Model Pembelajaran Problem Based Instruction(PBI) Terhadap Hasil Belajar Servis Pendek Bulutangkis Pada Peserta Didik Kelas XI MA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.41836Keywords:
Servis pendek, Hasil Belajar, PBI, bulutangkisAbstract
Kemampuan servis permainan bulutangkis peserta didik kelas X MA Mazra’atul Ulum Paciran tahun pelajaran 2019/2020 Masih belum baik Hal ini terbukti dengan Hasil servis bulutangkis Yang dilakukan, yaitu pada pembelajaran tahun 2019 dengan nilai rata-rata 60,20 atau dalam persentase sebesar 35,71%, persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar atau mendapat nilai ≥ 70 hanya mencapai 10,71%. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen. Peneliti melakukan penelitian di MA Mazra’atul Ulum Paciran dengan sampel peserta didik kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 25 orang dan kegiatan penelitian dimulai pada tanggal 21 September 2021-12 Oktober 2021 yang dilakukan secara Luring atau tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan penelitian ini terdiri dari pre-test pengetahuan, pre-test keterampilan, pemberian tindakan 6 kali tatap muka, post-test pengetahuan dan pos- test keterampilan. Hasil yang diperoleh nilai rata-rata pre-test pengetahuan sebesar 33,52 dan nilai post-test pengetahuan sebesar 51,28 sedangkan nilai pre-test keterampilan sebesar 7,32 dan nilai rata-rata post-test sebesar 10,08. Dari hasil tersebut terdapat kenaikan nilai hasil belajar peserta didik yang dapat dikatakan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perlakuan yang diberikan yaitu model pembelajaran PBI terhadap hasil belajar servis pendek bulutangkis peserta didik kelas XI.
References
Agus S. Suryobroto (2004). Sarana dan Prasarana Pendidikan jasmani: Universitas Negeri Yogyakarta Fakultas Ilmu Keolahragaan.
Aisyah, N.. (2003). Efektivititas Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Mata Pelajaran Matematika SLTP Melalui Pola Kolaboratif. Jurnal Forum Kependidikan,23(1): 13-27.
Arikunto,Suharsimi.,Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: BumiAksara.2013.
Depdiknas (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Departemen Pendidikan nasional.
Grice Tony. 1996. Bulutangkis Petunjuk Praktis Untuk Pemula Dan Lanjut.Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Hakiki, H. (2017, mei 2). pengaruh penggunaan metode pembelajaran mandiri berstruktur terhadap hasil belajar servis pendek (studi di kelas XI SMAN 19 Surabaya). pendidikan olahraga dan kesehatan, hal. 317. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8179
HermanSubarjah.(2000).Bulutangkis.Jakarta:DepartemenPendidikanDanKebudayaan.
I kade suci diatmika, I. w. (2016). implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola voli . jurusan pendidikan jasmani,kesehatan dan rekreasi , universitas pendidikan ganesha , 3.
I komang Triana Putra, I. p. (2017). implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar service pendek (Backhand) dan pukulan overhead LOB bulutangkis. jurusan pendidikan jasmani,kesehatan dan rekreasi , universitas pendidikan Ganesha , 5.
Ismail. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis P.A.I.K.E.M Pembelajaran Aktif, Inovativ, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan.Semarang:Rasail Media Group.
Johnson,M.L.(1984).BimbinganBermainBulutangkis.Jakarta:PT.MutiaraSumberWidya.
Kharisma Alfiansyah. (2013). Taktik dan Teknik Permainan Bulutangkis. Diaksesdarihttp://fadilkharisma.wordpress.compadatanggal15 April2015.
Nurhasan.(2001).TesdanPengukurandalamPendidikanJasmani.Jakarta:DirektoratJendral Olahraga
Poole,James.(1986).BelajarBulutangkis.Bandung:PionirJaya.
Sugiyono.,MetodePenelitianPendidikan,(PendekatanKuantitatif,KualitatifDanR&D).Bandung:Alfabeta, 2007.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 feri Kurniawan feri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)