebanyak 42 siswa yang ada pada TK Kuntala Dewi III. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian hanya hipotesis utama tidak merinci lebih jauh pada bagian-bagian yang lebih kecil. Adapun hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan secara bersama-sama antara pola asuh demokratis, otoriter, permisif dengan perkembangan nilai moral dan agama, perkembangan sosial emosional, perkembangan bahasa, perkembangan kognitif, perkembangan fisik. Analisis data penelitian menggunakan teknik korelasi kanonikal. Pengolahan data korelasi kanonikal dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS-16
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah pola asuh otoriter, demokratis dan permisif secara bersama-sama menunjukkan adanya hubungan dengan perkembangan nilai moral agama, sosial emosional, bahasa, kognitif dan fisik motorik. Penelitian ini dilakukan di TK Kuntala Dewi III Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal Badung, dengan sampel sebanyak 42 siswa yang ada pada TK Kuntala Dewi III. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian hanya hipotesis utama tidak merinci lebih jauh pada bagian-bagian yang lebih kecil. Adapun hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan secara bersama-sama antara pola asuh demokratis, otoriter, permisif dengan perkembangan nilai moral dan agama, perkembangan sosial emosional, perkembangan bahasa, perkembangan kognitif, perkembangan fisik. Analisis data penelitian menggunakan teknik korelasi kanonikal. Pengolahan data korelasi kanonikal dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS-16 for windows. Berdasarkan hasil anilisis data, maka dapat disimpulkan dua variabel dependent dan variabel independen memiliki hubungan yang signifikan. Dengan perkataan lain terdapat hubungan antara pola asuh otoriter, demokratis, dan permsisif dengan perkembangan nilai moral, sosial emosional, bahasa, kognitif, dan fisik motorik jika dilakukan pengujian secara kelompok. Dari tiga variabel independen, ada satu variabel yang memiliki hubungan yang sangat tinggi yaitu pola asuh demokratis. Dengan demikian dapat diartikan pola asuh demokratis berpengaruh terhadap perkembangan moral agama, soasial emosional, bahasa, kognitif, dan fisik motorik
References
Anzwar. 2003. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Liberty.
Amelia, Esa. 2014. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perkembangan Sosial Dan Bahasa Anak Di Paud Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Muhamadiyah.
Andrade, dkk. 2005. Family environmental and child’s cognitive development: an epidemiological approach. UFBa Rua Padre Feijo, 294 andar, hal: 2
Blair, C & Diamond, A. 2008. Biological Processes in prevention and intervention: The Promotion of self-regulation as means of preventing school failure. Develompent and Psyhopatology. Vol 20:h 899-911
Danny I Y T. 1991. Kepribadian Keluarga Narkotika. Jakarta : Arcan.
Dewi & Pujiastuti. 2012. Hubungan Pola Asuh Dengan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah di TK Kartika X-9 Cimahi 2012. Cimahi: STIKES Jendral Sudirman.
Djiwandono & Sri E W. 2008. Psikologi Pendidikan. Cetakan Keempat. Jakarta: PT Grasindo.
Edward D C. 2006. Ketika Anak Sulit Diasuh: Panduan Orang Tua Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Elizabeth B. Hurlock 1990. Perkembangan Anak/Child Development, Terj. Meitasari Tjandrasa. Jakarta : Erlangga
Fatimah, Listriana. 2012. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak di R.A Darussalam Desa Sumber Mulyo, Jogoroto, Jombang. Jombang: FIK UNIPDU Jombang.
Gunarti, dkk. 2014. Metode Pengembangan Perilaku dan Anak Usia Dini. Banten: Universitas Terbuka.
Krisdiyanto, Endra, dkk. 2013. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Motorik Anak Usia 3-5 Tahun. Semarang: STIKES Telogorojo.
Singgih D. Gunarsa. 1995. Psikologi Keperawatan. Jakarta : PP BPK Gunung Mulia.
Soetjiningsih. 2005. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC.
Somantri, T. S. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)