Pengembangan Assesment of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0. untuk Guru Sekolah Dasar

Pinkan Amita Tri Prasasti, Candra Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangakan produk berupa Assessment Of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0 untuk Guru Sekolah Dasar. Pengembangan mengacu pada model 4D Thiagarajan Prosedur pengembangan menggunakan langkah-langkah pengembangan yaitu: a) tahap pengumpulan informasi, b) tahap perencanaan, c) tahap pengembangan, d) tahap validasi dan uji coba. Pada tahap uji coba skla terbatas menggunakan intrumen berupa lembar validasi yang melibatkan 3 orang validator ahli dari segi materi, bahasa dan penyajian dan juga produk telah diujicobakan pada 40 pengguna yang terdiri dari 10 responden guru.

Assessment Of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0. pada Guru Sekolah Dasar telah memenuhi kriteria 86.67% dinyatakan dalam kriteria sangat layak dari validator ahli bahasa, 88.89% dinyatakan dalam kriteria sangat layak dari validator ahli materi, 87.06% dinyatakan dalam kriteria sangat layak dari validator ahli penyajian, 84.29% dinyatakan dalam kriteria sangat layak.

Full Text:

PDF

References


Aprilinda, Mutiara. 2019. Perkembangan Guru Profesional di Era Revolusi Industri 4.0. https//jurnal.univpgri-palembang.ac.id

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Yogyakarta: Rineka Cipta

Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and classroom learning. Assessment in Education: principles, policy & practice, 5(1), 7-74.

Daryanto & Rahardjo, Mulyo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 1(2), 100-109.

Gibbs, G., & Simpson, C. (2005). Conditions under which assessment supports students’ learning. Learning and teaching in higher education, (1), 3-31.

Haapio, A., & Viitaniemi, P. (2008). A critical review of building environmental assessment tools. Environmental impact assessment review, 28(7), 469-482.

Hariyani, Yulli. 2012. Pengembangan Instrument Assessment Pembelajaran Membaca Puisi Siswa SMP/MTs. jurnal-online.um.ac.id

Jaenudin, Riswan. 2009. Inovasi Model Penilaian Berbasis Portofolio dalam Pembelajaran. eprints.unsri.ac.id

Mulyatiningsih, Endang. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran . staffnew.uny.ac.id

Nurvalah, Eva. 2016. Implementasi Authentic Assessment Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTS Negeri BangBayang Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. repository. iainpurwokerto.ac.id

Nur’afifah. 2013. Penerapan Assessment Kinerja untuk Menumbuhkan Keterampilan Menganalisis Siswa pada Pembelajaran Sejarah. repository.upi.edu

Oktharia, Ekha. 2017. Pengembangan Instrument Assessment Pengetahuan Berbasis Problem Solving pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. digilib.unila.ac.id

Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2018). SETS-based guided experiment book: Empowering science process skills of elementary school students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(3), 257-262.

Riduwan. 2012. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta

Schuwirth, L. W., & Van der Vleuten, C. P. (2011). Programmatic assessment: from assessment of learning to assessment for learning. Medical teacher, 33(6), 478-485.

Simonsson, M., Johnson, P., Ekstedt, M., & Flores, W. R. (2011). IT governance decision support using the IT organization modeling and assesment tool. International Journal of Innovation and Technology Management, 8(02), 167-189.

Sobarningsih, Nunung. 2018. Pengenalan Assessment For Learning (AFL) Bagi Guru. ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah B & Koni, Satria. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Wiliam, D. (2011). What is assessment for learning?. Studies in educational evaluation, 37(1), 3-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24280

Article Metrics

Abstract view : 299 times
PDF file view : 123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.