Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Discovery Learning dengan Construct 2 dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16157Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui media pembelajaran bangun ruang yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan media pembelajaran berdasarkan metode Discovery Learning dengan construct 2 dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika untuk siswa kelas V SD. Hasil penelitian ini memperoleh data evaluasi aplikasi game ahli media 67,6% dinyatakan Cukup Layak, uji ahli materi 87,2% dinyatakan Layak. Kepraktisan diperoleh dari evaluasi ahli desain pembelajaran (guru) 92,8% dinyatakan Layak dan respon siswa 95% dinyatakan Layak. Keefektifan aplikasi yang diperoleh dari ketuntasan pre-test dan post-test yaitu Sig. (2-tailed) sama dengan 0.000 atau kurang dari 0.50 dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-testReferences
Adiwijaya, M., & Christyono, Y. (2015). Perancangan game edukasi platform belajar matematika Berbasis android menggunakan construct 2. TRANSIENT, 4(1), 128-133.
Budiningsih, A. (2005). Model Discovery Learning. Jakarta: Pustaka Mandiri.
Darmanto, B., & Sudarmilah, E. (2016). Game Edukasi Dampak Pergaulan Bebas. PROtek, 3(2), 51-56.
Dasar, D. P. (2016). Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2016). Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Elfachmi, A. K. (2016). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hartanto, A. D., Dhuhita, W. M. P., & Tinangon, A. (2014). Perancangan game multi platform menggunakan scirra construct 2 dan html 5. Prosiding Simposium Nasional RAPI XIII-2014 FT UMS.
Jati Nugroho, S. (2015). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak SD Menggunakan Construct 2 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Musfiqon, H. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.
Prasetyo, Y. D. (2012). Pengembangan Mobile Game “Brainchemist” Sebagai Media Pembelajaran Kimia SMA/MA pada Materi Asam Basa, Larutan Penyangga, dan Hidrolisis Garam (Doctoral dissertation, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).
Putriani, D., & Waryanto, N. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Program Construct 2 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa SMP Kelas 8. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 6(4), 1-10.
Rahmah, M. (2013). Pengembangan Instrumen Penilaian Kualitas Media Pembelajaran Elektronik Kimia dalam Bentuk Penilaian Skala. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, A. S. (2014). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sanaky, H. A. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1).
Suherman, E. (2006). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. EDUCARE, 2(1).
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wahyudi. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Wahyudi, W., Anugraheni, I., & Winanto, A. (2018). Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Proyek Untuk Menunjang Kreatifitas Mahasiswa Merancang Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 68-81.
Wahyuningsih, T., Raharjo, T., & Masithoh, D. F. (2013). Pembuatan Instrumen Tes Diagnostik Fisika SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 111-117.
Wardani, N. S., Slameto, & Winanto, A. (2012). Asesmen Pembelajaran SD Bahan Belajar Mandiri. Salatiga: Widya Sari Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)