Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Sikap Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Tema 2, Sub Tema 1. Sumber Energi

Authors

  • Fika Mardiana Rizqiani Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16160

Abstract

Jenis penelitian  ini adalah  penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pre Test and Post Test. Data penelitian ini berupa hasil belajar siswa kelas IV SD Pedurungan Tengah 01 Semarang yang berjumlah 46 siswa yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa  berdasarkan sikap belajar siswa pada kelas pre test diperoleh diperoleh rata-rata sebesar 67,39 dengan kriteria cukup. Sikap belajar siswa pada kelas post test diperoleh diperoleh rata-rata sebesar 81,74 dengan kriteria cukup. Hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 3,842. Dari daftar distribusi t dengan dk = n -1  = 46– 1 = 45 diperoleh 2,02. Karena 3,842 > 2,02 maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa  ada  keefektifan model pembelajaran NHT terhadap   hasil belajar siswa pada tema 2, sub tema 1. sumber energi siswa kelas IV SD Pedurungan Tengah 01 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019

References

Agus Suprijono. 2006. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Anita Lie. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Harmini, Sri. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII G SMPN 2 Ponorogo. Jurnal Studi Sosial, Volume 2, Nomor 1.

Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning, Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Melati. (2011). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Melalui pembelajaran Model Advance Organizer Berlatar Numbered Heads together(NHT) Pada materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan.Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 619-629.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Samsidar,dkk. 2017. Pengunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD DDI Siboang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol. 5 No. 7

Sudjana, N., 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Penerbit Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2006. Statistik Non Parametris untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.

Wijayati, Nanik dkk. 2008. Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 2, No. 2, 2008.

Widodo dkk. (2011). Penerapan pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together Untuk meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas VII SMP Pada Poko Bahasan Besaran Dan pengukuran. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7:42-46.

Downloads

Published

2018-11-28

How to Cite

Rizqiani, F. M. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Sikap Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Tema 2, Sub Tema 1. Sumber Energi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 420–425. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16160