Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16165Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Ban di kelas IV Semester I tahun Pelajaran 2016/2017 yang hasil belajar pada mata pelajaran IPA masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kontekstual pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar. metode pengumpulan data adalah dengan tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah analisis kuantitatif terhadap hasil tes evaluasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata, daya serap, dan ketuntasan belajar klasikal. Nilai rata-rata hasil belajar pada refleksi awal sebesar 64,82 menjadi 70,00 pada siklus I dengan peningkatan sebesar 5,18. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 5,89 menjadi 75,89. Peningkatan juga terjadi pada daya serap dan ketuntasan belajar klasikal. Pada refleksi awal daya serap tercapai sebesar 64,82% selanjutnya pada siklus I meningkat menjadi 70,00%. Hal yang sama juga terjadi pada siklus II dengan daya serap mencapai 75,89%. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada refleksi awal sebesar 25% kemudian meningkat menjadi 53,57% pada siklus I dan menjadi 92,86% pada siklus II. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan hasil belajar IPA SD Negeri 1 Ban kelas IV Semester I tahun pelajaran 2016/2017References
Agung, A.A. Gede. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: STKIP
Arikunto,Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar, 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Paragonatama Jaya.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Depdiknas Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama 2002. Pendekatan kontekstual(Contekstual Teaching and Learning). Jakarta.
Djamarah, Saiful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Hatimah. 2007. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Komalasari, Komkom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Cetakan ke- 1. Bandung: PT Refika Aditama.
Nurhadi dan Senduk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nurkancana, 1986, Evaluasi Pendidikan, Surabaya, Usaha Nasional.
Purwanto, Ngalim,M. 1993 Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sudiarta, I Wayan. 2009. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Pada siswa Kelas VI Semester 1 SD Negeri 1 Sukadana Kecamatan Kubu Tahun Ajaran 2009/2010
Rusyan, A. Tabrani. 1993. Proses Belajar Mengajar yang Efektif Tingkat Pendidikan Dasar. Bandung. Bina Budhaya.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Sunaryo, 1989. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Cet.2Malang: IKIP Malang
Tantra, Dewa Komang, 2004, Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Singaraja: Makalah Pelatihan Guru Khusus ( Pemandu) SD/MI di Kabupaten Karangasem
Sudiarta, I Wayan 2009. Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas VI Semester 1 SD Negeri 2 Sukadana Kecamatan Kubu Tahun Ajaran 2009/2010. Singaraja: Jurusan PGSD Undikhsa Singaraja.
Setyaningrum, Lies. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika. Didaktika Dwija Indria, Volume 1, Nomor 6.
Wardani, I. G. A. K Siti Julaeha. Modul IDIK 4307. Pemantapan Kemampuan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yanirawati, Silvia. 2012. Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Disertai Tugas Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.1, No.1.
Yulia Dwi Ernawati, 2014 . Peningkatan Prestasi Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) Pada Siswa Kelas Va SD Model Kabupaten Sleman.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)