Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662Keywords:
hasil belajar, audiovisual, snowball throwing.Abstract
Rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia dengan model penelitian konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Snowball throwing berbantuan media audiovisual dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan melalui model pembelajaran Snowball throwing berbantuan media audiovisual pada siswa kelas V. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan menggunakan non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 155 orang siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling, yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 23 dan kelompok kontrol sebanyak 20 orang siswa. Data hasil belajar Bahasa Indonesia dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dengan pilihan ganda, yang kemudian dianalisi menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui Snowball throwing berbantuan media audiovisual dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan melalui Snowball throwing berbantuan media audiovisual pada siswa kelas V. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Snowball throwing berbantuan media audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V.
References
Adhiatmika, M. W., Agustini, K., & I Gede Partha Sindu. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMP Negeri 5 Tejakula. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 1–10.
Ambarsari, D. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Aktivitas Belajar dan Penguasaan Materi. Jurnal Bioterdidik, 2(1).
Apriani, N. K. P., Suwatra, I. I. W., & Margunayasa, I. G. (2017). NPengaruh Model Pembelajaran Snowball throwing terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).
Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di SD Laboratorium UKSW. Scholaria, 7(1), 49–59.
Gunawan, J., & Dkk. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Dengan Teknik Snowball throwing Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 6(3).
Handayani, T., Mujasam, Sri Wahyu Widyaningsih, & Irfan Yusuf. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Curricula, 2(1), 47–58.
Irwan, Z., & Suharmanto, A. (2014). Perbedaan Hasil Belajar Kompetensi Menjelaskan Prosesproses Mesin Konversi Energi Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Model Pembelajaran Langsung. Journal of Mechanical Engineering Learning (JMEL), 3(1), 47–55.
Putri, I. S., & Agustyaningrum, N. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dan Snowball Throwing Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 51 Batam. Jurnal Mercumatika, 1(2), 97–103.
Rosidah, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 29–36.
Sandi, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Kovariabel Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 2(1).
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, A. (2014). Pengaruh Model Snowball throwing Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sd Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 2(1).
Suyono, H. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winahyu, T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Guna Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Mojosari. Avatara, e-Journal Pendidikan Sejarah, 4(1), 230–244.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)