Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Authors

  • Md Dwi Suria Oktaviani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
  • I Wyn Suwatra Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
  • Nym Murda Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662

Keywords:

hasil belajar, audiovisual, snowball throwing.

Abstract

Rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia dengan model penelitian konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Snowball throwing berbantuan media audiovisual dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan melalui model pembelajaran Snowball throwing berbantuan media audiovisual pada siswa kelas V. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan menggunakan non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 155 orang siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling, yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 23 dan kelompok kontrol sebanyak 20 orang siswa. Data hasil belajar Bahasa Indonesia dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dengan pilihan ganda, yang kemudian dianalisi menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui Snowball throwing berbantuan media audiovisual dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan melalui Snowball throwing berbantuan media audiovisual pada siswa kelas V. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Snowball throwing berbantuan media audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V.

References

Adhiatmika, M. W., Agustini, K., & I Gede Partha Sindu. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMP Negeri 5 Tejakula. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 1–10.

Ambarsari, D. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Aktivitas Belajar dan Penguasaan Materi. Jurnal Bioterdidik, 2(1).

Apriani, N. K. P., Suwatra, I. I. W., & Margunayasa, I. G. (2017). NPengaruh Model Pembelajaran Snowball throwing terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).

Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di SD Laboratorium UKSW. Scholaria, 7(1), 49–59.

Gunawan, J., & Dkk. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Dengan Teknik Snowball throwing Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 6(3).

Handayani, T., Mujasam, Sri Wahyu Widyaningsih, & Irfan Yusuf. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Curricula, 2(1), 47–58.

Irwan, Z., & Suharmanto, A. (2014). Perbedaan Hasil Belajar Kompetensi Menjelaskan Prosesproses Mesin Konversi Energi Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Model Pembelajaran Langsung. Journal of Mechanical Engineering Learning (JMEL), 3(1), 47–55.

Putri, I. S., & Agustyaningrum, N. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dan Snowball Throwing Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 51 Batam. Jurnal Mercumatika, 1(2), 97–103.

Rosidah, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 29–36.

Sandi, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Kovariabel Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 2(1).

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, A. (2014). Pengaruh Model Snowball throwing Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sd Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 2(1).

Suyono, H. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winahyu, T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Guna Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Mojosari. Avatara, e-Journal Pendidikan Sejarah, 4(1), 230–244.

Downloads

How to Cite

Suria Oktaviani, M. D., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89–97. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662