Penerapan Bimbingan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru di SD

Authors

  • Gusti Nyoman Reniasih SD Negeri 1 Banjar Tegal, Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24278

Keywords:

TTW, multimedia, speaking skills

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan penilaian autentik pada guru SD Negeri 1 Banjar Tegal semester I tahun pelajaran 2019/2020 melalui penerapan bimbingan berkelanjutan. Subjek penelitian adalah guru SD Negeri 1 Banjar Tegal yang berjumlah 7 orang yang terdiri dari 2 orang guru laki-laki dan 5 orang guru perempuan. Data kemampuan guru menyusun bimbingan berkelanjutan nilai rata-rata kemampuan guru sebesar 62,72 meningkat melaksanakan asesmen autentik diperoleh melalui penilaian dokumen asesmen yang telah disusun dengan menggunakan instrumen observasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif disajikan dalam bentuk rata-rata nilai kemampuan guru melaksanakan asesmen autentik. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, memperoleh simpulan bahwa kemampuan guru SD Negeri 1 Banjar Tegal dalam melaksanakan asesmen autentik dapat ditingkatkan melalui penerapan bimbingan berkelanjutan. Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan asesmen autentik yaitu sebelum dilaksanakan pada siklus I menjadi 69,59 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 78,92.

References

Agung, A.A.G. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Negeri Singaraja.

Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dantes, Nyoman. 2013. ”Pengembangan Asesmen Autentik dalam Rangka Implementas Kurikulum 2013”. (Makalah) disampaikan dalam Workshop Asesmen Autentik dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Laksmi Graha Singaraja pada tanggal 23 September 2014.

Marhaeni, A.A.I.N. 2013. Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja : Universitas Pendidkan Ganesha.

Muniaji, Agus. Pembimbingan Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP. http://must-august.blogspot.co.id/2014/05/pts-pembinaan-berkelanjutan-akan-dapat.html

Palm, T. 2008. Performance Asessment and Authentic Assessment: A Conceptual Analysis of The Literature. Practical Assessment, Research & Evaluation, 13 (4).(Online). (http://pareonline. net/pdf/ v13n4.pdf), (diakses pada tanggal 2 Januari 2019)

Sahertian, P.A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharningsih. 2016. Pelaksanaan Bimbingan Berkelanjutan Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di SD N Bandungrejo 1 Pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yusuf, Muri. 2015. ASESMEN DAN EVALUASI PENDIDIKAN Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta:Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2020-04-02

How to Cite

Reniasih, G. N. (2020). Penerapan Bimbingan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24278