Hubungan hasil belajar PJOK dengan hasil belajar Matematika peserta didik kelas VII SMP 3 Kubutambahan tahun pelajaran 2020/2021

Gede Adi Mahardika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar PJOK dengan hasil belajar Matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kubutambahan tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian adalah Korelasional, Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kubutambahan dengan jumlah lima kelas dan jumlah sampel 148 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Metode pengambilan data hasil belajar PJOK dan hasil belajar Matematika diambil dengan metode observasi,wawancara,dan pencatatan dokumen. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah statistika korelasi yang terdiri dari analisis stastistik deskriptif, analisis stastistik inferensial. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil analisis menyajikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar PJOK degan hasil belajar Matematika, yang ditunjukkan dengan hasil korelasi sebesar rhitung (0.99) <rtabel (0.99). Dapat disimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar PJOK dengan hasil belajar Matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kubutambahan tahun pelajaran 2020/2021.Disarankan dari hasil penelitian ini bisa membantu proses pembelajaran terutama pembelajaran PJOK dan pembelajaran matematika, dapat menjabarkan hubungan antara hasil belajar PJOK dan hasil belajar Matematika.


Keywords


hasil belajar, PJOK, Matematika.

References


Agung, A. A. G. (2016). Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Adang Suherman,2008). Dasar Dasar Penjaskes. Jakarta: Dapertemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Penddidikan Dasar Dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III

Agus Suprijono, 2009:5. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM

Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Baron, J. B. dan Sternberg, R.J. (Editor), (1987) Teaching Thinking Skill. New York: W.H. Freeman and Company

Candiasa, I. M. (2011). Statistik Multivariat Disertai Aplikasi. Universitas Pendidikan Ganesha.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

https://www.zonareferensi.com/pengertian-hasil-belajar/(diakses pada 10 Desember 2019)

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kanca, I Nyoman.2010.Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Pendidikan Ilmu Keolahragaan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

Kristiyandaru, Advendi. 2010. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan “Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

John L. Mark, dkk. 1988. Metode Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37361

Article Metrics

Abstract view : 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is published by:




Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha indexed by:


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.