Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket Kelas X SMA

Authors

  • Putu Sri Astini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Kanca Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Semarayasa Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.46726

Keywords:

Hybrid learning, Hasil Belajar, passing bola basket

Abstract

Kendala yang dihadapi selama pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK pada materi teknik dasar passing bola basket. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran hybrid learning dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi exsperimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the non-randomized control group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA yaitu terdiri dari 250 orang peserta didik dan dibagi menjadi 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah kelas X-IBB 1 sebagai kelompok eksperimen dan X-IPA 1 sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 2 kali perlakuan di luar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 0,504 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol adalah 0,333. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (Independent-Samples t Test) adalah 0,000 yaitu p kurang dari 0,05. Hasil penelitian model pembelajaran hybrid berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket pada peserta didik kelas X. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran hybrid karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket pada peserta didik.

References

Ahmar, H., Budi, P., Ahmad, M., Mushawwir, A., & Khaidir, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning : Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 4(3), 10–17. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i2.3949.

Anis, M. Z. A., Heri, & Susanto, F. (2021). Studi Evaluatif Pembelajaran Sejarah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 5(1), 60–69. https://doi.org/10.29408/fhs.v5i1.3358. DOI: https://doi.org/10.29408/fhs.v5i1.3358

Arief, K., & Ahyar, J. (2020). Pengaruh Physical Distancing dan Social DistancingTerhadap Kesehatan Dalam Pendekatan Linguistik. Jurnal Syntax Transformation, 1(4), 14–18. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76.

Arief Kresna dan Juni Ahyar. (2020). Pengaruh Physical Distancing dan Social DistancingTerhadap Kesehatan Dalam Pendekatan Linguistik. Jurnal Syntax Transformation, 1(4), 14–18. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cn.http://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76 DOI: https://doi.org/10.1155/2015/420723

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Candra, O. (2020). Tingkat Kemampuan Vo2Max Pada Atlet Bola Basket Puteri POMNAS Riau. Journal Sport Area, 5(2). https://doi.org/10.25299/sportarea..vol().3761. DOI: https://doi.org/10.25299/sportarea..vol().3761

Carolin, L. L., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Jurnal Kejaora : Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olah Raga. Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 12–18. https://doi.org/https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.931. DOI: https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934

Choi, K., Gitelman, Y., Leri, D., Deleener, M. E., Hahn, L., O’Malley, C., Lang, E., Patel, N., Jones, T., Emperado, K., Erickson, C., Rosin, R., Asch, D., Hanson, C. W., & Adusumalli, S. (2021). Insourcing and scaling a telemedicine solution in under 2 weeks: Lessons for the digital transformation of health care. Healthcare, 9(3). https://doi.org/10.1016/j.hjdsi.2021.100568. DOI: https://doi.org/10.1016/j.hjdsi.2021.100568

Duwika, K., & Paramasila, K. W. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Hybrid Bernuansa Karakter Bali “Cupak-Gerantang” Pada Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi. Journal of Education Technology, 3(4), 301. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22501. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22501

Faisal, M., Hotimah, Nurhaedah, AP, N., & Khaerunnisa. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan, 10(3), 266–270. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.16187.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659. DOI: https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Gaikwad, N., & Tankhiwale, S. (2014). Interactive E-learning module in pharmacology: a pilot project at a rural medical college in India. Perspectives on Medical Education, 3(1), 15–30. https://doi.org/10.1007/s40037-013-0081-0. DOI: https://doi.org/10.1007/S40037-013-0081-0

Hidayat, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 21. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8175. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8175

Ihsan, M. S. (2021). Penyuluhan Literasi Belajar Online Untuk Masyarakat Bersama Komunitas Pemuda Mandiri. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 169–174. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34676. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34676

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education And Literature, 3(1), 99–110. https://doi.org/10.24235/Ileal.V3i1.1820.

Lapitan, L. D., Tiangco, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Diaz, J. M. (2021). An effective blended online teaching and learning strategy during the COVID-19 pandemic. Education for Chemical Engineers, 35, 116–131. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012

Latorre-Cosculluela, C., Suárez, C., Quiroga, S., Sobradiel-Sierra, N., Lozano-Blasco, R., & Rodríguez-Martínez, A. (2021). Flipped Classroom model before and during COVID-19: using technology to develop 21st century skills. Interactive Technology and Smart Education, 18(2), 189–204. https://doi.org/10.1108/ITSE-08-2020-0137. DOI: https://doi.org/10.1108/ITSE-08-2020-0137

Mutlifah, D., & Kaltsum, H. U. (2022). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di Sekolah Dasar. , 6(4), . Jurnal Basicedu, 6(4), 5853–5859. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3142. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3142

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645

Pernantah, P., Rizatunnita, R., Kusnilawati, L., & Handrianto, C. (2022). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Selama Masa Pandemi Covid-19 di SMA N 1 Kubu. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 46–52. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i1.1257. DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i1.1257

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Kelas IV SD. Jurnal Edutech, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.

Prasetyono, H., Abdillah, A., Widiarto, T., & Sriyono, H. (2018). Improving Student’s Affective Competencies (Minimizing Hoax) Through The Implementation Of Character-Based Economic Learning And Teacher’s Reinforcement. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(3), 426–435. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.21583. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.21583

Pratiwi, F. Z., Setijono, H., & Fuad, Y. (2018). Pengaruh Latihan Plyometric Front Cone Hops dan Counter Movement Jump Terhadap Power dan Kekuatan Otot Tungkai. Jurnal Sportif, 4(1), 105 – 119. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i1.12073. DOI: https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i1.12073

Purnomo, A., Ratnawati, N., & Aristin, N. F. (2016). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 70–77. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p070. DOI: https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p070

Putri, R. D. P., & Suyadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442

Ramdhani, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2). https://doi.org/10.23887/jjpm.v11i2.24 967. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19979

Ranganathan, S., Negash, S., & Wilcox, M. (2007). Hybrid learning: Balancing face-to-face and online class sessions. Proceedings of the Tenth …, 178–182.

Reswari, A. (2021). Efektivitas Permainan Bola Basket Modifikasi terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1182. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1182

S., T. S., Nasirun, M., & D, D. (2020). Aplikasi Gerak Lokomotor Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Kelompok B1. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.16-24.

Saichaie, K. (2020). Blended, Flipped, and Hybrid Learning: Definitions, Developments, and Directions. New Directions for Teaching and Learning, 2020(164), 95–104. https://doi.org/10.1002/tl.20428. DOI: https://doi.org/10.1002/tl.20428

Salmia, & Yusri, A. M. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 di Masa Pandemik Covid-19. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 82–92. https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.31955. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.31955

Shetu, S. F., Rahman, M. M., Ahmed, A., Mahin, M. F., Akib, M. A. U., & Saifuzzaman, M. (2021). Impactful e-learning framework: A new hybrid form of education. Current Research in Behavioral Sciences, 2(April), 100038. https://doi.org/10.1016/j.crbeha.2021.100038. DOI: https://doi.org/10.1016/j.crbeha.2021.100038

St‐Onge, C., Ouellet, K., Lakhal, S., Dubé, T., & Marceau, M. (2022). COVID‐19 as the tipping point for integrating e‐assessment in higher education practices. British Journal of Educational Technology, 53(2), 349–366. https://doi.org/10.1111/bjet.13169. DOI: https://doi.org/10.1111/bjet.13169

Stephani, M. R. (2017). Stimulasi Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 16–27. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6397. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6397

Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 48. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009. DOI: https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009

Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606

Syafril, S., Latifah, S., Engkizar, E., Damri, D., Asril, Z., & Yaumas, N. E. (2021). Hybrid learning on problem-solving abiities in physics learning: A literature review. In Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 012021. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1796/1/012021/meta. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012021

Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303

Tika, I. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2021a). The Effect of a Blended Learning Project Based Learning Model on Scientific Attitudes and Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(4), 557–566. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i4.39869.

Tika, I. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2021b). The Effect of a Blended Learning Project Based Learning Model on Scientific Attitudes and Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(4), 557–566. https://doi.org/10.23887/JISD.V5I4.39869. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i4.39869

Wang, F., Zhang, H., Li, K., Lin, Z., Yang, J., & Shen, X. L. (2018). A hybrid particle swarm optimization algorithm using adaptive learning strategy. Information Sciences, 436, 162–177. https://doi.org/10.1016/j.ins.2018.01.027. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ins.2018.01.027

Downloads

Published

2022-05-16

How to Cite

Astini, P. S. ., I Nyoman Kanca, & I Ketut Semarayasa. (2022). Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket Kelas X SMA. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2), 128–137. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.46726

Issue

Section

Articles