PEMAHAMAN KONSEP BERMAIN SISWA MOTORIK TINGGI DAN RENDAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAME for UNDERTANDING (TGfU)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v8i2.31105Abstract
Pendidikan jasmani dipahami sebagai pendidikan melalui gerak dan tentang gerak. Melalui gerak dipahami siswa dididik dengan media gerak, pembelajaran tentang gerak merupakan ranah kognisi untuk memahami gerak yang dipelajari. Gerak merupakan sajian utama yang dipergunakan dalam pendidikan. Kegiatan bermain merupakan aktivitas yang disenangi dalam pendidikan jasmani. Agar dapat berpartisipasi dalam permainan selain keterampilan gerak sebagai modal dasar, tidak kalah penting adalah pemahaman terhadap permainan. Pemahaman ini akan memberikan bakal untuk peserta didik memutuskan apakah akan bergerak, kemana bergerak, dengan gerakan apa, atau bahkan memutuskan untuk tidak bergerak. Penelitian ini focus pada bagaimana pengaruh intervensi model pembelajaran Teaching Game for Understanding (TGfU) terhadap pemahaman konsep bermain pada siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan eksperimen dengan membandingkan kemampua dua kelompok eksperiman. Sampel adalah siswa sekolah dasar yang memiliki kemampuan perspsi tinggi 10 rendah masing masing 10 siswa. Instrument penelitian adalah lembar pengamatan Game performance Assesment Instrumen (GPAI), tes persepsi motorik. Data dianalisis dengan menggunakan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang memiliki perspsi motorik tinggi dan rendah sama hasilnya dalam pemahaman konsep bermain.
Kata Kunci: TGfU, Persepsi Motorik, GPAI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)