Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA

Ni Kt. Dewi Muliani, I Md. Citra Wibawa

Abstract


Hasil belajar IPA SD dengan model pmebelajaran konvensional rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini berjumlah 82 siswa dan sampel berjumlah 38 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan metode tes obyektif. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t polled varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (thitung= 5,24 > ttabel = 2,042). Rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol (22,82 > 17), jadi model pembelajaran inkuiri terbimbing ini berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD.


Keywords


hasil belajar IPA;inkuiri;video

Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publish.

Budi, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Di Sma Negeri 01 Manokwari (Studi Pada Pokok Bahasan Kelarutan Dan Hasil Kali Kelar. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1), 21–30.

Dewi, N. L. (2012). engaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, 1(3), 235–244.

Kartika, N. M. D., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan peta pikiran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA. Mimbar PGSD, 5(2).

Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khushid, F., & Ansari, U. (2012). Effect of Innovative Teaching Strategies on Student’s Performance. Global Journal Of Human Social Science Linguistics & Education, 12(10).

Koyan, I. W. (2012). Statistika Terapan ( Teknik Analisis Data Kuantitatif). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Kurnia, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 51–60.

Mahadewi, L. P. P., dkk. (2012). Media Video Pembelajaran. Singaraja: Undiksha.

Milawati, N. L. P. Y. (2013). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis proyek terhadap hasil belajar ipa siswa kelas IV SD Negeri Gugus V Abiansemal. Mimbar PGSD, 1.

Nugroho, S. (2012). Pembelajaran IPA Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Laboratorium Riil Dan Virtuil Ditinjau Dari Kemampuan Memori dan Gaya Belajar Siswa. . . Jurnal Inkuiri Issn, 1(3), 235–244.

Rahmani. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (Kps) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pencerahan, 10(2), 74–80.

Suastra, I. W. (2009). Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Undiksha.

Sudana, D. N. dkk. (2016). Pendidikan IPA SD. Singaraja: Undiksha.

Sumatowa, U. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif berorientai kontruktivistik. Jakarta: Prestai Pustaka.

Wahyuni, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 164–169.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664

Article Metrics

Abstract view : 383 times
PDF file view : 259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.