Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Materi Teknik Dasar Shooting Bola Basket
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.43109Keywords:
Pengembangan, Video Tutorial, Shooting Bola BasketAbstract
Aktivitas pada saat menerima pembelajaran teknik dasar shooting bola basket (shooting dengan satu tangan dan shooting dengan dua tangan) masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berbasis video toturial dengan model ADDIE materi Teknik dasar shooting bola basket. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini ada 4 (empat) para ahli yaitu: ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli isi /materi pembelajaran, dan praktisi lapangan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan lembar pencatatan dokumen, angket atau kuesioner. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis ini digunakan untuk mengolah data yang diperoleh melalui angket dalam bentuk Deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan ahli media pembelajaran dengan presentase 86% berada pada kualifikasi baik, ahli desain pembelajaran dengan presentase 82% berada pada kualifikasi baik, ahli isi/materi pembelajaran dengan presentase 82% berada pada kualifikasi baik, dan ahli praktisi lapangan dengan presentase 84% berada pada kualifikasi baik. Bagi peserta didik, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dan Peserta didik lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Guru, siswa dan sekolah untuk menggunakan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial model ADDIE dalam melaksanakan pembelajaran.
References
Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121. DOI: https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121
Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 50–58. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72
Alyu, M. (2019). ’Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Materi Shooting Bola basket (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 1 Ponorogo).
Apriyani, R., Sumarni, S., & Rukiyah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Tema Alam Semesta Untuk Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 110–124. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11004. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11004
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690
Arsyad, A. (2006). media pembelajaran.
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 3(1), 57–62. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10. DOI: https://doi.org/10.21009/1.03108
Atapukang, N. (2016). Kreatif Membelajarkan Pembelajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Tepat Sebagai Solusi Dalam Berkomunikasi. Ejournal Undiksha, 17(2), 45–52.
Bahtiar, R. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Papan Waktu Pada Pembelajaran Penghitungan Waktu Bagi Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2857. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2857
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Darani, N. L. wisma. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i1.33743. DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v8i1.33743
Dewi, R. K., Wardani, S., Wijayati, N., & Sumarni, W. (2019). Demand of ICT-Based Chemistry Learning Media in the Disruptive Era. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 265–270. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.17107. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.17107
Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The Development of E-Module for Batik Local Content in Pekalongan Elementary School. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40–47. https://doi.org/10.15294/IJCET.V9I1.35592.
Jaya, I. W. K., Kanca, I. N., & Suwiwa, I. G. (2016). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Materi Passing Bola Voli. Jurnal Kejaora, 1(2), 29–43.
Jumadi, F., Laksana, A. A. N. P., & Prananta, I. G. N. A. C. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 423–440. https://doi.org/10.5281/zenodo.5027642.
M. Andi Setiawan, M. P. (2017). Belajar dan Pembelajaran. 199.
Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., Widyastuti, T., & Tangerang, U. M. (2021). Penerapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV Di SDN Cengklong 3. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 396–418. https://doi.org/10.36088/pandawa.v3i2.1272.
Pandaleke, M., Munzil, M., & Sumari, S. (2020). Pengembangan Media Pelajaran Kelas Flipped Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 387. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13293. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13293
Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82–90. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430
Putra, I. G. H., Kanca, I. N., & Suwiwa, I. G. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/9448.
Putra, R. A., Wahjoedi, H., & Spyanawati, N. L. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Shooting Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2), 108–116. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i2.29816. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v8i2.29816
Rahmadani, R., & Taufina, T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938–946. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15
Reswari, A. (2021). Efektivitas Permainan Bola Basket Modifikasi terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1182. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1182
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347
Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303
Tegeh dan Jampel. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Singaraja: UNDIKSHA.
Tegeh, I., Jampel, I., & Pudjawan. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Turyati, Muchtarom, M., & Winarno. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Edukasi Terhadap Hasil Belajar Pkn S. 11(1), 257–267.
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944. DOI: https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944
Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17389.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wira Artika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)