The Influence of Open Ended Learning Model on Mathematical Problem Solving Ability

Authors

  • Gesit Puspa Pamungkas Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Kowiyah Kowiyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.37596

Keywords:

open ended, problem solving skill, mathematic problem solving, mathematic learning model

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru, menjadi penyebab dari permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan metode Quasi Eksperimen dan desain penelitiannya adalah Post-Test Only Control Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 49 siswa, dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas IVB sebagai kelompok eksperimen sebanyak 24 siswa dan kelas IVD sebagai kelompok kontrol sebanyak 25 siswa. Adapun instrumennya berupa test kemampuan pemecahan masalah matematika berupa esai soal open ended. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan hasil  (37,23>2,01). Dengan demikian diperoleh hasil bahwa  ditolak dan  diterima, yakni terdapat pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV di SDN Cempaka Baru 01.

Author Biographies

Gesit Puspa Pamungkas, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

PGSD

Kowiyah Kowiyah, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

PGSD

References

Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Anisah, & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191–197. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.16341

Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.403

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118. https://doi.org/10.1016/S0962-8479(96)90008-8

Ikawati, O. N., & Kowiyah. (2021). Visual, Auditory, and Kinesthetic Learning Model on The Mathematics Problem Solving Ability. DESIMAL: JURNAL MATEMATIKA, 4(1), 13–20. https://doi.org/10.24042/djm

Imam, I., Ayubi, A., & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI:Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 355–360. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati (ed.)). PT Bumi Aksara.

Kowiyah. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 67–74. http://jipd.uhamka.ac.id/index.php/jipd/article/view/48

Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593

Mahuda, I. (2017). Pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op Dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 31–39. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2028

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Noviyana, H. (2018). Pengaruh Model Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JURNAL E-DuMath, 4(2), 1. https://doi.org/10.26638/je.684.2064

Rumapea, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Pemberian Soal Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Pendidikan Matematika, 12(1), 1–14. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/4551/pdf

Sholikhah, Z., Kartana, T. J., & Utami, W. B. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 4(1), 35. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.908

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.)). ALFABETA.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148–158. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/139

Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Theorems ( the Original Research of Mathematic ), 2(1), 86–93.

Suryaningtyas, C. P. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan PMRI untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Developing a Mathematics Learning Kit Using PMRI Approach to Increase Problem Solving Ability and Mathematics Communication. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 200–209.

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103

Yurniwati. (2019). Pembelajaran Aritmatika di Sekolah Dasar (P. Latifah (ed.)). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28–38. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167

Downloads

Published

2021-08-17

How to Cite

Pamungkas, G. P., & Kowiyah, K. (2021). The Influence of Open Ended Learning Model on Mathematical Problem Solving Ability. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 395–402. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.37596

Issue

Section

Articles