Profil Cabang Olahraga Pencak Silat Kabupaten Badung 2019

Authors

  • Alfani Aulia Rahman Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Doddy Tisna Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Profil, Sarana Prasarana, Pelatih, Program Latihan, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Abstract

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten merupakan perhimpunan olah raga pencak Silat yang bekedudukan di Kabupaten Badung Provinsi Bali yang telah melahirkan banyak atlit berprestasi dan secara tim menjadi Juara Umum Porprov Bali tahun 2019. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui profil Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten badung Sebagai Juara Umum Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Bali tahun 2019 dengan mempergunakan Metode Penelitian Deskriptif Analitik, pengumpulan data melalui wawancara, Observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah pelatih dan kepala pelatih pencak Silat IPSI Kabupaten Badung sebanyak 4 orang dan 1 orang manajer IPSI Kabupaten Badung. Adapun Hasil Penelitian yaitu IPSI Kabupaten Badung memiliki fasilitas Latihan berupa fasilitas sarana yang terdiri dari 12 Jenis alat yang semuanya dalam kondisi baik layak pakai sesuai standar IPSI, IPSI badung Memiliki Pelatih sebanyak 8 orang denga rata-rata berpendidikan Sarjana(S1), semua telah mengikuti pelatihan sebagai pelatih dan kedelapan pelatih ini merupakan atlit berprestasi di tingkat daerah, nasional dan International. Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Badung memiliki program latihan yang terprogram baik dan tersusun rapi berupa program Latihan Tahunan (Macro cycle), Semester, Triwulan, Bulanan (Massa cycle), Mingguan (Micro cycle), Harian (Myo cycle), Tapering, Try In dan Try Out. Kesimpulannya bahwa sebagai suatu organisasi pencak Silat, prestasi IPSI Kabupaten Badung sebagai Juara Umum Pekan Olah Raga Provinsi(PORPROV) Bali 2019 karena didukung oleh Sarana prasarana yang memadai baik dari segi jumlah maupun kondisi alatnya, memiliki pelatih yang cukup dan dengan prestasi yang membanggakan dan didukung pula dengan program Latihan yang terprogram dan dilaksanakan dengan baik. Untuk tetap mempertahankan sebagai Juara Umum PORPROV ditahun mendatang yaitu dengan menunjuk staf yang bertanggung jawab dalam memelihara fasilitas pelatihan, meningkatkan ilmu dan ketrampilan pelatih melalui pelatihan pelatih dan melaksanakan try out atlit secara teratur.

 

Author Biographies

Alfani Aulia Rahman, Universitas Pendidikan Ganesha

Ilmu Olahraga dan Kesehatan

I Ketut Sudiana, Universitas Pendidikan Ganesha

Ilmu Olahraga dan Kesehatan

Gede Doddy Tisna, Universitas Pendidikan Ganesha

Ilmu Olahraga dan Kesehatan

References

Bompa, T. O. (1994). Theory and Methodology of training (third edit). Kendal/Hunt Pubhlising Company.

Girindra 2017 “Pembinaan Prestasi Atlet Pencak Silat Dewasa di Kabupaten Klaten”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Harsono. (1998). Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. PT. Dirjen Dikti P2LPT.

I Ketut Sudiana, Ni Luh Putu Spyanawati. 2017, Keterampilan Dasar Pencak Silat, Depok : PT Raja Grafindo Persada

Johansyah Lubis. 2013, Pencak Silat Panduan Praktis, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhammad Muhyi Faruq. (2009). Meningkatkan Kebugaran jasmani Melalui Permainan dan Olahraga Pencak Silat. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Natal, W. (2006). Pemahaman Terhadap Proses latihan Antara Pelatih Sepakbola yang Berpendidikan Formal dan Non Formal di kota Yogayakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Pate, Russel R., Bruce Mc C., dan Robert Rotella. (1993). Dasar-dasar Ilmiah Kepelatihan (Kasiyo Dwijowinoto. Terjemahan). Amerika Serikat: Sounders College Publishing.

Pyke, S. . (1991). Better Coaching. (Australia Coaching, Ed.). Australia: Council Inc.

Rafiqah,2017. “Studi Tentang Pelaksanaan Olahraga Pencak Silat di IPSI Kota Bandar Lampung”. Skripsi. Bandar lampung: Universitas Lampung.

Setyoningrum. (2014). Profil Pelatih Pencak Silat Pada Perguruan Pencak Silat di Kota Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Soepartono. (2000). Prasarana Olahraga. Departemen Pendidikan.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendididkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfa beta.

Sukadiyanto. (2002). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. FIK Yogyakarta.

Tim.2012.Peraturan Pertandingan Pencak Silat Ikatan Pencak Silat Indonesia hasil MUNAS IPSI 2012 dengan revisi tahun 2013. Jakarta: IPSI

Wursanto. (2002). Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Andi Yogyakarta

Published

2022-07-06

How to Cite

Rahman, A. A., Sudiana, I. K., & Tisna, G. D. (2022). Profil Cabang Olahraga Pencak Silat Kabupaten Badung 2019. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/46514

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>