Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok

Authors

  • I Nengah Tanwisastra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Kanca Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Dwi Sucita Dartini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.48807

Keywords:

Pembelajaran PBL, aktivitas belajar, hasil belajar, lompat jauh gaya jongkok

Abstract

Pada cabang olahraga atletik yaitu lompat jauh gaya jongkok aktivitas dan hasil belajar peserta didik mengalami ketidak tuntasan yang cukup signifkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi,dan refleksi. Subjek penelitian, yang berjumlah 21 orang dengan rincian 7 orang putri dan 14 orang putra. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar lompat jauh gaya jongkok dari siklus I sebesar 56,6% kategori aktif, meningkat menjadi 85% kategori sangat aktif pada siklus II. Pada hasil belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan pada aspek pengetahuan dari siklus I sebesar 52,4% meningkat menjadi 85,7% pada siklus II dan pada aspek keterampilan dari siklus I sebesar 57,2% meningkat menjadi 90,5% pada siklus II. Disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok meningkat melalui model pembelajaran PBL pada peserta didik. Disarankan kepada guru PJOK Dapat menggunakan model pembelajaran PBL karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok.

Author Biography

I Nyoman Kanca, Universitas Pendidikan Ganesha

Prof. Dr. I Nyoman Kanca, M.S., lahir di kota Singaraja, 18 Oktober 1959. Lulus SD 1972, Lulus SMP 1975, Lulus SMOA/SGO 1979, Lulus Sarjana (S1) Pendidikan Keolahragaan UNS Surakarta 1984, Lulus Magister (S2) Ilmu Kesehatan Olahraga Pascasarjana Unair Surabaya 1991, Lulus Doktor (S3) Ilmu Kedokteran Bidang Kajian Fisiologi Olahraga Pascasarjana Unair Surabaya 2004. Sejak 01 Maret 1985 bekerja sebagai dosen di FKIP Universitas Udayana (Sekarang Universitas Pendidikan Ganesha). Sejak 2006 menjadi Guru Besar (Profesor) di bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Aktif sebagai peneliti dan pengabdi kepada masyarakat di bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.

References

Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.1-8

Adiwiguna. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Terhadap Kemampuan Ber[ikir Kritis dan LIterasi Sains Siswa Kelas V SD di Gugus I Gusti Ketut Pudja. Jurnal Pendas, 3(2).

Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap literasi sains siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dasar flobamorata, 1(1). https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195.

Aiman, Ummu, Amelia, R., & Ahmad, R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 353–361. https://doi.org/10.23887/JIPP.V5I3.36230. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Asriningtyas, A. N. dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 5(1), 23–32. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226

Darsana, Satyawan, Spyanawati, & Parta. (2021). Pengembangan Video Tutorial Model Permainan Dalam PJOK Untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Pada Kelas 1 Sekolah Dasar Tema 3 Kegiatanku. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 20–30. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717

Fathurrohman, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811. DOI: https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811

Firmanto, P., & Pujianto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Materi Beladiri Di SMP Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 205–213. https://doi.org/10.15294/inapes.v2i1.43570.

Hasyim, M., & Eldiana, N. F. (2020). Eksperimentasi model PBL dan PjBL berbasis schoology terhadap pemecahan masalah matematika ditinjau dari self-efficacy. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika). https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1751. DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1751

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.2604

Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i1.14133. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v2i1.14133

Khamzawi, S., & Wiyono, K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Leaning Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Fuida Dinamis Untuk SMA Kelas XI. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 100–108. https://doi.org/10.36706/jipf.v2i1.2594.

Komarudin, & Subekti, B. H. (2021). Tingkat Kepuasan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Pjok Daring Level of Student Satisfaction Towards Characteristic Learning. Jambura Health and Sport Journal, 3(1), 16–23. DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v3i1.9847

Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & Hermianto, S. (2020). Peningkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Kokami di Kelas IV SD Negeri Dukuhwaluh. Attadib Journal of Elementary Education, 4(1). https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.627. DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.627

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279

Panuntun, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (Tgt) Dan Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Sepak Bola (Dribbling) Pada SiswaKelas Xi Smk Hkti 2 Banjarnegara. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i1.36807. DOI: https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i1.36807

Primayanti, P. E., Suarjana, I. M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pbl Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 86. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417. DOI: https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417

Puspitasari, N. (2019). Faktor Kondisi Fisik Terhadap Resiko Cedera Olahraga Pada Permainan Sepakbola. Jurnal Fisioterapi dan Rehabilitasi, 3(1). https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v3i1.34. DOI: https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v3i1.34

Rahayu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektivitas penggunaan model problem based Learning (PBL) dan inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 147. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5671. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5671

Rahayu, E. T. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Alfabeta.

Raibowo, & Nopiyanto. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112–119. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774. DOI: https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774

Sa’diyah, S. (2020). Peningkatan motivasi dan hasil belajar sistem gerak melalui model pembelajaran problem based learning. Journal of Curriculum Indonesia, 3(2), 79. https://doi.org/10.46680/jci.v3i2.32. DOI: https://doi.org/10.46680/jci.v3i2.32

Sudiasih. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Konkrit terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematika. 2(2). DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15606

Sugihartono, T. (2019). Model Problem Based Learning Meningkatkan Keterampilan Senam Irama Pada Pembelajaran Penjasorkes. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 8(1). https://doi.org/10.36706/altius.v8i1.8274. DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v8i1.8274

Sukarini, N. N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bola Basket melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research, 4(3), 371–377. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29065

Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445

Wibowo, K., Wibowo, K., Hidayatullah, M. F., & Kiyatno, K. (2017). Evaluasi Pembinaan Prestasi Olahraga Bola Basket di Kabupaten Magetan. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.15294/miki.v7i1.9520.

Wirata, I. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(9). DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17102

Downloads

Published

2023-03-04

How to Cite

Tanwisastra, I. N., Kanca, I. N. ., & Sucita Dartini, N. P. D. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 292–299. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.48807

Issue

Section

Articles