Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • I Md. Adi Jaya Wibawa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Md. Suarjana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17665

Keywords:

hasil belajar, jigsaw I, motivasi belajar.

Abstract

Kurangnya motivasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn, pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw I dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn, perbedaan hasil belajar PKn menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw  I dengan model pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, mengetahui perbedaan hasil belajar PKn antara siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw  I dan menggunakan model pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD. Sampel diambil dengan teknik random sampling yang berjumlah 48 siswa, terdiri dari 2 kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Analisis hasil penelitian ini menggunakan Anava dua jalur. Perhitungan dengan uji t-Scheffe menunjukkan nilai Thitung antara A1B1 dan A2B1 sebesar 5,89, sedangkan Ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan k=4 dan dk=44 maka diperoleh Ttabel = 3,79. Hasil tersebut menunjukkan nilai Thitung lebih besar daripada Qtabel sehingga H0  ditolak dan H1 diterima. Hal itu berarti untuk kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw I dengan yang mendapat perlakuan pembelajaran konvensional.

References

B.Uno, H. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Djudin, T. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor Di Kelas X Sma Negeri 1 Sanggau Ledo. . . Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2).

Hyani. (2013). Determinasi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi, dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPS MIN Yeh Sumbul Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana. Universitas Pendidikan Ganesha.

Ismiyatun. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Inpres 2 Ambesia Kecamatan Tomini. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(6), 119–132.

Koyan, I. W. (2012). Statistika Terapan ( Teknik Analisis Data Kuantitatif). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Murda, I. N. (2013). Kontribusi Minat Belajar, Minat Belajar, Motivasi Berprestasi dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Konsep Dasar IPS Mahasiswa S1 PGSD FIP Undiksha. Universitas Pendidikan Ganesha.

Puspitasari, N. L. P. E. (2013). Pengeruh Strategi Pembelajaran PQ4R dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Gugus 2 Tampaksiring. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 1(1).

Rosyindah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 6 Metro. Jurnal SAP UNINDRA, 1(2), 115–124.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT Mulia Mandiri Press.

Sudharmini, L. . (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar dan Hasil belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Jimbaran, Kuta. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 4(1).

Sumarni, N. . (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Motivasi Berprestasi terhadap Lingkungan pada Siswa Kekas V SD se-Gugus Subangkaja. Univeritas Pendidikan Ganesha.

Suparman. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal SSIOêduKASI, 3(1), 293–298.

Suprihatin, S. (2017). Penggaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(1), 84–94.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Downloads

How to Cite

Jaya Wibawa, I. M. A., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 115–124. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17665