Minat Menjaga Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.42485Keywords:
Minat, Kebugaran Jasmani, Pandemi covid-19.Abstract
Pada masa penyebaran virus covid-19 seluruh masyarakat diarahkan untuk mengurangi akifitas diluar rumah dan selalu menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga. Hanya saja kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa siswa cenderung lebih suka bermaian gadget saat berada di rumah, dibandingkan harus berolahraga. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui minat menjaga kebugaran jasmani di masa pandemi covid-19. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas VII SMP yang berjumlah 149 orang siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling yaitu quota sampling dengan besaran 100% dari total populasi sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 149 orang. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode kuisioner dengan instrument penelitian berupa kuisioner minat siswa dalam berolahraga di masa pandemi covid-19 dengan. Instrument penelitian terdiri dari 25 butir pernyataan yang diisi oleh peserta didik. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa 0 orang memiliki kategori minat sangat baik, 0 orang memiliki kategori minat baik, 58 orang memiliki kategori minat cukup, 91 orang memiliki kategori minat kurang, dan 0 orang memiliki kategori minat sangat kurang. Hasil penelitian minat menjaga kebugaran jasmani di masa pandemi covid-19 pada peserta didik mendapat skor rata-rata yaitu 56,41 dalam skala kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa minat peserta didik dalam menjaga kebugaran jasmani di masa pandemi covid-19 adalah cukup dan perlu ditingkatkan kembali.
References
A’yun, Q., Sujiwo, D. A. C., & Hidayatullah, A. W. (2019). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Mahasiswa Teknik Informatika. JUSTINDO (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Indonesia), 4(1), 27–34. https://doi.org/10.32528/justindo.v4i1.2420. DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v4i1.2420
Apituley, T. L. D., Pangemanan, D. H. C., & Sapulete, I. M. (2021). Pengaruh Olahraga Terhadap Coronavirus Disease 2019. Jurnal Biomedik:JBM, 13(1), 111. https://doi.org/10.35790/jbm.13.1.2021.31752. DOI: https://doi.org/10.35790/jbm.13.1.2021.31752
Ardiyanto, A., Purnamasari, V., Sukamto, S., & Setianingsih, E. (2020). Analisis Perilaku Hidup Bersih dan Status Kebugaran Jasmani di Era Pandemi Covid-19 Dosen PGSD. Jendela Olahraga, 5(2), 131–140. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.6216. DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.6216
Ardonansyah, M., Hardiyono, B., & Hidayat, A. (2021). Motivasi Peserta Didik Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Selama Masa Pandemi. Journal Coaching Education Sports, 2(2), 225–234. https://doi.org/10.31599/jces.v2i2.739. DOI: https://doi.org/10.31599/jces.v2i2.739
Arief, N. A., Kuntjoro, B. F. T., & Suroto, S. (2020). Gambaran Aktifitas Fisik Dan Perilaku Pasif Mahasiswa Pendidikan Olahraga Selama Pandemi Covid-19. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 175. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9564. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9564
Bile, R. L., Tapo, Y. B. O., & Desi, A. K. (2021). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Penjakora, 8(1), 71. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30752 DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30752
Budiman. (2021). Aktivitas Olahraga Tradisional pada Kalangan Remaja di Masa Pandemi Covid-19. JPOE, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.37742/jpoe.v3i1.84 DOI: https://doi.org/10.37742/jpoe.v3i1.84
Candra, N. K. A. T., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Motivasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Olahraga Dan Kesehatan Menjaga Kebugaran Jasmani Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1). https://doi.org/10.23887/jiku.v8i1.29573. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v8i1.29573
Furkan, F., Rusdin, R., & Shandi, S. A. (2021). Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan Olahraga Saat Pandemi Corona COVID-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1748. DOI: https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1748
Gery, M. I., Ghani, M. A. A., Yudi, M. T., & Mulyanto. (2022). Peningkatan Minat Belajar Olahraga Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Olympia, 4(1). https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v4i1.1834.
Hadi, F. K. (2020). Aktivitas Olahraga Bersepeda Masyarakat Di Kabupaten Malang Pada Masa Pandemi Covid-19. Sport Science And Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.33365/ssej.v1i2.777. DOI: https://doi.org/10.33365/ssej.v1i2.777
Hasanah, N. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189–196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295. DOI: https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295
Hidayat, T., Hudah, M., & Zhannisa, U. H. (2020). Survey Minat Masyarakat Untuk Olahraga Rekreasi Bersepeda Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kabupaten Demak. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 1(1), 80–88. https://doi.org/10.53869/jpas.v1i1.17. DOI: https://doi.org/10.53869/jpas.v1i1.17
Komarudin, K., & Prabowo, M. (2020). Persepsi siswa terhadap pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada masa pandemi Covid-19. Majora: Majalah Ilmiah Olahraga, 26(2), 56–66. https://doi.org/10.21831/majora.v26i2.34589. DOI: https://doi.org/10.21831/majora.v26i2.34589
Kuncoro, D. W., Yarmani, Y., & Ilahi, B. R. (2021). Antusias Pemuda Karang Taruna Madya Karya Terhadap Olahraga di Masa Pandemi Covid-19 di Desa Serumbung Kabupaten Bengkulu Utara. Sport Gymnastics : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 147–158. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14861. DOI: https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14861
Kustria, K. S., Agung Parwata, I. G. L., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Peserta Didik SMA/SMK Di Kecamatan Rendang Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 173. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646
Libriani, B. A., & Raharjo, H. P. (2022). Minat Dan Motivasi Masyarakat Dalam Aktivitas Olahraga Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Pasar Wisata Lapangan Mataram Kota Pekalongan. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(2), 505–515. https://doi.org/10.15294/INAPES.V3I2.58778.
Mendrofa, F. (2021). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2125–2131. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1124. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1124
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Prabowo, A., Alimuddin, Saputro, D. P., & Dongoran, F. (2021). Sosialisasi Hidup Bersih dan Sehat Kepada Anak-anak di Kelurahan Mangunharjo Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurpikat (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 34–43. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.459. DOI: https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.459
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Sugihartono, T., & Yarmani, Y. (2020). Pola Hidup Sehat Dengan Olahraga dan Asupan Gizi Untuk Meningkatkan Imun Tubuh Menghadapi Covid-19. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 90–100. https://doi.org/10.33369/dr.v18i2.13008. DOI: https://doi.org/10.33369/dr.v18i2.13008
Prakoso, K. A. (2021). Survei Minat Masyarakat terhadap Aktivitas Olahraga Rekreasi masa Pandemi Covid-19 di Simpang Lima Semarang. JPAS: Journal of Physical Activity and Sports, 2(1), 78–87. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i1.41. DOI: https://doi.org/10.53869/jpas.v2i1.41
Santosa, J. A. (2021). Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Pjok di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 75. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.31241. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.31241
Sonjaya, A. R., Arifin, Z., & Nurzaman, I. S. (2022). Peranan Orang Tua Terhadap Minat Dan Bakat Olahraga Siswa Usia Dini. Holistic Journal of Sport Education, 1(2), 35. https://doi.org/10.52434/hjse.v1i2.1945. DOI: https://doi.org/10.52434/hjse.v1i2.1945
Tumaloto, E. H. (2022). Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Selama Pandemi Covid 19. Jambura Health and Sport Journal, 4(1), 60–68. https://doi.org/10.37311/jhsj.v4i1.13602. DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v4i1.13602
Wicaksono, A. (2020). Pandemi Covid-19 Dan Aktivitas Fisik. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1). https://doi.org/10.23887/jiku.v8i1.28446. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v8i1.28446
Yuliana. (2020). Olahraga yang Aman di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh. Jurnal Bali Membangun Bali, 1(2), 103–110. https://doi.org/10.51172/jbmb.v1i2.112. DOI: https://doi.org/10.51172/jbmb.v1i2.112
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ketut Dedi Sugiantara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)