Penerapan Bimbingan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru di SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24278Keywords:
TTW, multimedia, speaking skillsAbstract
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan penilaian autentik pada guru SD Negeri 1 Banjar Tegal semester I tahun pelajaran 2019/2020 melalui penerapan bimbingan berkelanjutan. Subjek penelitian adalah guru SD Negeri 1 Banjar Tegal yang berjumlah 7 orang yang terdiri dari 2 orang guru laki-laki dan 5 orang guru perempuan. Data kemampuan guru menyusun bimbingan berkelanjutan nilai rata-rata kemampuan guru sebesar 62,72 meningkat melaksanakan asesmen autentik diperoleh melalui penilaian dokumen asesmen yang telah disusun dengan menggunakan instrumen observasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif disajikan dalam bentuk rata-rata nilai kemampuan guru melaksanakan asesmen autentik. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, memperoleh simpulan bahwa kemampuan guru SD Negeri 1 Banjar Tegal dalam melaksanakan asesmen autentik dapat ditingkatkan melalui penerapan bimbingan berkelanjutan. Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan asesmen autentik yaitu sebelum dilaksanakan pada siklus I menjadi 69,59 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 78,92.References
Agung, A.A.G. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Negeri Singaraja.
Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dantes, Nyoman. 2013. ”Pengembangan Asesmen Autentik dalam Rangka Implementas Kurikulum 2013”. (Makalah) disampaikan dalam Workshop Asesmen Autentik dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Laksmi Graha Singaraja pada tanggal 23 September 2014.
Marhaeni, A.A.I.N. 2013. Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja : Universitas Pendidkan Ganesha.
Muniaji, Agus. Pembimbingan Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP. http://must-august.blogspot.co.id/2014/05/pts-pembinaan-berkelanjutan-akan-dapat.html
Palm, T. 2008. Performance Asessment and Authentic Assessment: A Conceptual Analysis of The Literature. Practical Assessment, Research & Evaluation, 13 (4).(Online). (http://pareonline. net/pdf/ v13n4.pdf), (diakses pada tanggal 2 Januari 2019)
Sahertian, P.A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharningsih. 2016. Pelaksanaan Bimbingan Berkelanjutan Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di SD N Bandungrejo 1 Pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yusuf, Muri. 2015. ASESMEN DAN EVALUASI PENDIDIKAN Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta:Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)