Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini

Authors

  • AA Sri Asri

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13793

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk  mengetahui  apakah pola asuh otoriter, demokratis dan permisif secara bersama-sama menunjukkan adanya hubungan dengan perkembangan nilai moral agama, sosial emosional, bahasa, kognitif dan fisik motorik. Penelitian ini dilakukan di TK Kuntala Dewi III Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal Badung, dengan sampel sebanyak 42 siswa yang ada pada TK Kuntala Dewi III. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian hanya hipotesis utama tidak merinci lebih jauh pada bagian-bagian yang lebih kecil. Adapun hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan secara bersama-sama antara pola asuh demokratis, otoriter, permisif dengan perkembangan nilai moral dan agama, perkembangan sosial emosional, perkembangan bahasa, perkembangan kognitif, perkembangan fisik. Analisis data penelitian menggunakan teknik korelasi kanonikal. Pengolahan data korelasi kanonikal dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS-16

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk  mengetahui  apakah pola asuh otoriter, demokratis dan permisif secara bersama-sama menunjukkan adanya hubungan dengan perkembangan nilai moral agama, sosial emosional, bahasa, kognitif dan fisik motorik. Penelitian ini dilakukan di TK Kuntala Dewi III Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal Badung, dengan sampel sebanyak 42 siswa yang ada pada TK Kuntala Dewi III. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian hanya hipotesis utama tidak merinci lebih jauh pada bagian-bagian yang lebih kecil. Adapun hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan secara bersama-sama antara pola asuh demokratis, otoriter, permisif dengan perkembangan nilai moral dan agama, perkembangan sosial emosional, perkembangan bahasa, perkembangan kognitif, perkembangan fisik. Analisis data penelitian menggunakan teknik korelasi kanonikal. Pengolahan data korelasi kanonikal dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS-16 for windows. Berdasarkan hasil anilisis data, maka dapat disimpulkan dua variabel dependent dan variabel independen memiliki hubungan yang signifikan. Dengan perkataan lain terdapat hubungan antara pola asuh otoriter, demokratis, dan permsisif dengan perkembangan nilai moral, sosial emosional,  bahasa, kognitif, dan fisik motorik jika dilakukan pengujian secara kelompok. Dari tiga variabel independen, ada satu variabel yang memiliki hubungan yang sangat tinggi yaitu pola asuh demokratis. Dengan demikian dapat diartikan pola asuh demokratis berpengaruh terhadap perkembangan moral agama, soasial emosional, bahasa, kognitif, dan fisik motorik

 

References

Anzwar. 2003. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Liberty.

Amelia, Esa. 2014. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perkembangan Sosial Dan Bahasa Anak Di Paud Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Muhamadiyah.

Andrade, dkk. 2005. Family environmental and child’s cognitive development: an epidemiological approach. UFBa Rua Padre Feijo, 294 andar, hal: 2

Blair, C & Diamond, A. 2008. Biological Processes in prevention and intervention: The Promotion of self-regulation as means of preventing school failure. Develompent and Psyhopatology. Vol 20:h 899-911

Danny I Y T. 1991. Kepribadian Keluarga Narkotika. Jakarta : Arcan.

Dewi & Pujiastuti. 2012. Hubungan Pola Asuh Dengan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah di TK Kartika X-9 Cimahi 2012. Cimahi: STIKES Jendral Sudirman.

Djiwandono & Sri E W. 2008. Psikologi Pendidikan. Cetakan Keempat. Jakarta: PT Grasindo.

Edward D C. 2006. Ketika Anak Sulit Diasuh: Panduan Orang Tua Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Elizabeth B. Hurlock 1990. Perkembangan Anak/Child Development, Terj. Meitasari Tjandrasa. Jakarta : Erlangga

Fatimah, Listriana. 2012. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak di R.A Darussalam Desa Sumber Mulyo, Jogoroto, Jombang. Jombang: FIK UNIPDU Jombang.

Gunarti, dkk. 2014. Metode Pengembangan Perilaku dan Anak Usia Dini. Banten: Universitas Terbuka.

Krisdiyanto, Endra, dkk. 2013. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Motorik Anak Usia 3-5 Tahun. Semarang: STIKES Telogorojo.

Singgih D. Gunarsa. 1995. Psikologi Keperawatan. Jakarta : PP BPK Gunung Mulia.

Soetjiningsih. 2005. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC.

Somantri, T. S. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama

Downloads

Published

2018-04-30

How to Cite

Sri Asri, A. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13793