Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video interaktif menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 pada pembelajaran IPA Tematik Integratif materi peredaran darah manusia di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengacu pada 9 langkah yang dikembangkan oleh model Dick and Carey. Adapun subjek di dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDIT Insan Madani yang berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket validasi untuk para ahli (materi, media, bahasa, dan guru), lembar studi pendahuluan untuk siswa, dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video interaktif memperoleh persentase nilai akhir (NP) dari ketiga pakar sebesar 88,7% dengan kategori “Sangat Baik”. Penilaian dari guru kelas menunjukkan persentase sebesar 85,7% dengan kategori “Sangat Baik”. Penilaian respon peserta didik pada ujicoba satu-satu menunjukkan persentase sebesar 94,8% dengan kategori “Sangat Baik. Penilaian respon peserta didik pada ujicoba kelompok terbatas menunjukkan persentase sebesar 95,3% dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan penilaian siswa pada ujicoba lapangan menunjukkan persentase sebesar 87,8% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji efektifitas media menunjukkan bahwa thitung (6.32) > ttabel (2,05) yang artinya efektif untuk diterapkan di dalam pembelajaran.References
Awang, I. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 1–17.
Mudlofir, Ali & Evi Fatimatur, R. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Depok : Rajagrafindo Persada.
Nicolas, Y.,dkk. (2015). Media Interaktif Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal Infra.1-6
Niswa, A. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Mendengarkan Berbasis Video Interaktif Bermedia Flash Kelas VIID SMP Negeri 1 Kedamean. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol 1, No 1, 1-18.
Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo, Andi. (2014) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta :Prenadamedia Group.
Priyanto, D. (2009). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer. Insania, Vol 14, No 1, 1–13.
Suparman, Atwi. (2014). Desain Instruksional Modern. Jakarta : Erlangga.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi , Arikunto & Jabar, Cepi S.A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Sudijono.(2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Depok : PT.Rajagrafindo Persada.
Syofyan, H & Ismail, I. (2018). Pembelajaran Inovatif dan Interaktif Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Qhordul Hasan, Vol. 4, No. 1
Syofyan, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Melalui Metode Resitasi di SD Al Azhar Syifa Budi Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 6, No 1, 134–150.
Trianto. (2015). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Prenadamedia Group.
Yasa, K. A., dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Materi Elektro Listrik untuk Kelas XI MIPA dan IPS di SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Vol 14, No 2, 199–209.
Yaumi, Muhammad. (2013). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta : Prenadamedia Group.
Wibowo, J. E. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Makalah disampaikan dalam Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)